Properti

Pahami Kelemahan dan Kelebihan Investasi Properti

kelemahan dan kelebihan investasi properti

Ajaib.co.id – Sebelum memilih jenis investasi, kamu terlebih dahulu harus menentukan langkah dan strategi investasi. Sebagai investor, memahami kelemahan dan kelebihan jenis investasi yang akan kamu pilih adalah langkah awal yang baik dalam berinvestasi. Begitu juga properti, kamu juga perlu mengetahui kelemahan dan kelebihan investasi properti.

Investasi properti menjanjikan keuntungan yang lebih menarik daripada investasi jenis lainnya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelemahan dan kelebihan berinvestasi pada produk properti, simak ulasan berikut ini sebagai pertimbangan membeli properti untuk portofolio investasi:

Kelemahan Investasi Properti

  • Memerlukan Modal Besar

Jika kamu tidak memiliki modal yang cukup banyak, kamu perlu mempertimbangkan ulang untuk memilih investasi properti. Investasi properti merupakan investasi padat modal, dana yang kamu butuhkan untuk investasi ini terbilang cukup besar. Semakin besar modal yang dikucurkan untuk berinvestasi dalam bidang properti, maka semakin besar kemungkinan keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

  • Butuh Waktu untuk Mendapatkan Keuntungan

Investasi properti termasuk dalam jenis investasi jangka panjang (long term investment), jadi meskipun memiliki kemungkinan keuntungan yang cukup besar, kamu harus sedikit bersabar untuk mendapatkan keuntungan jika berinvestasi properti. Misalnya ketika ingin menjual properti biasanya dibutuhkan waktu yang sedikit lebih panjang untuk proses negosiasi dengan pembeli.

  • Biaya Transaksi yang Cukup Tinggi

Selain memerlukan modal yang banyak, investasi properti juga memerlukan biaya transaksi seperti pajak baik PPh maupun BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan), biaya notaris, dan biaya untuk mengurus perizinan yang terbilang cukup tinggi. 

  • Biaya Pemeliharaan dan Asuransi

Jika ingin mendapatkan pendapatan dari kenaikan harga jual maupun pendapatan sewa, properti yang dimiliki sebaiknya dalam kondisi yang bagus. Dalam hal ini, kamu harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk pemeliharaan atau perawatan properti yang kamu miliki agar tetap terjaga, memiliki nilai investasi yang tinggi dan juga membutuhkan biaya untuk asuransi agar properti terlindung dari ancaman kerugian seperti kebakaran.

  • Lokasi Properti

Berinvestasi dalam bidang properti, letak atau lokasi properti menjadi hal yang sangat penting.  Lokasi yang strategis akan memberikan keuntungan yang lebih dibandingkan lokasi yang tidak strategis. Konsep bangunan properti yang dapat dijangkau dengan transportasi publik maupun pelayanan publik menjadi nilai tambah yang dapat ditawarkan.

Kamu bisa mengalami kesulitan dalam pemasaran properti jika lokasinya tidak cukup strategis karena dianggap memiliki letak yang kurang menarik dan sulit dijangkau. 

  • Status Tanah dan Bangunan

Status tanah dan bangunan properti menjadi sangat penting, dana yang besar harus dipastikan diinvestasikan pada tanah dan bangunan yang tidak dalam sengketa. Data dan surat-surat kepemilikan harus benar dan sesuai serta berlaku dimata hukum, waktu dan biaya yang tidak sedikit dibutuhkan untuk memberikan kepastian dan jaminan atas hal ini. 

  • Depresiasi Bangunan

Kelemahan lainnya dari investasi properti adalah beban penyusutan bangunan. Sesuai umurnya, bangunan akan mengalami penyusutan konstruksi dari standar kekokohan, fungsi bahkan kualitas bangunan. Properti juga sangat rawan dengan risiko bencana alam seperti gempa bumi.

Tidak melulu hanya tentang kelemahannya saja, investasi dalam bidang properti juga memiliki kelebihan lho. Yuk, simak pembahasan dibawah ini tentang kelebihan investasi properti:

Kelebihan Investasi Properti

  • Nilai Tambah

Mengembangkan bangunan atau properti pada sebidang tanah yang dahulunya merupakan tanah kosong merupakan nilai tambah. Nilai tambah dan nilai jual akan lebih besar jika bangunan yang berdiri diatas tanah tersebut dibangun dengan desain atau gaya arsitektur yang banyak disukai dapat meningkatkan imbal hasil dana investasi yang telah dikeluarkan.

  • Kelangkaan 

Lahan merupakan bagian yang sangat penting dalam membangun properti. Lahan tidak mungkin bertambah sedangkan pendirian bangunan dan kebutuhan akan bangunan tentunya selalu ada dan membutuhkan lahan. Oleh karena itu, bisnis properti menjadi peluang yang sangat baik bagi para investor untuk memberikan jawaban bagi kebutuhan masyarakat, seperti bangunan apartemen.

  • Dapat dijadikan Agunan

Properti merupakan agunan yang baik jika ingin melakukan pinjaman. Peluang kamu untuk mendapatkan uang cukup tinggi, biasanya pemilik modal tidak akan segan memberikan pinjaman jika yang diagunkan adalah properti.

  • Risiko Penurunan Harga yang Lebih Rendah

Berinvestasi dalam bidang properti seperti halnya rumah, memiliki risiko yang rendah dalam hal penurunan harga. Harga rumah biasanya mengalami peningkatan yang cukup stabil setiap tahunnya dan cenderung lebih tahan terhadap inflasi.

  • Pendapatan Rutin dan Nilai Keuntungan yang Meningkat

Dengan menyewakan properti yang kamu miliki, kamu akan memperoleh pendapatan rutin baik secara bulanan maupun tahunan. Nilai keuntungan yang meningkat dari tahun ke tahun juga menjadi salah satu kelebihan yang menarik investor untuk menanamkan uangnya di bidang properti.

Jika properti yang kamu sewakan cukup menarik baik secara penampilan maupun lokasi, kemungkinan kenaikan harga sewa setiap tahunnya akan sangat menguntungkan. 

  • Kebanggaan Memiliki Investasi Properti

Tidak bisa dipungkiri, memiliki investasi dalam bidang properti seperti menjadi bukti kemampuan atau kekayaan seseorang untuk berinvestasi. Bagi sebagian orang, modal untuk berinvestasi yang cukup besar menjadi kebanggaan dibandingkan jika berinvestasi dalam bidang lainnya.

  • Fisiknya dapat Dilihat

Memiliki wujud yang nyata menjadikan properti termasuk investasi yang ril. Bentuk nyata fisik properti memberikan kesan aman kepada investor sehingga cukup diminati oleh para investor.

Nah, demikian pembahasan beberapa kelemahan dan kelebihan investasi properti. Pastikan kamu memilih jenis investasi yang cocok dengan dana yang kamu miliki, dan yang tak kalah penting, kenali dan pahami terlebih dahulu kelemahan dan kelebihannya agar kamu tidak mengalami kerugian di masa yang akan datang.

Namun, ada juga produk investasi yang tak memerlukan modal yang banyak, jawabannya adalah reksa dana dan saham. Percayakan investasimu di Ajaib yang telah terdaftar di OJK. Tunggu apalagi? Jangan ragu pilih Ajaib, ya!

Artikel Terkait