Hal-Hal Perlu Dipertimbangkan Saat Membuka Rekening Tabungan

Membuka Rekening Tabungan

Membuka rekening tabungan tidak memakan waktu kurang dari satu jam (kadang-kadang hanya beberapa menit), dan rekening itu akan melayani kamu selama bertahun-tahun yang akan datang. Cara termudah untuk membuka rekening bank adalah melakukannya secara online menggunakan perangkat seluler kamu. Jika kamu lebih suka bimbingan langsung, kunjungi cabang bank.

Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan dan lakukan untuk membuka rekening tabungan:

1. Bandingkan bank dengan meninjau suku bunga, biaya, persyaratan saldo minimum, dan lainnya

Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda, namun tetap berada di jalur yang sama yaitu pelayanan yang baik untuk nasabah. Pertimbangkan untuk melihat informasi pembukaan rekening, suku bunga, dan lainnya melalui internet. Bandingkan fitur yang dimiliki dan biaya perbulan, pilih satu yang sesuai kebutuhanmu.

2. Keamanan atau sekuritas yang tinggi

Bank-bank besar menawarkan jaminan keamanan kepada nasabah yang bergabung. Namun, pelajari lagi dari sisi historis bank tersebut. Jika terdapat banyak kasus yang merugikan nasabah, maka kamu harus berpikir dua kali untuk mempercayakan uangmu di bank tersebut. Dapatkan akses rekening yang mudah digunakan dan dapat kamu ambil sewaktu-waktu jika terdapat krisis keuangan di Indonesia.

3. Kumpulkan informasi pribadi kamu untuk membuka akun

Memilih sebuah bank, berarti ada sistem untuk saling memercayai satu sama lain. Nasabah memercayai bank sebagai tempat penyimpanan uang, dan bank memercayai nasabah sebagai seseorang dengan latar belakang yang jelas. Siapkan kartu identitas seperti KTP, dan surat-surat yang lainnya.

Jaminan untuk tidak membocorkan informasi biasanya terdapat saat kamu menandatangani formulir yang diberikan. Jadi, pastikan data pribadimu aman di tangan bank yang kamu pilih.

4. Dana akun dengan setoran awal jika diperlukan

Salah satu hal yang perlu dimiliki adalah setoran awal saat pembukaan tabungan. Beberapa bank memiliki kebijakan yang berbeda dalam setoran awal, tergantung jenis tabungan yang kamu pilih. Namun, kisaran setoran awal berada di Rp50.000 hingga Rp500.000.

Setoran awal biasanya dapat diambil sehari setelah pembukaan rekening di bank terkait. Saldo minimum saat pengambilan biasanya digunakan untuk dana cadangan, berjaga-jaga jika kamu ingin menutup tabungan yang akan dibebankan ke saldo minimum yang tertahan.

Untuk membuka akun, setidaknya satu pemegang rekening harus berusia 17 tahun ke atas. Spesifik bervariasi dari satu bank ke bank lainnya, jadi tanyakan detail ke layanan pelanggan (customer service) jika kamu membuka rekening untuk usia di bawah 17 tahun. Beberapa opsi tersedia untuk menghemat uang untuk seseorang yang berusia kurang dari 17 tahun, jadi evaluasi semua opsi.

Berbicaralah dengan staf di bank jika kamu memiliki aset yang signifikan. Tanyakan apa yang dapat mereka tawarkan jika kamu membawa setoran kepada mereka. Pertimbangkan berapa lama kamu dapat mengunci aset kamu dan tanyakan apa yang dapat mereka tawarkan untuk komitmen 12 atau 36 bulan.

Jadi, apakah kamu sudah memiliki tabungan yang tepat untuk dipilih?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait