Mengenal Apa Itu Referral yang Ada Dalam Bisnis Online

apa itu referral
apa itu referral

Apa itu referral? Bagi kamu yang memperhatikan dunia bisnis, pasti pernah mendengar istilah ini. Untuk menjawabnya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini mengenai apa itu referral.

Pernahkah kamu mendengar istilah ‘Referral? Mungkin buat kamu yang menjalankan bisnis, baik offline maupun online sudah tahu apa itu referral. Istilah tersebut juga sering ditemukan dalam model bisnis multi level marketing (MLM), dimana dalam MLM dikenal dengan nama lainnya yaitu downline. Bagi yang belum mengenal dan bertanya-tanya mengenai apa itu referral, yuk belajar sama-sama!

Apa itu Refferal?

Pada dasarnya referral bisa didefinisikan secara berbeda-beda, namun kali ini yang akan dibahas adalah referral dalam bisnis online paid to click (PTC). Jadi apa itu referral? Sistem dimana kamu mengajak (refer) orang untuk mengunjungi atau mendaftar ke salah satu situs yang ditawarkan. Dalam website PTC biasanya promosi yang dilakukan bisa berupa banner atau text link dengan menggunakan kode script.

Apabila orang yang kamu ajak memutuskan untuk mendaftar lewat link referral yang kamu tawarkan, akan ada manfaat yang kamu dapatkan. Apa saja manfaatnya? Kamu akan menerima komisi dan komisi yang diberikan bisa bermacam-macam, yaitu:

Komisi Pembelian

Ketika ada referral kamu ada yang melakukan pembelian di website PTC yang dia ikuti, kamu akan mendapatkan komisi yang disesuaikan dengan jenis keanggotaannya. Nilai dari komisi yang diterima mulai dari 1% hingga 10%, tergantung dari situs PTC yang diikut. Perlu kamu ketahui jika tidak semua PTC punya perhitungan yang sama dalam memberikan komisi.

Komisi Upgrade

Saat ada referral kamu yang mengupgrade akun mereka, kamu juga mendapat komisi. Namun, jumlahnya tergantung dari jenis keanggotaan kamu

Komisi Klik dari Referral

Kalau komisi yang satu ini paling disukai para member website PTC. Hal itu dikarenakan komisi yang diberikan berbeda dari komisi lainnya, dimana setiap ada referral kamu yang mengklik iklan akan mendapat uang. Akan tetapi tiap PTC menerapkan aturan yang berbeda, namun umumnya untuk mendapatkan pemasukan atau komisi dari website PTC minimal referral kamu harus mengklik 4 iklan dalam sehari.

Disamping itu ada yang harus kamu ketahui bahwa masing-masing dari situs PTC punya aturan berbeda-beda terkait komisi. Terlebih tidak semua PTC memberikan komisi kepada anggota standar atau gratisan. Maka dari itu, jika kamu menginginkan hasil yang lebih memang sebaiknya upgrade ke akun berbayar.

Jenis Referral

Setelah kamu tahu memahami apa itu referral, saat kita bahas beberapa jenis referral. Terdapat dua jenis referral dalam dunia PTC, yaitu Direct Referral (Referral Langsung) dan Rented Referral (Referral Sewa).

Selain itu, ada pula yang dimaksud dengan link referral. Apa itu? Link referral yaitu alamat website yang disediakan pemilik situs tersebut kepada anggota atau membernya. Tujuannya untuk mempromosikan link itu ke orang lain, baik itu teman atau siapapun. Selanjutnya mari kita bahas dua jenis referral yang sudah disebutkan tadi.

Direct Referral

Direct referral atau referral langsung artinya mendaftar ke website tertentu lewat link referral yang diberikan orang lain. Misalnya, teman kamu mempromosikan link referral ke media sosial milikmu dan kamu tertarik untuk mendaftar ke situsnya. Maka, secara otomatis kamu menjadi referral temanmu dan dia jadi sponsor (upline) kamu.

Referral jenis ini tidak memerlukan biaya dalam pengelolaannya, karena sistem ini bekerja secara otomatis. Atau bisa dibilang si pemilik yang bekerja dan kamu yang menerima uang. Selain itu, kamu juga bisa menghapus referralnya jika sudah tidak memberikan pemasukan atau komisi lagi untukmu atau tidak aktif lagi.

Rented Referral

Berbeda dengan direct referral, rented referral atau referral sewa adalah seseorang yang ingin menjadi member dengan mendaftarkan diri di situs PTC tertentu tanpa jadi referral orang lain. Maksudnya yaitu pemilik situs akan menyewakan referral kepada para membernya yang ingin menyewa dengan bayaran tertentu.

Karena jenis referral ini membutuhkan biaya, maka kamu harus berhati mengelolanya dan perlu diawasi. Ibaratkan sistem ini seperti karyawan yang dibayar agar menghasilkan uang untuk kamu. Oleh karena itu, kamu harus pandai-pandai mengelola mereka jika memang ingin menyewa referral supaya hasil yang didapat juga maksimal.

Keuntungan Jadi Referral Orang Lain

Jika melihat lagi apa itu referral, artinya adalah mengajak orang lain untuk bergabung atau membeli sesuatu di situs yang disarankan. Kamu bisa ikut atau menjadi referral orang lain apabila ingin mempelajarinya. Di sisi lain, ada keuntungan yang kamu dapat dengan ikut referral orang lain.

Keuntungan yang dimaksud bukan berupa uang, karena kamu sendiri sudah mendapatkan komisi begitu menjadi membernya. Akan tetapi, disini kamu bisa saling berkomunikasi atau berteman dengan orang yang menawarkan referensi. Bahkan tak menutup kemungkinan buat kamu ajak kerja sama atau saling bertukar informasi supaya sama-sama menguntungkan. Terlebih kalau referensi yang diberikan berguna untuk kamu. Apabila kamu ada kesulitan terkait PTC, kamu bisa bertanya atau meminta bantuan serta tips dari yang sudah handal.

Jadi, pilihannya tergantung kamu apakah ingin menggunakan referral langsung atau referral sewa. Setelah kamu tahu apa itu referral, pertimbangkan dengan matang jika tertarik untuk menjadi referral. Semoga artikelnya bermanfaat dan selamat mencoba!

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait