Emas

Daftar Harga Cincin Emas 1 Gram Terbaru, Wajib Kamu Tahu!

Daftar Harga Cincin Emas 1 Gram Terbaru, Wajib Kamu Tahu!

Saat ini harga cincin emas 1 gram kian melonjak. Seiring berjalannya waktu, pelaku investasi bukan hanya dari kalangan orang yang punya banyak uang atau pengusaha padat modal saja. Investasi juga bisa dilakukan oleh karyawan biasa, bahkan yang bergaji kecil sekali pun.

Kenapa harus membeli cincin emas? Apa keuntungan cincin emas? Cincin emas merupakan investasi yang memiliki segudang keuntungan. Investasi memang bukan kebutuhan utama, tapi investasi bisa membantu mengamankan rencana kamu di masa depan.

Beberapa pilihan investasi yang bisa dilakukan oleh karyawan dengan gaji pas-pasan antara lain reksa dana yang dimulai Rp100 ribu hingga investasi cincin emas 1 gram. Jika memutuskan investasi dalam bentuk emas, intip daftar harga cincin emas 1 gram berikut ini yuk!

Harga Cincin Emas

Harga pasaran cincin emas biasanya bervariasi, tergantung dari jenis karat dan berat emas yang dibutuhkan dalam satu cincin tersebut. Umumnya harga barang emas per gram antara Rp600 ribu hingga Rp800 ribu. Biasanya untuk satu buah cincin cukup macam-macam ada yang membutuhkan 1 sampai 2 gram emas saja atau bahkan bisa mencapai 5 gram emas tergantung selera pengguna sebetulnya.

Perlu diketahui bahwa per tanggal 17 Januari 2020 ini harga emas naik menjadi Rp767.000 per gramnya dengan harga beli kembali Rp685.000 per gram. Tentu dengan mengetahui cincin emas yang ada di pasaran, harus mengetahui patokannya dulu yaitu harga emas saat ini sehingga kamu benar-benar bisa mempersiapkan budget dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Cincin Emas Per Gram

Perlu diketahui bahwa harga cincin ini dipengaruhi oleh berapa berat gramnya juga berapa karatnya. Semakin tinggi nilai karat yang dimiliki emas, maka semakin mahal emas yang dijual, contohnya emas 24 karat, 23 karat, dan 22 karat. Karat emas pada cincin emas sangat memengaruhi harga jual cincin itu sendiri nantinya. 

Cincin Emas 1 Gram 22 Karat

Emas 22 karat menjadi salah satu alternatif emas yang paling banyak dicari. Rmas ini memiliki kadar kemurnian emas yaitu hingga 91,6%, kemudian dicampur dengan logam lain, biasanya perak, hingga 8,3%. Harga emas 22 karat ini dihitung berdasarkan takarannya

Harga cincin emas 1 gram 22 karat tentu lebih murah ketimbang harga cincin 24 karat, harga cincin emas 1 gram 22 karat harganya adalah Rp 42.000. Namun patokan harga tersebut tak dapat dijadikan patokan tetap dalam jangka waktu panjang karena harga emas sendiri setiap waktu mengalami perubahan. Bisa menurun bisa juga terjadi kenaikan harga. Tergantung pada harga emas di pasar global yang tentu mempengaruhi harga emas di Indonesia juga.

Cincin Emas 23 Karat

Emas dengan 23 Karat memiliki tingkat kemurnian lebih besar dari emas 22 karat dan lebih kecil dari emas 24 karat. Di mana, tingkat kemurnian emas ini sebanyak 2/24 x 100 persen. Artinya, emas ini memliki sekitar 95,8% kandungan emas, dengan sisanya adalah logam lain seperti perak. Untuk harganya pun berbeda dari emas 22 dan 24 karat.

Cincin Emas 24 Karat

Sedangkan untuk cincin emas 24 karat harganya memang paling mahal dibandingkan dengan harga emas karat paling rendah lainya. Perlu diketahui bahwa emas 24 karat ini merupakan nilai karat tertinggi, sehingga tentu saja hal itu sejalan dengan harganya yang lebih tinggi dibandingkan lainnya. Buat kamu yang penasaran dengan harga cincin emas kuning semua karat, tak perlu khawatir karena kamu bisa mendapatkannya di toko emas terdekat.

Satu hal yang perlu kamu ingat sebelum membeli cincin emas adalah menggunakan uang gaji untuk memenuhi kebutuhan primer dan kewajiban terlebih dahulu. Jika ada dana lebih, baru gunakan untuk membeli cincin emas. Makin nggak sabar kan berinvestasi cincin emas 1 gram?

Tips Membeli Cincin Emas

#1 Tentukan Logam yang Ingin Digunakan

Ada banyak pilihan logam mulia yang ditawarkan ketika kamu ingin membeli cincin emas. Mulai dari emas murni, emas putih, palladium, hingga titanium.

a. Emas Kuning: Ini merupakan jenis cincin yang paling populer dan diminati banyak orang ketika ingin melangsungkan pertunangan maupun pernikahan. Biasanya, mereka akan memilih emas dengan nilai karat tertinggi yaitu 24 karat.

b. Emas Putih: Emas ini memiliki warna yang lebih mudah pudar dibanding emas kuning, namun bisa terlihat lebih modern. Dengan warnanya yang putih, cincin ini mudah menyatu dengan segala warna kulit. Hal ini membuat tingkat kepopulerannya sedikit di atas emas kuning.

c. Palladium: Ini merupakan jenis logam yang hampir mirip dengan emas putih karena warnanya. Namun, palladium lebih padat dan lebih tahan goresan jika dibandingkan emas, tapi tidak lebih tahan lama daripada emas putih. Palladium biasanya tidak menimbulkan alergi pada kulit.

d. Titanium: Logam ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Pembuatannya tidak memerlukan keahlian khusus karena ukurannya yang tidak dapat diubah. Walaupun begitu, perhiasan dari bahan titanium ini tahan lama.

#2 Tempat Membeli Emas

Pastikan kamu membeli cincin di toko emas secara langsung. Namun, pastikan emas tersebut asli, karena saat ini banyak sekali toko emas yang menjual emas palsu dengan harga yang sedikit lebih murah. Pastikan juga kamu telah mendapatkan surat atau sertifikat pembelian emas. Ini bisa membantu kamu ketika suatu hari nanti kamu ingin menjualnya.

#3 Tentukan K2WP

Pasti kamu bertanya-tanya apa itu K2WP? K2WP dalam berlian adalah karat, kemurnian, warna, dan potongan, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan 4C carat  (karat), clarity  (kemurnian), color  (warna), dan cut  (potongan). Ini semua harus kamu perhatikan ketika ingin membeli cincin emas.

#4 Pilih Style berlian

Style seperti apa yang cocok buat kamu? Penempatan berlian pada logam mulia memiliki beberapa gaya seperti di bawah ini.

a. Prong: Bentuk di mana berlian didudukan dan dicengkram cakar logamnya. Bentuk ini yang paling sering digunakan, terutama untuk cincin dengan ukuran berlian yang cukup besar.

b. Pave: Bentuk dengan batu-batu berlian kecil yang ditanam di dalam logamnya. Gaya ini bisa memberikan kesan simpel namun tetap menawan.

c. Bezel: Bentuk cincin dengan batu berlian yang didudukan dan dikelilingi dengan pelek logam yang menahannya. Jika kamu ingin terlihat bold dan elegan, kamu bisa memilih bentuk bezel.

d. Tension: Bentuk di mana batu berlian seperti berdiri dan ditahan oleh dorongan dua ujung logam. Cincin ini terlihat sangat luar biasa, namun ukuran cincinnya tidak dapat di-resize.

#5 Pilih bentuk dan Cutting Cincin

EMas memiliki beberapa berbentuk, ada oval, marquise (bentuk oval memanjang dengan ujung runcing), pear (menyerupai bentuk tetesan air), heart (hati), emerald cut (persegi panjang atau kotak dengan potongan di sudutnya), princess cut (kotak dengan sudut berkilauan dan tajam), asscher cut (kotak dengan ujung pendek), dan baguette cut (persegi panjang dengan sisi yang cukup panjang dan sudut yang tajam).

Emas menjadi salah satu investasi terbaik hingga kini. Jadi, sebelum kamu membeli emas pastikan terlebih dulu model cincin dan karat yang kamu inginkan, kemudian cek harga emas 1 gram terbaik untuk memulai investasi emas di Indonesia!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait