Saham

Melihat Rasio Profitabilitas Emiten dalam Laporan Keuangan

Sumber: Pexels

Ajaib.co.id – Dalam berinvestasi saham, para analis biasanya melakukan analisis untuk memperhitungkan pergerakan harga saham. Ada dua jenis analisis yang dilakukan oleh para investor yakni analisis teknikal dan analisis fundamental. 

Investor yang menggunakan analisis teknikal, saat memprediksi pergerakan harga saham biasanya melihat data historis harga dan volume dalam bentuk grafik. 

Sedangkan investor yang melakukan analisis secara fundamental  memperhatikan data-data fundamental ekonomi secara makro maupun mikro seperti mata uang, komponen yang terdapat dalam laporan keuangan, rasio-rasio keuangan untuk memberikan informasi mengenai kondisi perusahaan.

Analisis fundamental sangat erat kaitannya dengan laporan keuangan dalam memprediksi pergerakan harga saham. Apa saja yah, yang penting untuk diketahui dalam laporan keuangan?

Mengetahui Laporan Keuangan

Laporan keuangan perusahaan lengkap adalah laporan yang sesuai dengan standar akuntansi. Nah, laporan keuangan yang lengkap terdiri dari:

Laporan Laba Rugi 

Income statement atau laporan laba rugi menyajikan laporan mengenai laba atau rugi perusahaan. Untuk lebih memahaminya, gambar berikut ini merupakan laporan laba rugi emiten BBRI (PT.Bank Rakyat Indonesia,Tbk). 

https://lh4.googleusercontent.com/hSKt_PYOx1bQhZYV0rIsh8i_Ady8xI_rt4L9XuDvARuL1t4TMpdF_ehJ2f7AUep1IU7IgWQKQvwALBeDDKh8b10dwOqdLY5VndwNV_-9j13RMdENgBDkVIZXqwSmLnnbgJW3zjM
https://lh5.googleusercontent.com/nB5NS48GH0pu6VAn0WRBlUB-CCCIoO-KmRCohlbC9AxdoryvtnwDA8WJiQA121555Bb5zO8w0wvz1MFUg8wf3Ts_ut6zF20A6w_2ThNmiGvK-wHHFcJCM8mN4eaJOtjwgBizwxQ
Sumber: idx.co.id/BBRI

Laporan laba rugi ini menyajikan jumlah laba yang dapat diatribusikan kepada entitas induk pada kuartal ke III tahun 2020 PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) yakni Rp14,11 triliun, perolehan laba ini lebih kecil jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni Rp24,78 triliun.

Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan perubahan ekuitas atau perubahan modal memberikan kita informasi mengenai jumlah saldo modal perusahaan pada periode tertentu, lho. Perubahan modal ini juga dipengaruhi oleh laba atau rugi bersih dari operasi perusahaan. 

Di laporan ini juga kamu dapat mengetahui dividen yang diakui dan juga jumlah dividen per lembar saham.

https://lh5.googleusercontent.com/ZI0FwK-Mw0j1vNj7h_JXWdd-y2i4UZCzFm_m4guIiCy52O4lR0f8QPwltpA5F_JDkWfG_h8u4G3I0FafzUtxFB_hfu0S57Psz_igZufx7YibvWmgK-8rDuI0H-0C94PYd8cAGQw

Neraca

Neraca disebut juga laporan posisi keuangan, lho. Neraca menyajikan aset, kewajiban dan modal sebuah perusahaan dalam suatu periode waktu tertentu. Berikut ini contoh neraca PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk:

https://lh4.googleusercontent.com/g4a8bJ51FQ_yzm1JMgMH9XviZxp6cMPwH_hCKZrSB0arHeazmlCFc1T2Z2yvjyVk7wQhJVwkbyaFpNBlyGb73mGIUy_MS28O1TbD5kQ1ARy5OZfeKLFyVlu34p_IyOdolM2qks4

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas yang disusun oleh entitas adalah bagian yang tak terpisahkan dari laporan keuangan setiap periodenya. Laporan arus kas menyajikan aliran arus kas selama periode tertentu yang diklasifikasikan sesuai dengan aktivitasnya yaitu aktivitas operasi, investasi dan pendanaan.

Di bawah ini contoh laporan arus kas:

https://lh5.googleusercontent.com/BFzP7IvhFr9fNKVHlkACxur8ID1uwwawQuCmdT4gwocx13FRAamd7LVEmjTGzupdwVlsQtQNrGAbke5I06lT0DENbdA1DPpaOLwIj0KZgex9weBMoDP2CYufeC6DG_11GDO_B6s

Catatan atas Laporan Keuangan

Nah, dalam catatan atas laporan keuangan, kamu akan menemukan penjelasan dari laporan keuangan laba rugi, perubahan ekuitas, neraca dan arus kas dan juga informasi-informasi menyangkut kegiatan operasional perusahaan. 

Pengertian Rasio Profitabilitas

Perbandingan antara laba dengan aktiva atau modal untuk menghasilkan labanya merupakan defenisi dari rasio profitabilitas. Rasio profitabilitas ini merupakan salah satu rasio keuangan yang digunakan untuk melakukan analisis fundamental pada pergerakan harga saham oleh investor, lho. 

Dengan mengetahui cara perhitungan rasio keuangan profitabilitas, sebagai investor kamu diharapkan mengetahui kemampuan perusahaan yang sahamnya akan kamu beli untuk menghasilkan laba. 

Rasio ini juga membantu kamu untuk mengetahui tingkat pengembalian investasi yang telah kamu tanam pada suatu emiten, pertumbuhan laba perusahaan dari waktu ke waktu, jumlah laba bersih perusahaan, dan produktivitas modal sendiri maupun asing. 

Bagaimana sih cara menghitung dan mengetahui jenis rasio profitabilitas? Nah, berikut ini, beberapa jenis rasio profitabilitas.

Earning per Share (EPS)

Earning per share atau EPS adalah rasio profitabilitas yang dapat menilai kemampuan saham untuk menghasilkan laba bagi perusahaan. 

Earning per share menjadi salah satu rasio yang penting diperhatikan bagi stakeholder perusahaan dan pengguna informasi karena menjadi salah satu indikator penentu tingkat keberhasilan perusahaan.

Rumus untuk menghitung EPS:

= (laba bersih setelah pajak – dividen)/Jumlah saham beredar

Misalnya,

PT AZC memiliki 3 juta saham beredar pada tahun 2019, laba bersih setelah pajak adalah Rp3 miliar dan memutuskan untuk membagikan dividen Rp300 juta kepada pemegang sahamnya. Berapa EPS PT AZC?

Jumlah saham beredar = 3.000.000

Laba bersih setelah pajak = Rp3.000.000.000

Dividen yang dibagikan = Rp300.000.000

Maka laba per lembar saham PT AZC

= (Rp3.000.000.000 – Rp300.000.000)/ 3.000.000

= Rp300

Return on Investment (ROI)

Rasio ini dapat kamu gunakan untuk mengukur kemampuan dari entitas untuk menghasilkan laba terhadap jumlah aktiva yang ada dalam perusahaan. 

Rumus ROI,

= Laba bersih setelah pajak/ total aktiva

Return on Capital Employed (ROCE)

ROCE mencerminkan efisiensi dan juga profitabilitas modal atas investasi perusahaan. 

Rumus ROCE:

= Laba sebelum pajak dan bunga / modal kerja 

atau

= Laba sebelum pajak dan bunga/ (total aset – kewajiban)

Return on Sales Ratio (ROS)

Rasio pengembalian penjualan ini menampilkan tingkat laba sebuah perusahaan setelah melakukan pembayaran biaya-biaya variabel produksi. 

ROS memperlihatkan tingkat keuntungan setiap rupiah penjualan yang biasa disebut dengan margin operasional.

Rumus ROS

=Laba sebelum pajak dan bunga/penjualan x 100%

Return on Assets Ratio (ROA)

Dengan mengetahui ROA suatu perusahaan, kamu dapat mengetahui tingkat pengembalian aset untuk menilai persentase dari laba yang diperoleh oleh perusahaan. 

Rumus ROA

= Laba bersih – Total Aset

Untuk mengetahui rasio profitabilitas sebuah perusahaan, saat ini kamu tidak lagi harus menghitung secara manual seperti contoh di atas. 

Jika ingin lebih dimudahkan, kamu dapat menggunakan aplikasi-aplikasi saham yang langsung menyajikan rasio keuangan emiten saham seperti yang terdapat dalam aplikasi investasi Ajaib dimana kamu bisa bertransaksi sekaligus juga melihat analisis fundamentalnya termasuk rasio keuangan seperti profitabilitas dan juga likuiditas, mudah bukan?

Melakukan analisis terhadap rasio keuangan sangatlah penting sebelum kamu memutuskan untuk menginvestasikan uang ke sebuah perusahaan. 

Nah, sekarang kamu telah tahu mengenai laporan keuangan dan juga rasio profitabilitas untuk melakukan analisis saham dalam berinvestasi. Ini saat yang tepat untuk kamu mulai berinvestasi, segera download aplikasi investasi Ajaib yang praktis dan dapat diakses online. Jangan tunda lagi, ya!

Sumber: Pengertian Analisis Teknikal Saham dalam Pasar Modal, Financial Statement 2020 III BBRI, 7 Rasio dalam Analisa Fundamental Perusahaaan, Memahami Rasio Profitabilitas dan Rumus-Rumusnya, dan Jenis-jenis Rasio Profitabilitas Menurut Para Ahli Terdiri Dari… (Contoh Analisis dan Defenisinya), dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait