Jadikan Pensiun Dini sebagai Tujuan Investasi

Tujuan Investasi

Seorang wanita Jepang menjadi pembicaraan beberapa waktu lalu karena berhasil pensiun dini sebelum usia 35 tahun. Ia bisa melakukannya karena gaya hidup hemat yang dilakoni selama belasan tahun.

Meski terdengar hebat, tapi rasanya sulit diwujudkan jika kamu tipe yang masih suka nongkrong sana sini atau traveling ke berbagai lokasi. Tapi kamu juga enggak mau harus kerja keras sampai tua kan?

Karena itu, kamu harus jeli memanfaatkan uangmu agar bisa berlipat ganda. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan berinvestasi. Jadikan pensiun dini sebagai tujuan investasi dan motivasi mencari peluang.

Investasi bisa dilakukan dengan banyak cara yang sesuai dengan kemampuan. Dengan cara ini, kamu tetap bisa hidup nyaman sembari menyiapkan dana pensiun.

Kalau beban kantor terasa terlalu menyita waktu maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi Ajaib untuk melakukan investasi terbaikmu. Ketika kamu bekerja mengumpulkan uang, danamu juga dikelola supaya bisa berkembang. Hasil yang didapat bisa berkali lipat sehingga pensiun dini sebagai tujuan investasi bukan sekedar wacana.

Namun, tak ada salahnya kamu mengetahui pilihan investasi apa saja yang cocok bagi pemula. Berikut tiga cara berinvestasi untuk kamu yang masih awam.

Membeli Aset

Mengumpulkan uang dan dibelikan aset adalah cara paling tradisional dalam berinvestasi. Dengan ini uangmu tidak akan terbuang sia-sia dan nilainya bisa meningkat. Aset yang bisa diwujudkan seperti rumah, apartemen, tanah, kebun, dan emas.

Sejumlah aset tersebut nilainya cenderung naik sepanjang tahun. Jika kamu jeli, kamu bisa membeli lahan di lokasi yang diprediksi akan dikembangkan oleh pemerintah dan menjualnya lagi ketika harga melejit. Hanya saja, kekurangan investasi ini adalah sulit mencairkannya lagi sewaktu-waktu kamu perlu dana tuna

Reksa Dana

Investasi melalui reksa dana menjadi salah satu cara lain yang disarankan oleh para ahli kepada pemula. Ada berbagai startup yang bergerak di bidang financial technology (fintech) yang menyediakan jasa pengelolaan investasi termasuk Ajaib.

Nominal yang ditawarkan juga cukup rendah mulai dari Rp10.000. Selain itu, saran pengelolaan investasi juga bisa disesuaikan dengan pertimbangan pribadimu.

Kekurangan reksa dana adalah keuntungan yang tidak terlalu maksimal jika kamu kurang jeli menyimak pergerakan pasar. Fluktuasi pasar terjadi tanpa bisa diduga sehingga penting sekali memahami hal ini.

Ajaib bisa membantumu memberikan saran investasi dengan analisis pasar yang berbasis data namun gampang dipahami.

Peer to Peer (P2P) Lending

Melakukan investasi lewat Peer to Peer (P2P) Lending kini semakin diminati dengan banyaknya startup di bidang financial technology (fintech).

Sejumlah startup ini berperan sebagai marketplace tempat pemodal dan pemilik usaha yang saling membutuhkan bertemu. Jenis investasi ini juga sudah resmi dengan adanya perlindungan dari pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hanya saja, risiko kegagalan investasi dengan cara ini cukup tinggi. Karena sebagian besar usahanya masih baru dan belum kuat maka kemungkinan merugi dan tidak bisa mengembalikan pinjaman juga cukup besar.

Selain itu, kamu juga tidak bisa serta merta mencairkan uang yang kamu investasikan ketika dibutuhkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait