Banking

Arti Logo BCA dan Lima Logo Bank dengan Konsep Blue Line

Setiap perusahaan pastilah memiliki logonya masing-masing, tak terkecuali beberapa bank ternama yang ada di Indonesia. Namun saat ini konsep desain Blueliner menjadi suatu hal penting dalam logo bank yang digunakan dalam logo BCA, BRI, BNI, BTN dan Mandiri. Lalu apa itu Blueliner?

Blue Line atau garis biru adalah warna yang paling populer di dunia bisnis. Karena warna biru dinilai merupakan warna yang tenang, mewakili kecerdasan serta tanggung jawab. Penggunaan warna ini sangat tepat bagi perusahaan financial, jejaring sosial dan teknologi, seperti logo BCA, BRI, BNI, Mandiri, Facebook, Twitter, IBM, dan Intel.

Lalu apa makna di balik logo-logo perbankan dengan konsep blue line tersebut? Pastilah Anda bingung dan bertanya-tanya bukan? Sejatinya sebuah logo perusahaan seperti logo BCA, BRI, BNI dan Mandiri pastilah memiliki makna di balik desain logo tersebut.

Nah, tak perlu berpanjang kata, inilah beberapa makna tersembunti dibalik blue line pada logo BCA, BRI, BNI, BTN dan Mandiri :

1.   Arti logo BCA

Bank Central Asia atau BCA, merupakah salah satu bank dengan logo biru yang paling kita kenal. Logo BCA ini menyatu dengan identitas korporasi sebagai visi misi Bank BCA ke depannya. Secara visual, identitas korporasi Bank BCA yang berdiri sejak tahun 1957 masih  menggunakan logo BCA yang sama.

Seiring pertumbuhannya, tampilan logo BCA diperbarui dalam sebuah konsep desain grafis yang disebut blueliner. Konsep ini tak mengubah bentuk aslinya, dan tetap mempertahankan versi asli logo BCA.

Blueliner yang diaplikasikan dalam logo BCA, menunjukkan bentuk komunikasi yang solid dan korespondensi mencerminkan semangat baru pada logo BCA. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi Bank BCA.

Selanjutnya dalam implementasi konsep Blueliner membuat logo BCA semakin memiliki warna, dedikasi dan kontribusi terhadap industri perbankan dan perekonomian Indonesia.

2.   Logo Mandiri

Perubahan pada logo Bank Mandiri yakni dengan menghilangkan kata ‘Bank’, sehingga hanya ada kata ‘Mandiri’ saja yang tertulis tanpa huruf kapital di depannya dan membubuhkan tanda kuning berbentuk gelombang.

Kata ’Bank’ yang dihilangkan ini sesuai dengan arahan BI dimana saat ini perbankan bisa mengeluarkan produk-produk nonperbankan seperti saham, obligasi, dan juga bisa memiliki anak usaha nonperbankan. Logo terbaru dari Bank Mandiri ini muncul tanpa kata Bank, sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia ke depan yang memberikan kebebasan bank untuk menjal produk investasi.

Bentuk Logo dengan huruf kecil pada logo Mandiri melambangkan sikap ramah dan rendah hati. Warna biru tua melambangkan rasa nyaman, tenang, menyejukkan. Sedangkan gelombang emas sebagai simbol dari kekayaan finansial di Asia sekaligus keagungan, kemuliaan dan kemakmuran.

3.   Logo BNI

Logo BNI juga menggunakan turunan dari warna biru atau biru turquoise yang mencerminkan kekuatan, otoritas, kekokohan, keunikan dan citra yang lebih modern. Desain logo BNI tersebut dibuat secara khusus guna menghasilkan struktur yang orisinal dan unik.

Dalam logo BNI, juga disertakan angka 46 berwarna putih yang dikelilingi sebuah kotak berwarna orange. Ini menunjukkan simbol kelahiran BNI, sekaligus menunjukkan bank pertama di Indonesia yang merupakan pelopor, dan mampu berkontribusi di era modern saat ini.

4.   Logo BRI

Logo BRI juga berwarna biru seperti logo BCA yang muncul dengan desain kotak bersudut tumpul berwarna biru dengan tipografi menunjukkan bahwa BRI adalah bank komersial yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah. Hal ini diwujudkan melalui bentuk logo BRI yang merangkul dan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah.

Logo BRI juga memiliki filosofi untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat dengan kehadirannya di segala penjuru terkecil atau menjangkau lokasi yang jauh dari pusat bisnis. Logo BRI juga mengandung arti pelayanan optimal yang ditujukkan kepada para nasabahnya.

5.   Logo BTN

Filosofi Logo BTN mengambil pola segi enam berwarna biru. Pola ini mengambil bentuk sarang lebah yang menyiratkan adanya kegiatan menabung pada masyarakat. Sebagaimana halnya lebah yang selalu menyimpan madu yang diperoleh ke sarangnya.

Tak berbeda dengan logo BCA, dalam logo BTN tersirat makna pembagunan nasional dengan mengerahkan dana masyarakat berbentuk tabungan. Pola ini juga menyiratkan bentuk atap rumah yang yang menjadi citra dan misi utama BTN, sebagai pelaksana KPR (Kredi Pemilikan Rumah) bagi masyarakat.

Bacaan menarik lainnya:

Kasmir.(2001). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grifindo Persada

Iskandar, Syamsu. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta : Semesta Asa Bersama.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait