Emas, Investasi

Harga Emas 22 Karat Hari Ini, Wajib Tahu yang Asli dan Palsu

Harga Emas 22 Karat Hari Ini, Wajib Tahu yang Asli dan Palsu

Emas merupakan salah satu alat investasi yang selalu menjanjikan keuntungan. Setiap harinya, harga emas mengalami kenaikan atau penurunan, tapi melakukan investasi emas itu tidak pernah merugikan. Emas 22 karat merupakan salah satu alternatif emas yang paling banyak dicari. Di mana, emas ini memiliki kadar kemurnian emas hingga 91,6%. dan dicapur dengan logam lain, biasanya perak, hingga 8,3%.

Harga emas 22 karat ini dihitung berdasarkan takarannya. Beda negara, beda juga cara penentuan dan menakar harganya. Sebagai contoh, harga emas 24 karat di Indonesia sama seperti harga emas 22 karat di luar negeri. Lalu berapa harga emas 22 karat per gram di Indonesia? Harga emas per gram hari ini, pada 13 Januari 2020, harga emas 22 karat per gramnya berada di angka Rp683.713 dengan harga beli emas hari ini Rp573.953 per gram.

Rincian Harga Emas 22 Karat

a. 1 Gram= Harga Jual: Rp693.713 – Harga Beli Rp573.953

b. 5 Gram= Harga jual: Rp3.465.000 – Harga beli: Rp3.305.000

c. 10 Gram: Harga jual: Rp6.935.000 – Harga beli: Rp6820.000

Cara Bedakan Emas Asli dan Palsu

Namun, ketika ingin membeli emas, kamu tetap harus berhati-hati, dan teliti agar tidak tertipu membeli emas imitasi alias palsu.

Sebenarnya, ada teknik kuno untuk mengetahui emas asli atau palsu. Biasanya orang zaman dahulu dapat mengetahui emas asli cukup dengan melihat warnanya. Cara ini mengharuskan kamu menggosokkan bagian jari dengan emas. Jika warnanya tidak mengalami perubahan, maka dipastikan emas itu asli.

Selain itu, cara kuno lainnya adalah dengan menggigit emas tersebut. Jika terasa lebih lunak, dapat dipastikan emas tersebut asli. Jika tidak, maka emas tersebut adalah palsu.

Bila, kamu sulit membedakan emas asli atau palsu dengan cara kuno tersebut, kamu bisa menggunakan magnet sebagai alat tambahan. Juka kamu mendekatkan magnet dengan emas dan hasilnya tidak menempel, maka dipastikan emas tersebut adalah palsu. Namun, jika hasilnya berbeda maka emas tersebut adalah asli.

Cara Membersihkan Emas 22 Karat

Bagi kamu yang tertarik membeli emas 22 karat, kamu harus bisa merawatnya. Namun, merawatnya pun tidak bisa sembarangan dan disamakan dengan cara merawat emas 24 karat. Cara termudah membersihkan emas 22 karat adalah dengan air mendidih atau dengan sabun.

a. Cara membersihkan dengan air mendidih

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin membersihkan emas 22 karat dengan air mendidik.

#1 Rebus emas yang ingin dibersihkan

Ini adalah cara terbaik ketika kamu ingin membersihkan emas 22 karat. Namun, jika emas yang kamu miliki memiliki batu permata, mutiara, koral, atau tempelan hiasan lainnya, cara ini tidak dianjurkan karena dapat merusak dan mengendurkan lem yang merekatkan pada batu permata dengan emas itu sendiri.

#2 Mendidihkan air secukupnya

Untuk membersihkan emas tersebut, kamu tidak memerlukan air yang banyak. Cukup didihkan air secukupnya untuk merendam seluruh bagian perhiasan. Letakkan perhiasan tersebut secara benar pada wadah. Kemudian, usahakan tidak ada bagian yang saling tumpuk dan menutupi, sehingga seluruh bagian emas menjadi bersih.

#3 Tunggu airnya hingga dingin

Setelah air rendaman perhiasan tersebut dingin atau hangat kuku, cobalah angkat emas tersebut, kemudian lanjutkan dengan proses perebusan dan menggosok emas 22 karat dengan sikat yang lembut. Setelah itu, keringkan perhiasan dengan handuk yang lembut dan angin-anginkan.

Jika saat perawatan tersebut kamu menemukan air rebusan yang kotor atau keruh, itu menandakan bahwa kotoran dalam perhiasan telah terangkat bersih.

b. Membersihkan dengan sabun cuci piring

#1 Tuangkan sedikit sabun cuci

Tuangkan sabun cuci ke dalam mangkuk yang telah terisi air hangat, kemudian campur dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Untuk membersihkan emas 22 karat, kamu bisa menggunakan air yang berkarbonasi bebas natrium atau pun club soda. Di mana, dengan adanya karbonasi ini dapat membantu kamu melepaskan akumulasi kotoran dan debu dari emas tersebut. Namun perlu diperhatikan jika emas kamu terdapat tempelan batu permata atau sejenisnya, jangan gunakan air yang sedang mendidih atau panas. Hal tersebut bisa membuat batu permata rapuh dan retak jika mengalami penurunan suhu yang cukup drastis dan cepat.

#2 Rendam perhiasan

Rendam atau diamkan emas yang kamu miliki pada air campuran sabun cuci piring tersebut selama kurang lebih 15 menit. Saat direndam, air sabun akan bekerja melalui lekukan dan celah, lalu melonggarkan debu dan kotoran bahkan pada bagian yang sulit dijangkau sekalipun.

#3 Gosok perhiasan dengan sikat halus

Merendam perhiasan emas 22 karat dengan air sabun bisa mengangkat kotoran hingga ke sela. Namun jika kotoran membandel, kamu perlu untuk menggosokkannya dengan sikat gigi yang memiliki bulu yang lembut. Hindari menggunakan sikat yang memiliki bulu kasar karena bisa menggores permukaan emas tersebut. Kamu juga bisa menggunakan sikat khusus untuk membersihkan perhiasan.

# Bilas air hangat & keringkan dengan kain

Setelah semua tahap untuk membersihkan perhiasan di atas telah dilakukan, cobalah bilas emas tersebut dengan air yang hangat. Kemudian keringkan emas tersebut dengan handuk atau kain yang lembut. Lalu biarkan perhiasaan terkena angin agar benar-benar kering dan bebas dari air.

Jenis-Jenis Emas di Indonesia

Agar tidak salah kaprah dan selalu menghitung bahwa nilai emas harus 24 karat, kamu perlu untuk mengetahui beberapa kandungan emas yang ditetapkan oleh Standar Nasional Indonesia atau SNI.

a. Emas 24 karat dengan tingkat kemurnian emas yang menyentuh 99-99,99 persen.

b. Emas 23 karat, memiliki kandungan nilai 94,80 hingga 94,79 persen.

c. Emas 22 karat, dengan kandungan nilai sebesar 90,60-94,79 persen.

d. Emas 21 karat yang memiliki kandungan kemurnian sebesar 86,50-90,59 persen.Emas 20 karat, dengan nilai kemurnian emas 82,30-86,49 persen.

e. Emas 19 karat, yang memiliki kandungan emas murni sebesar 78,20-82,29 persen.

f. Emas 18 karat, yang hanya memiliki kandungan emas murni sebesar 75,40-78,19 persen.

Itulah beberapa hal penting terkait emas 22 karat. Dengan mengetahui ciri dan jenis-jenisnya, kamu akan tidak mudah tertipu ketika ingin membelinya. Jadi, sudah siap berinvestasi emas mulai sekarang?

Ketika ingin membeli emas, ada beberapa jenis investasi emas yang bisa kamu pilih, mulai dari perhiasan emas, logam mulia, emas batangan, ataupun emas koin. Semuanya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Selain emas, kamu juga bisa mulai berinvestasi emas putih. Ini cocok ketika kamu memutuskan ingin berinvestasi emas perhiasan. Di mana, investasi emas putih menjadi alternatif yang cocok buat kamu. Namun, sebelum membeli emas, cek harga emas putih tersebut, dan bandingkan dengan harga emas hari ini. Jangan sampai kamu membeli emas putih seharga emas murni ya!

Bacaan menarik lainnya:

Gerbino, K. (2012). Investing in Gold Producers as a Safeguard of Value. The Wall Street Transcript


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait