Properti, Rumah Tangga Masa Kini

Kelebihan & Kekurangan Rumah Kayu Minimalis

Ajaib.co.id – Rumah kayu minimalis modern sekarang kembali naik daun seiring tren natural yang makin digemari masyarakat. Jika sebelumnya tren arsitektur kebanyakan model rumah modern dengan semen dan beton, maka kini berbeda. Material kayu dianggap lebih indah karena imej tradisional dan unik dari rumah itu. Hanya saja, jelas biaya yang dikeluarkan juga relatif lebih besar daripada rumah beton.

Apa itu Rumah Kayu?

Rumah kayu adalah rumah yang dibangun berbahan kayu dan bisa memberikan kesan yang unik dan karakter yang elegan dibandingkan rumah dengan bahan lainnya. Selain itu, rumah kayu juga tergolong tidak murah, di mana bahan kayu yang digunakan kini mulai langka dan memiliki harga yang tinggi di pasaran.

Kini, rumah kayu juga banyak dibangun dengan unsur bahan lain seperti membuat jendela kaca, pintu kaca, beton atau bahan membangun rumah lainnya. Rumah kayu modern juga tidak melulu mengambil desain seperti rumah di pedesaan. Dengan teknik dan desain yang tepat, rumah kayu bisa terlihat modern, minimalis, dan memiliki gaya urban yang cocok dengan kehidupan di zaman sekarang.

Dengan bahan kayu, kamu juga bisa memiliki rumah yang memancarkan gaya hangat, alami dan nyaman sepanjang waktu. Tren rumah kayu kini menjadi marak kembali karena adanya preferensi personal dari setiap pemilik rumah. Banyak orang yang mengidam-idamkan memiliki rumah yang terlihat lebih unik dan menonjol dibandingkan dengan jajaran rumah tembok bata di lingkungannya. Ada juga orang yang menganggap konsep rumah kayu adalah hunian ideal yang bisa memberikan kenyamanan di tengah kota yang penuh hiruk pikuk.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memiliki Rumah Kayu

Kamu yang saat ini sedang merencanakan untuk membeli atau membangun rumah bisa mempertimbangkan model rumah kayu minimalis. Namun ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum mulai membeli material dan menyewa tukang untuk merealisasikan rumah idaman ini.

1. Artistik dan Natural

Rumah kayu terlihat lebih artistik di tengah perkembangan dunia modern saat ini. Pemilik rumah ini biasanya sangat menyukai hal yang orisinal dan tradisional. Dengan material kayu yang dihasilkan dari hutan dan perkebunan, rumah ini juga memberikan kesan natural. Apalagi jika ditambah interior yang sesuai dijamin akan membuatmu selalu merasa rileks.

2. Biaya Lebih Mahal

Ingat rumah kabin kayu milik Tony Stark dan Pepper Pott di Avengers-Infinity War? Ini membuktikan jika rumah kayu saat ini bisa dimiliki dengan dana yang lebih besar dibandingkan semen atau beton. Peyebabnya harga papan kayu yang dibutuhkan kini jauh lebih mahal dibandingkan satu sak semen.

Saat ini, segala hal yang kembali ke alam memang jauh lebih mahal dibandingkan versi buatan. Hal ini juga termasuk harga papan yang dibutuhkan untuk membangun rumah kayu. Apalagi kamu harus memilih kayu yang kuat agar awet menghadapi berbagai kondisi cuaca.

3. Pemeliharaan Mahal dan Rumit

Kayu yang dipakai untuk membangun rumah harus diawetkan agar tahan lama dan kuat. Salah satunya adalah dengan memberikan antirayap agar tak keropos dimakan serangga ini. Antisipasi juga harus dilakukan agar kayu yang dipakai tidak lembab dan membusuk.

Setelah ditempati, pemilik rumah juga harus rutin merawat dan membersihkan rumah dengan material kayu. Tipe bangunan ini biasanya menyerap debu lebih banyak dibandingkan yang lain. Untuk menjaga warnanya agar tetap cantik juga harus disemprot cairan khusus yang tentunya menambah biaya.

Ketiga aspek tersebut sangat berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan saat membangun rumah idamanmu. Atur dengan detail anggaran pembangunan rumah agar tak jebol dan mengganggu pos keuangan yang lain. Hal paling utama adalah material kayu yang jauh lebih mahal dibandingkan semen atau beton.

Keunggulan Rumah Kayu

1. Hemat Energi

Kayu merupakan bahan alami yang juga sangat efektif dalam mencegah penghantaran panas. Artinya, dengan memilih rumah kayu, kamu akan menghemat banyak energi jika dibandingkan dengan rumah dari bahan batu, konkrit, atau bata. Selain menjadi insulator suhu yang baik, rumah berbahan dasar kayu juga bekerja sangat baik dalam menyerap suara. Sehingga, rumah kayu akan terasa lebih hangat, tenang, dan cocok untuk relaksasi.

2. Pengerjaan lebih cepat

Pembangunan rumah kayu harus dibarengi dengan perencanaan ekstra matang. Namun, membangun rumah kayu cenderung lebih gampang dan cepat dibandingkan rumah dari bahan lain seperti batu ataupun konkrit yang membutuhkan waktu penataan hingga pengecatan.

3. Ramah lingkungan

Dengan bahan dasar alami, rumah kayu merupakan salah satu produk rumah yang sangat ramah lingkungan dibandingkan bahan bangunan lain yang bersifat non-alami. Selain itu, struktur kayu juga secara aktif membantu penyerapan dan penyimpanan karbon dioksida yang ada di lingkungan sekitar rumah kayu tersebut.

4. Kokoh dan Kuat

Meski memiliki bobot yang ringan, rumah kayu tetap memiliki daya tahan yang sangat kuat. Rumah kayu dari bahan yang berkualitas tinggi akan memiliki daya pakai yang tidak kalah daripada rumah berbahan dasar batu bata ataupun konkrit. Oleh karena itu, tidak jarang jika terdapat aula olahraga menggunakan bahan kayu termasuk untuk dinding rumah maupun lantai sebagai bahan utamanya. Selain itu, rumah kayu juga tidak membutuhkan perawatan dan dapat diperbaiki dengan sedikit reparasi manual.

5. Nilai estetika yang tinggi

Kayu juga menjadi salah satu material dekoratif yang sangat indah dan memiliki karakter sendiri. Di mana, setiap bahan kayu memiliki warna, desain dan corak yang jika diaplikasikan menjadi rumah kayu akan menciptakan tempat hunian dengan nilai estetika tinggi.

Kelemahan Rumah Kayu

1. Perubahan struktur kayu

Kayu sebagai bahan yang mampu menyerap uap air dan memiliki kadar kelembapan yang berubah sesuai kondisi lingkungan terkadang membuat kayu bisa menciut atau berkembang tergantung dari suhu ekstrim di dalam ruangan. Jika cuaca panas ataupun lembap, maka tidak jarang struktur dari beberapa bahan kayu akan berubah dari bentuk awalnya.

2. Kerusakan biologis

Kayu juga mudah rusak ketika kamu tidak melakukan perawatan dengan benar. Biasanya, kerusakan ini disebabkan oleh pembusukan alami, jamur, dan serangga. Karena kayu adalah bahan organik, maka tidak jarang akan ada dampak biologis sesuai pergeseran waktu. Untuk keluhan jamur umumnya dapat diatasi dengan keseimbangan suhu yang tepat, yaitu di bawah 25 derajat Celcius. Sedangkan masalah serangga seperti rayap bisa kamu atasi sejak dini ataupun berkala dengan melakukan penyemprotan bahan anti rayap dan servis rutin yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan biologis tersebut.

3. Kerusakan non-biologis

Kerusakan non-biologis pada rumah kayu antara lain adalah cuaca, bahan kimia dan kebakaran. Rumah kayu tidak cocok jika dibangun di daerah bercuaca terlalu panas dan penggunaan bahan kimia yang cenderung harus lebih sering diterapkan demi mencegah kerusakan biologis seperti jamur dan serangga. Selain itu, kayu juga lebih mudah terbakar dibandingkan rumah berbahan batu atau konkrit.

Rumah kayu memiliki segudang keunggulan dan kelemahan. Namun, dengan penanganan yang tepat serta penggabungan dengan bahan rumah lainnya, tidak jarang rumah kayu bisa dijadikan hunian ideal bagi pemiliknya. Cara yang tepat adalah mencari keseimbangan antara aplikasi kayu dengan bahan lain seperti kaca, bata dan konkrit pada titik- titik tertentu, sehingga rumah kayu modern pun bisa menjadi milik kamu.

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki rumah kayu, kamu harus mempertimbangkan masalah dana dan anggaran yang kamu miliki. Karena, semakin sulitnya bahan kayu ditemukan, maka semakin mahal juga biaya yang kamu butuhkan untuk membuat rumah kayu.

Saat ini banyak pula produk KPR dari bank yang memungkinkan pinjaman untuk membangun atau merenovasi rumah. Syarat pengajuan pinjaman juga lebih gampang dan fleksibel. Kamu bisa menyimak promo KPR dari berbagai bank untuk memilih mana yang paling menguntungkan.

Memiliki rumah sendiri menjadi kebutuhan primer jika keuangan kita sudah memungkinkan. Rumah juga bisa menjadi aset investasi di masa depan tanpa kita sadari. Nilai jual rumah pasti naik terus apalagi jika berada di lahan dan lokasi yang strategis.

Nah, bagi kamu yang ingin berinvestasi di properti, kamu bisa mulai mendesain rumah kayu minimalis ini. Namun, bagi kamu yang ingin memiliki rumah kayu namun belum memiliki anggaran untuk membuatnya. Kamu bisa memanfaatkan investasi reksa dana ataupun saham sebagai salah satu investasi yang membantu kamu menabung untuk mewujudkan keinginanmu memiliki rumah kayu sederhana dengan desain rumah kayu minimalis.

Ajaib merupakan salah satu platform investasi reksa dana maupun saham yang bisa kamu manfaatkan dalam memulai investasi kapan dan di mana saja dengan mudah, kapan dan di mana saja. Hanya dengan modal awal Rp10 ribu, kamu sudah bisa memulai investasi ini di Ajaib dan mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut. Yuk wujudkan rumah impian kamu dengan nabung mulai sekarang di Ajaib!rum

Artikel Terkait