Investor Pemula

Buat Investor yang Mengincar Saham LQ45 Harga Murah

saham harga murah

Ajaib.co.id – Saham harga murah tetapi tidak murahan. Investor mana yang tidak mau? Harga murah bukan tentang nominal. Namun murah berdasarkan Price Earnings Ratio (PER) dan di antaranya saham LQ45.

Saham merupakan tipe investasi yang mewakili kepemilikan saham di suatu perusahaan. Caranya, investor membeli saham yang menurut mereka akan naik nilainya atau memiliki fundamental baik seiring waktu.

Syarat Membeli Saham

Bagaimana cara investasi saham?

Pada dasarnya, investasi saham sama seperti investasi reksa dana atau logam mulia. Begitu punya dengan cara membelinya. Investor mengincar saham dengan harga murah dan menjualnya ketika harga naik. Namun sebelum transaksi beli dan jual, investor wajib melengkapi syarat administratif, yaitu membuat rekening efek.

Dengan rekening, investor dapat menyimpan uangnya untuk transaksi di pasar modal (RDN, Rekening Dana Nasabah). Rekening ini juga berfungsi untuk data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Langkah membuat rekening efek adalah:

  • Menyambangi atau mendaftarkan diri sebagai investor di perusahaan sekuritas. Kamu juga bisa mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM). Karena salah satu acaranya pembuatan rekening saham. Pilih sekuritas yang sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bawa juga dokumen yang dibutuhkan (KTP, NPWP, buku tabungan, dan materai).
  • Kamu juga dapat membuka rekening efek secara daring. Saat ini, sudah banyak sekuritas yang memiliki aplikasi saham. Sehingga investor mudah mendaftar sekaligus bertransaksi. Salah satu sekuritasnya adalah Ajaib Sekuritas. Unduh aplikasi Ajaib di Play Store atau App Store.
  • Sebagai pertimbangan, investor dapat memilih sekuritas yang mengakomodir keinginan investor. Misal ingin sekuritas full service yang memberikan berita tentang aksi korporasi, laporan keuangan, rekomendasi, hingga aplikasi terhubung dengan rekening reksa dana. Investor juga dapat memilih sekuritas yang masih satu perusahaan dengan tempat menabung. Hal ini untuk mempermudah proses administrasi.
  • Ketika membuka rekening efek, kamu wajib memberikan setoran awal. Setoran ini tergantung sekuritas. Biasanya sekitar Rp100.000 hingga Rp10 juta. Untuk memastikan setoran awal, baca syarat dengan detail.
  • Setelah proses administrasi selesai, investor akan diminta untuk mengunduh aplikasi saham dan dapat langsung membeli saham.

Mengincar Saham LQ45 Harga Murah

Semua investor dapat membeli saham-saham apa saja yang bertengger di Bursa Efek Indonesia. Tak ada ketentuan dalam hal ini. Namun ada juga investor yang ingin membeli saham LQ45 dengan harga murah. Pasalnya, saham yang terdapat dalam indeks tersebut memiliki fundamental bagus.

Indeks LQ45 adalah indeks saham dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menghimpun saham unggulan atau blue chip dengan kriteria kapitalisasi pasar tinggi dari seluruh saham di BEI dan kinerja perusahaan positif termasuk kondisi keuangan sehat. Indeks ini diperbarui setiap enam bulan sekali.

Menurut data CNBCIndonesia.com (30/11/2020), tiga minggu terakhir pada November 2020, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) meroket 12 persen. Salah satu faktor yang menyumbang kondisi itu adalah performa saham-saham indeks LQ45. Saham tersebut dikatakan memiliki harga murah karena nilai Price Earnings Ratio (PER) rendah.

PER merupakan rasio keuntungan perusahaan dibandingkan dengan harga saham yang beredar. Istilah lainnya, PER adalah kategori saham murah berdasarkan valuasi laba bersih dibandingkan dengan harga sahamnya.

Untuk mengetahui PER rendah, investor harus membandingkan minimal dua emiten dari industri yang sama. Misal membandingkan PER beberapa saham dari industri tekstil. Berikut beberapa saham LQ45 harga murah:

  • PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL): berdasarkan valuasi harga, PER SRIL tergolong murah senilai 3,48x.
  • PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM): memiliki PER sebesar 6,95x sehingga valuasi harga lebih mahal dibanding SRIL.
  • PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP): memiliki PER sebesar 8,92x. Valuasi PER INKP dan TKIM lebih tinggi dibanding SRIL karena laba bersih kedua emiten melejit pada kuartal I-2020, akibat permintaan kertas meningkat dan rupiah melemah. Kondisi ini memberikan keuntungan para importir.
  • PT Bukit Asam Tbk (PTBA): di industri pertambangan, PTBA mempunyai PER sebesar 10,77x. Karena kinerja emiten lebih baik dibanding emiten batu bara lain yang minus efek covid-19.

Lagi-lagi, investor juga dibebaskan untuk membeli saham. Jika mengincar saham lain dengan PER rendah, investor dapat mempelajari laporan keuangan para emiten. Data tersebut bebas diakses oleh investor di laman IDX.co.id.

Pasar Saham akan Anjlok?

Warren Buffett, investor berpengalaman, melihat bahwa pasar saham sedang meroket atau kenaikannya terlalu tinggi, Kontan.co.id (03/12/2020). Kondisi ini membuat CEO Berkshire Hathaway sedang menyiapkan banyak dana tunai. Pasalnya, pasar akan jatuh saat kenaikkan saham sudah sangat tinggi. Paling tidak arga saham terdiskon.

Total Market Index Wilshire 5000 untuk semua saham publik di Amerika Serikat meroket menjadi USD38,2 triliun pada Selasa (01/12/2020). Sedangkan perhitungan terbaru PDB kuartal III sebesar USD21,2 triliun.

Dari angka tersebut, indikator Buffett telah mencapai 180 persen atau tak jauh dari puncaknya pda 187 persen pada kuartal III. Waktu itu, PDB turun sekitar 8 persen, lalu melejit 170 persen pada awal November.

Pada 2001 di majalah Fortune, Buffett menjelaskan alat ukur senama sebagai kemungkinan ukuran tunggal terbaik ketika penilaian berdiri pada saat tertentu. Ketika rasio naik ke rekor tertinggi selama ledakan dot-com, hal tersebut seharusnya menjadi sinyal yang sangat kuat buat investor untuk terjadi sebuah “kecelakaan”.

Meski demikian alat ukur tersebut tidaklah sempurna. Karena membandingkan nilai saham hari ini terhadap PDB kuartal sebelumnya tidak ideal. Alasannya perusahaan di AS tak selalu berkontribusi ke ekonomi dalam negeri dan PDB tak memperhitungkan pendapatan luar negeri.

Artikel Terkait