Ajaib, Investasi, Perencanaan Keuangan

Cara Atur Duit untuk Memaksimalkan Investasi di Aplikasi Ajaib

Ajaib.co.id – Tahukah kamu kalau memaksimalkan investasi tidak hanya sekedar menghemat dan melakukan top-up secara berkala melalui akun investasi yang kamu punya? Cara atur duit untuk memaksimalkan investasi yang akan diinformasikan kali ini adalah dengan memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi investasi Ajaib.

Cara-cara ini umumnya digunakan untuk setidaknya dapat menambah pundi-pundi investasi kamu melalui instrumen reksa dana dan saham yang ditawarkan oleh aplikasi investasi Ajaib. Tanpa perlu berlama-lama, berikut cara atur duit untuk memaksimalkan investasi pada aplikasi investasi Ajaib. 

1. Jangan Biarkan Uang Menganggur

Usahakan agar uang yang menganggur atau tidak tersentuh sama sekali dalam akun tabungan dalam bank kamu memang hanya kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari. Karenanya penting untuk mulai membagi pos kebutuhan, keinginan, dan investasi dalam berbagai rekening yang berbeda. 

Jika kamu memiliki dana yang menganggur, dalam jumlah yang relatif cukup besar pertimbangkanlah untuk melakukan investasi dengan tujuan sesuai horizon waktu yang kamu miliki. Kalau kamu memiliki rencana untuk dalam kurun waktu dekat atau kurang dari dua tahun, kamu bisa mempertimbangkan instrumen investasi seperti reksa dana pasar uang yang memberikan imbal hasil yang lebih besar daripada deposito. 

Nah, jika kamu memiliki dana yang menganggur untuk tujuan jangka panjang sekitar lima hingga sepuluh tahun ke depan, kamu bisa mempertimbangkan instrumen investasi seperti saham yang juga memberikan imbal hasil yang jauh lebih besar dibandingkan reksa dana pasar uang secara umum.

2. Perbaharui Informasi Setiap Hari

Cara atur duit yang kedua adalah perbarui informasi kamu mengenai update tentang reksa dana yang akan dan sudah kamu pilih juga saham yang akan dan sudah kamu beli dengan mengecek berita secara berkala setiap harinya. 

Melalui aplikasi Ajaib, kamu bisa mendapatkan informasi terkini hanya dengan mengakses kolom berita pada laman aplikasi Ajaib. Tim Ajaib memilihkan berita-berita teraktual dari berbagai media untuk menambah wawasan kamu. Pada akhirnya, update informasi ini akan berguna untuk pengambilan keputusan investasi kamu nantinya. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembaharuan informasi dengan mengecek unggahan media sosial seperti Instagram, YouTube, Twitter, hingga Telegram Ajaib. Hal ini dilakukan Tim Ajaib agar kamu tidak ketinggalan info terkini mengenai pergerakan pasar, indeks, dan informasi terkait korporasi pilihan. 

3. Manfaatkan Promo

Mengatur duit bukan hanya sekedar melakukan penghematan saja, lho. Kamu juga bisa memaksimalkan investasi dengan cara memaksimalkan cashback dan promo yang diberikan masing-masing platform investasi.

Pada aplikasi investasi Ajaib juga terdapat banyak sekali cashback dan promo yang sayang untuk kamu lewatkan. Terakhir kali, Ajaib & Principal Asset Management memberikan bonus sebesar Rp100.000 dengan investasi pada produk reksa dana Principal Asset Management minimal Rp1.000.000.

Bonus reksa dana tersebut nantinya akan dialokasikan pada produk investasi Principal Philanthropy Social Impact Bond Fund, sebuah reksa dana pendapatan tetap tematik pertama di Indonesia, yang memiliki tujuan investasi untuk menciptakan dampak sosial positif melalui dukungan ke yayasan doctorSHARE. Promo ini sayangnya hanya berlaku pada 29 September – 7 Oktober 2020 lalu, karenanya jangan lewatkan pengumuman selanjutnya, ya.

4. Gunakan Kode Referral

Kamu juga bisa memaksimalkan dana investasi dengan menggunakan kode referral saat pertama kali menggunakan platforminvestasi secara online. Seperti di aplikasi investasi Ajaib, kamu bisa langsung mendapatkan bonus Koin Ajaib yang bisa ditukarkan dengan satu saham gratis saat pertama kali mendaftar. 

Kode referral yang kamu punya juga bisa kamu bagikan kepada teman kamu yang berminat untuk berinvestasi di Ajaib. Karena, jika teman kamu mendaftarkan menggunakan kode referral darimu, kamu bisa mendapatkan bonus 1 koin Ajaib yang juga dapat ditukarkan menjadi reksa dana pasar uang gratis, satu lot saham gratis, atau gratis biaya broker selama 10 hari ini. Menarik, kan? Oh iya, kesempatan ini sangat terbatas lho, karena hanya berlaku pada 13 Oktober – 3 November 2020.

5. Pilih Platform dengan Biaya Broker yang Murah

Cara atur duit berikutnya yang berguna untuk memaksimalkan investasi adalah dengan memilih platform yang menawarkan biaya broker untuk trading saham harian yang lebih murah.

Nah, setelah melakukan akuisisi dengan Primasia Sekuritas, kini kamu bisa melakukan transaksi trading saham harian dengan biaya broker yang cukup murah di aplikasi Ajaib. Biaya broker yang dikenakan apabila kamu bertransaksi dengan menggunakan aplikasi Ajaib hanya 0,1 persen untuk masing-masing transaksi jual dan beli dengan nilai transaksi harian di bawah Rp150 juta, lebih murah hingga 50 persen dari sekuritas lainnya. 

Namun, biaya ini memang belum termasuk biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) sebesar 0,043 persen, PPN biaya broker 10 persen, dan PPh final untuk transaksi jual 0,1 persen, ya. 

6. Mengikuti Kompetisi Trading

Jika kamu memiliki kelihaian untuk melakukan transaksi trading harian tercermin dari persentase keuntungan tertinggi per hari atau minggunya, kamu juga bisa memanfaatkan kompetisi trading yang banyak diselenggarakan oleh sekuritas ternama. Terakhir kali, Ajaib juga melakukan hal yang sama dengan menelurkan kompetisi trading bertajuk #AksiGapaiCuan dalam bentuk kompetisi trading, dengan total hadiah uang tunai dan juga koin Ajaib sebesar Rp100 juta. Lumayan banget kan untuk nambah lagi kepemilikan saham dalam portofolio kamu?

Koin Ajaib ini sendiri dapat ditukarkan dengan saham dan reksa dana gratis, maupun pembebasan biaya broker sesuai kebutuhan investor dengan tujuan mendorong lebih banyak lagi investor individu untuk melakukan investasi pasar saham di aplikasi investasi Ajaib. 

Selain itu, dengan mulai mengikuti kompetisi trading seperti ini, kamu bisa menentukan strategi trading harian yang akhirnya bisa membuat kamu menjadi trader unggulan. Sayangnya, kompetisi trading #AksiGapaiCuan di aplikasi investasi Ajaib ini hanya berlangsung selama empat minggu yaitu dari 18 Agustus 2020 hingga 18 September 2020 lalu.

Oh iya, nantikan promo cashback dan tawaran lainnya yang akan segera dirilis oleh Ajaib, ya! Happy investing!

Artikel Terkait