Bisnis & Kerja Sampingan

Panduan Lengkap Cara Jual Foto di Shutterstock Supaya Menghasilkan

cara-jual-foto-di-shutterstock

Ajaib.co.id – Bagaimana cara jual foto di Shutterstock? Mungkin ini pertanyaan yang kerap dilontarkan bagi kamu yang hobi memotret apa pun, seperti pemandangan, model, produk, dan lain sebagainya. Harga jual foto di Shutterstock cukup variatif.

Tentu memanfaatkan Shutterstock untuk mendapatkan penghasilan tetap atau tambahan sayang untuk dilewatkan. Bahkan kamu juga bisa menjual video singkat dengan berbagai tema untuk menghasilkan dolar. Namun berapa lama foto di-approve Shutterstock dan apa alasan foto ditolak?

Perusahaan penjual hasil gambar satu ini sudah cukup dikenal. Gambar yang dapat dijual tidak perlu menggunakan kamera DSLR dan editing software berbayar. Cukup dengan kamera serta aplikasi editing HP kamu bisa mulai menjual foto di Shutterstock. Yang terpenting kamu memahami cara jual foto di Shutterstock yang memenuhi syarat agar dapat diterima pihak penyedia layanan.

Bagaimana Cara Jual Foto di Shutterstock?

Daripada menyimpan semua foto di dalam galeri ponsel, lebih baik dipublikasikan sebagai sumber penghasilan. Tidak hanya memperoleh uang, kamu juga bisa belajar untuk meningkatkan kualitas hasil jepretan secara otodidak.

Jika tertarik, kamu bisa mengikuti langkah berikut sebelum dapat menjual hasil foto di Shutterstock.

Registrasi sebagai Contributor di Shutterstock

Langkah awal cara jual foto di Shutterstock yaitu dengan mendaftarkan diri sebagai kontributor. Sistemnya hampir sama seperti market place lainnya. Kamu bergabung di komunitas, kemudian mendapatkan approve, maka produk akan dipasarkan melalui website atau aplikasi.

Nah, untuk daftar di Shutterstock tidaklah susah, kamu hanya perlu klik daftar. Lalu isi semua data yang dibutuhkan untuk proses membuat akun. Jika sudah, tunggu email masuk yang akan digunakan untuk konfirmasi. Setelah itu, kamu sudah tergabung di Shutterstock sebagai kontributor.

Konfirmasi Akun

Selanjutnya kamu akan diminta untuk konfirmasi akun dengan cara mengunggah kartu identitas serta menambah kata sandi. Siapkan keduanya ketika kamu ingin melakukan pendaftaran. Ambil gambar yang jelas supaya verifikasi berhasil.

Pastikan Sudah Memiliki Akun Paypal

Mengingat perusahaan market gambar online ini berada di luar negeri dan membayar dengan mata uang dolar, maka kamu perlu menggunakan akun Paypal untuk menerima pembayaran. Jika belum, daftar terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, kok.

Seleksi Gambar Sebelum Diunggah

Cara jual foto di Shutterstock selanjutnya yaitu dengan mengunggah gambar. Tentunya setelah proses pembuatan akun selesai. Barulah kamu bisa langsung mencoba mengunggah gambar terbaik yang kamu miliki. 

Pastikan kualitas gambar, seperti ketajaman, warna, dan lainnya layak untuk dijual. Tema sendiri bebas, upload apa saja yang tersimpan di galeri sesuai syarat yang berlaku.

Tunggu Sampai Proses Review Selesai

Semua gambar atau video yang di-upload akan melewati proses review. Sekalipun gagal, kamu dapat mengetahui alasannya dari saran yang diberikan. Sehingga ke depannya dapat menghindari hal demikian.

Penerimaan Keterangan Pendapatan

Gambar yang di approve akan dibeli otomatis, sehingga kamu dapat langsung menerima transferan dollar ke akun Paypal. Namun untuk dapat mencairkannya, kamu perlu memenuhi syarat withdraw yaitu sebesar 200 dollar.

Berapa Lama Foto Approve Shutterstock?

Cara menjual foto di Shutterstock memang terdengar mudah. Terlebih lagi tidak ada gambar khusus saat upload. Kamu dapat memilih sesuai minat dan bakat yang dipunya. Kendati demikian, kamu harus menunggu proses review dari pihak perusahaan. Jika memenuhi syarat, maka barulah mendapatkan notifikasi lolos seleksi.

Berapa lama foto di-approve Shutterstock? Untuk lamanya tidak tentu, bisa dua hari atau lebih dari itu.

Akan tetapi, bila kamu mengunggah dan membuat deskripsi gambar yang unik serta menarik mungkin saja bisa cepat. Terlebih lagi jarang yang memilikinya. Mengingat banyak sekali kontributor yang tergabung dari seluruh dunia.

Alasan Foto Ditolak Shutterstock

Bagi kamu yang masih pemula, seringkali alasan yang diberikan pihak Shutterstock ketika menolak gambar sangatlah klise. Alasan penolakan ini sebisa mungkin untuk dihindari sekalipun kamu pemula.

Tentu saja ini akan memberikan kesan baik untuk diri kamu sendiri nantinya. Karena terkadang, pihak reviewer akan malas mengecek jika di awal sudah melakukan kesalahan umum.

Supaya pihak Shutterstock tidak mengirimi kamu alasan foto ditolak Shutterstock yang umum terjadi, silakan simak penjelasan di bawah dengan saksama.

Fokus

Siapa yang ingin membeli hasil gambar yang tidak berkualitas, seperti buram, tidak jelas, dan tidak bagus. Biasanya gambar tersebut diakibatkan oleh pengambilan gambar dari kamera yang tidak fokus karena gerakan. Bila kamu menggunakan kamera ponsel, gunakan alat bantuan supaya terhindar dari getar anggota badan.

Noise

Hasil gambar noise memang tidak begitu kentara apalagi pemula. Namun kamu harus cepat bisa memahami apa itu foto noise. Hal ini dikarenakan termasuk syarat penting agar foto lolos seleksi. Cara mudahnya kamu bisa melakukan zoom pada gambar.

Ukuran Gambar Tidak Sesuai Kualifikasi Shutterstock

Ukuran foto yang diunggah ke website tidak boleh sembarangan. Ketentuan ukurannya minimal 4 MB. Jika kurang, sudah pasti ditolak. Ukuran ideal yaitu, 4, 8 MB (2000 x 2400 pixels) dan 3,6 MB (1200 x 3000 pixels). Jadi sebelum diunggah, periksa dulu ukuran foto atau langsung atur di pengaturan kamera sebelum mengambil gambar.

Harga Jual Foto di Shutterstock

Pendapatan yang bisa dihasilkan dari penjualan Shutterstock tidak terbatas. Kamu bisa memperoleh lebih banyak dari penjualan, subscriber, jumlah dilihat, dan gambar custom.

Berapakah harga jual foto di Shutterstock? Harga yang diberikan oleh Shutterstock untuk satu gambar berkisar dari 0,05 sampai 120 dolar. Semua itu tentu saja tergantung dari kualitas gambar dan keunikan.

Seperti penjelasan sebelumnya, kamu bisa menjual video, instrumen musik, foto vektor, footage, dan 4K selain menjual foto.

Tidak memiliki bakat fotografer, tetapi menginginkan penghasilan dari Shutterstock? Kamu juga bisa bergabung dalam program affiliasi yang hanya membagikan link tautan ke orang lain atau calon pembeli.

Cara jual foto di Shutterstock tidak sulit, bukan? Perbaiki terus kualitas foto yang kamu miliki agar dapat memperoleh harga jual foto di Shutterstock yang tinggi. Pelajari juga alasan foto ditolak Shutterstock agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Artikel Terkait