Beli Saham BSDE Beda dengan Beli Properti, Apa Bedanya?

Membeli Saham BSDE Berbeda dengan Membeli Properti, Apa Bedanya?
Membeli Saham BSDE Berbeda dengan Membeli Properti, Apa Bedanya?

Saham BSDE adalah saham milik PT Bumi Serpong Damai. Saham yang hingga pada tanggal 18 September 2019 cenderung stabil ini layak kamu pertimbangkan untuk investasi.

Berbicara tentang investasi, saham BSDE atau saham secara umum tentunya bukan satu-satunya pilihan yang ada. Investasi emas, investasi reksa dana, hingga investasi properti yang membutuhkan modal cukup besar relatif masih ramai peminatnya.

Pada artikel ini sendiri akan membahas apa sebenarnya perbedaaan investasi saham, seperti saham BSDE, dengan investasi properti, semisal properti milik PT BSD.

Saham dan Properti

Jika investasi properti, kamu tentunya membeli tanah fisik atau properti yang nyata. Sementara investasi saham, seperti saham BSDE, sepenuhnya berbeda; jika kamu membeli saham sebuah bisnis, kamu membeli sebagian “klaim” dari perusahaan tersebut.

Risiko yang diberikan oleh dua jenis investasi ini juga berbeda. Jika kamu memiliki properti, kamu memerlukan biaya perawatan, biaya modal, pajak, dan mungkin biaya pengembang setiap bulan. Dengan begitu, nilai dari aset properti kecil kemungkinannya untuk menjadi tidak berharga dibandingkan saham.

Investasi properti

Banyak investor lebih nyaman dengan investasi properti karena nyata. Kamu bisa menyentuh, merasakan, dan menginspeksi properti yang kamu miliki. Tambahannya, kamu sebagai pemilik properti juga memiliki kontrol terhadap nilai dan penggunaan investasi daripada pemilik saham.

Investasi properti memiliki dua kategori umum: tempat tinggal dan komersial. Properti tempat tinggal meliputi unit untuk satu keluarga, gedung untuk satu hingga empat keluarga, kondominium dan unit kooperatif. Strategi investai yang paling umum meliputi pengembangan tanah hingga penyewaan.

Di sisi lain, investasi properti komersial fokus kepada tanah atau gedung yang menghasilkan aktivitas menguntungkan dan biasanya membutuhkan dana awal yang lebih besar daripada properti hunian.

Investasi saham

Terlepas dari riset awal untuk menentukan apa yang harus dibeli, investasi saham tidak membutuhkan kerja keras dari sisi kamu. Karena kamu bukan merupakan karyawan dari perusahaan dan kamu tidak melakukan keputusan manajemen langsung. Sampai sini, saham menawarkan investasi yang lebih mudah, namun sangat bergantung kepada keputusan bisnis lain.

Selain itu, investasi saham seperti saham BSDE juga merupakan aset yang lebih cari daripada properti, karena lebih mudah untuk diperjualbelikan daripada investasi properti. Walaupun Anda bisa meminjam untuk melakukan kedua investas ini, akan lebih mudah jika kamu meminjam untuk membeli saham.

Kesimpulan

Secara umum, mebeli dan menahan saham dipertimbangkan sebagai cara terbaik untuk menimbun kekayaan untuk jangka panjang. Meskipun begitu, investasi properti adalah salah satu investasi yang sangat stabil ketika berbicara harga. Namun, kedua investasi ini telah terbukti oleh banyak orang sebagai investasi jangka panjang yang menjamin keuntungan di masa mendatang.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait