Cara Mengatur dan Mencapai Tujuan Penghematan

Penghematan

Menetapkan sasaran dan tujuan penghematan khusus akan membantumu untuk mulai menabung. Ketika kamu hanya memasukkan uang ke bank secara teratur, akan lebih mudah untuk menariknya karena berbagai alasan.

Kamu dapat dengan mudah mengeluarkan uang lebih banyak dan menggunakan sebagian uang yang disisihkan untuk ditabung. Karena alasan ini, penting untuk menabung untuk alasan atau tujuan tertentu. Kamu mungkin berusaha untuk menuju beberapa tujuan sekaligus, atau kamu mungkin fokus pada tujuan spesifik yang ingin kamu penuhi.

Berikut adalah cara untuk mengatur dan mencapai tujuan penghematan:

Pilih Tujuan Penghematan Spesifik

Kamu perlu menentukan, untuk apa kamu ingin menyimpan uang. Tujuan tabungan kamu mungkin untuk pembayaran uang muka sebuah rumah. Kamu mungkin menabung untuk liburan impian atau untuk membeli sebuah mobil idaman. Kamu mungkin menabung untuk pensiun atau untuk dana darurat.

Setelah kamu tahu untuk apa kamu menabung, maka kamu perlu menentukan berapa banyak yang kamu butuhkan untuk mencapai setiap tujuan. Jabarkan berapa uang yang kamu perlukan, dan mulailah menabung dengan tujuan yang spesifik.

Buat Timeline Tabungan

Ketika kamu memiliki tujuan tabungan dan jumlah yang perlu kamu simpan, ada baiknya kamu mengatur garis waktu untuk mencapai tujuan kamu. Ini akan memberi kamu motivasi tambahan untuk memenuhi tujuan tabungan kamu.

Beberapa garis waktu sederhana; misalnya, kamu mungkin ingin berlibur atau kamu berencana untuk membayar uang muka rumah dalam dua tahun ke depan. Untuk sasaran lain — seperti menabung untuk pensiun atau dana darurat — kamu mungkin ingin menetapkan tolok ukur dan tanggal yang ingin kamu capai. Misalnya, kamu dapat menentukan bahwa kamu ingin memiliki Rp100.000.000 dalam rekening tabungan pensiun kamu pada saat kamu mencapai usia tiga puluh.

Tetapkan Tujuan Bulanan

Untuk mencapai timeline tujuan tabungan, kamu perlu menentukan berapa banyak yang harus kamu tabung setiap bulan untuk mencapainya. Ini seharusnya cukup mudah untuk sebagian besar tujuan kamu, tetapi akun pensiun kamu harus kamu sesuaikan sehingga kamu mempertimbangkan kontribusi dan tingkat pengembalian yang akan ditambahkan ke dalamnya.

Gunakan Alat Penghematan yang Tepat

Kamu juga harus menemukan jenis akun yang tepat untuk tujuan tabungan kamu. Jika kamu ingin menabung lebih dari lima tahun, kamu harus melihat reksa dana. Jika tidak, kamu harus mencari rekening tabungan tingkat pengembalian yang tinggi.

Tips Tambahan

Jika kamu berupaya lebih dari satu tujuan penghematan, kamu memiliki beberapa opsi. Kamu dapat memilih untuk memasukkan semua uang ke dalam satu rekening dan hanya memiliki catatan tentang tujuan pribadi. Atau kamu dapat memilih untuk memiliki rekening terpisah untuk tujuan tabungan kamu.

Misalnya, kamu dapat memilih untuk memiliki satu rekening tabungan yang hanya untuk dana darurat kamu, dan akun lain yang kamu gunakan untuk menabung untuk rumah atau liburan. Menabung untuk liburan dapat membantu kamu mencegahnya merusak anggaran kamu. Ini akan membantu melindungi uang yang kamu simpan untuk sasaran-sasaran itu jika kamu akhirnya perlu menggunakan dana darurat kamu.

Jika kamu berupaya mencapai tujuan yang lebih besar, kamu mungkin ingin memberi penghargaan pada diri sendiri ketika kamu mencapai beberapa tonggak dasar di sepanjang jalan. Ini dapat membantu kamu tetap termotivasi.

Beberapa rintangan sepanjang jalan dapat membantu kamu tetap termotivasi untuk tujuan yang lebih besar. Penting untuk memastikan tujuan kamu dapat dicapai sehingga kamu tidak berkecil hati dan tetap termotivasi.

Bacaan menarik lainnya:

Mace, Janice. (2007). Trip of a lifetime Money Management.

Yeske, D .(2010).Finding the planning in financial planning. Journal of Financial Planning, vol.23, no.9, pp40-51.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait