Banking

Cari Lokasi ATM Setor Tunai Mandiri Terdekat

Cari Lokasi ATM Setor Tunai Mandiri Terdekat

Layanan perbankan semakin mudah dengan kemajuan teknologi termasuk mesin ATM. Jika beberapa tahun lalu mesin ATM hanya bisa digunakan untuk menarik uang tunai maka sekarang berbeda. Nasabah bisa menghemat waktu dengan menabung lewat ATM setor tunai tanpa repot antre di teller. Adanya mesin jenis ini juga membuat masyarakat bisa menyimpan uangnya tanpa terikat jam kerja bank, kapan dan di mana saja. 

Fasilitas ini tentunya juga dihadirkan oleh Bank Mandiri, salah satu bank plat merah terbesar di Indonesia. Bahkan ATM setor tunai menjadi salah satu yang paling gampang ditemukan apalagi di kota-kota besar. Namun tidak semua mesin ATM Mandiri memiliki fitur setor tunai, jumlahnya juga jauh lebih sedikit dibandingkan ATM tarik tunai. 

Kebanyakan orang seringkali bingung mencari lokasi ATM setor tunai Mandiri dan hanya mengadalkan informasi sekitar. Padahal sebenarnya Bank Mandiri menyediakan informasi mengenai lokasi tiap ATM setor tunainya. Hanya saja memang tak banyak tahu bagaimana cara mencari lokasinya. Ajaib akan memberikan tips mudah mencari lokasi ATM ini agar uangmu bisa segera ditabung sebelum kalap dibelanjakan. 

Cara mengetahui lokasi ATM setor tunai Mandiri terdekat

a. Masuk ke website resmi Bank Mandiri

Kunjungi situs resmi Bank Mandiri di www.bankmandiri.co.id yang bisa dikunjungi via mobile maupun dekstop. Masuk ke pilihan ‘ATM’.

b. Menu ‘Jaringan ATM’

Tampilan layar akan menunjukkan fitur ‘Jaringan ATM’ yang menampilkan informasi soal ATM Mandiri di seluruh Indonesia. Kamu bisa mencari lokasi untuk setor tunai melalui ATM Mandiri dengan mengisi pilihan yang tersedia.

c. Isi kolom pilihannya

Pada kolom ‘jenis mesin’ pilih setoran tunai dari enam pilihan lainnya. Beikutnya, pada kolom ‘lokasi’ tersedia pilihan ratusan kecamatan di Indonesia, pilih lokasi kecamatan tempatmu berada atau yang ingin dicari. Terakhir kolom ‘alamat’ bisa diisi dengan alamat yang lebih spesifik untuk lebih jelas. Namun kolom terakhir ini opsional dan bisa ditinggalkan jika pilihan kecamatanmu sudah cukup spesifik. 

d. Klik ‘cari’

Langkah terakhir adalah klik ‘cari’ dan nantinya akan ada tampilan informasi lokasi mesin ATM setor tunai di lokasi terdekatmu. Harus diketahui jika tidak semua kecamatan memiliki ATM jenis. 

Setelah mengetahui alamat lokasi ATM, maka kamu bisa datang langsung dan menyetorkan uang ke rekening yang dituju. Mesin ATM setor tunai juga memiliki fitur yang tersedia dalam ATM tarik tunai yang lebih banyak tersebar. Perbedaannya juga termasuk bentuk fisik yang cukup mudah dikenali karena tersedia bukaan untuk memasukkan uang yang akan disetorkan ke dalam mesin tersebut. 

Limit setor tunai di ATM Mandiri

Setor tunai di ATM Mandiri dibatasi dengan uang pecahan Rp50.000 dan Rp100.000 saja. Lembaran uangnya juga harus dalam kondisi baik, tidak lecek dan robek sehingga bisa diproses oleh mesin ATM. Minimal transaksi setor tunai Mandiri ialah Rp50.000 dan maksimal berbeda-beda tergantung jenis kartu debit yang dimiliki. Kartu ATM Debit Mandiri Silver dikenakan maksimal Rp5 juta, Kartu Gold maksimal Rp10 juta, Kartu Platinum Rp20 juta, dan Kartu Prioritas maksimal Rp100 juta.

Itulah cara menemukan lokasi setor tunai di Jakarta maupun di kota lainnya. Selain melalui mesin ATM, kamu juga bisa mendatangi kantor cabang di siang hari untuk meminta bantuan satpam atau teller dalam menyetorkan uang tersebut. Namun, jika kamu ingin mencobanya sendiri pun tidak masalah, karena cara setor tunai di ATM Bank Mandiri terbilang mudah, pastikan kamu menghitung uang tersebut sebelum memasukkannya ke dalam mesin.

Bagaimana cara setor tunai melalui ATM Mandiri?

Untuk memudahkan nasabah dalam melakukan setoran tanpa antre, Bank Mandiri memberikan fasilitas setor tunai melalui ATM dengan lebih mudah dan cepat. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di bawah ini.

a. Cek lokasi ATM terdekat sesuai langkah di atas.

b. Kunjungi mesin ATM Bank Mandiri terdekat.

c. Masukkan kartu ATM ke mesin yang tersedia, kemudian masukkan PIN ATM kamu (tutup nomor PIN dengan tangan atau apapun untuk menghindari penipuan).

d. Pilih menu “Setoran Tunai”, kemudian masukkan uang yang akan disetorkan ke dalam mesin. Pastikan uang tersebut rapi dah sesuai pecahan yang telah ditentukan.

e. Uang yang kamu masukkan akan dihitung secara otomatis oleh mesin ATM, kemudian layar mesin akan menunjukkan jumlah setoran. Pastikan jumlah tersebut sesuai.

f. Jika sudah, pilih menu “Setorkan”

g. Jika sudah selesai, ambil kembali kartu ATM kamu beserta struk bukti penyetoran yang akan keluar dari mesin tersebut.

Apa keuntungan setor tunai di ATM Mandiri?

Jika zaman dahulu kamu harus menyetorkan uang tunai secara manual dengan mengunjung cabang bank tersebut, kin kamu bisa melakukan setor tunai kapan saja melalui mesin ATM Bank Mandiri. Ada banyak keuntungan dari fasilitas yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

a. Lebih cepat dan mudah

Melalui mesin ATM, kamu bisa melakukan penyetoran secara langsung tanpa perlu melakukan antre yang jelas-jelas bisa menghabiskan banyak waktu. Selain itu, ini juga bisa dilakukan dengan lebih mudah

b. Waktu yang fleksibel

Tidak seperti melakukan penyetoran di cabang bank yang hanya bisa dilakukan di jam kantor, dengan melakukan penyetoran uang tunai melalui ATM, kamu bisa melakukannya kapan saja selama mesin ATM beroperasi.

c. Melakukan berbagai transaksi sekaligus

Bukan hanya bisa melakukan setor tunai saja, melalui mesin ATM ini kamu juga bisa melakukan berbagai macam transaksi keuangan lainnya, seperti transfer, membayar tagihan, menarik tunai, membayar belanjaan dari ecommerce, dan lainnya.

d. Mudah ditemukan di mana saja

Kamu juga bisa menemukan fasilitas mesin setor tunai Bank Mandiri ini di mana saja, meski kamu sedang bepergian jauh. Hal ini tentu mempermudah kamu ketika ingin menabung.

Itulah beberapa hal terkait ATM Setor Tunai Mandiri yang perlu kamu ketahui, dengan memahami beberapa hal di atas, kamu bisa dengan mudah melakukan cash deposit kapan saja tanpa terhalang waktu dan jarak. Yuk mulai menabung!

Bacaan menarik lainnya:

Dendawijaya, Lukman. (2005). Manajemen Perbankan , Edisi Kedua, Cetakan Pertama. Bogor: Ghalia Indonesia
Ascarya. (2007). Akad & Produk Bank Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait