Jadikan Pensiun Dini sebagai Tujuan Investasi

Tujuan Investasi

Seorang wanita Jepang menjadi pembicaraan beberapa waktu lalu karena berhasil pensiun dini sebelum usia 35 tahun. Ia bisa melakukannya karena gaya hidup hemat yang dilakoni selama belasan tahun. Meski terdengar hebat, tapi rasanya sulit diwujudkan jika kamu tipe yang masih suka nongkrong sana sini atau traveling ke berbagai lokasi. Tapi kamu juga enggak mau harus kerja keras sampai tua kan? Karena itu, kamu harus jeli memanfaatkan uangmu agar bisa berlipat ganda. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan berinvestasi. Jadikan pensiun dini sebagai tujuan investasi dan motivasi mencari peluang.

Investasi bisa dilakukan dengan banyak cara yang sesuai dengan kemampuan. Dengan cara ini, kamu tetap bisa hidup nyaman sembari menyiapkan dana yang bisa digunakan untuk pensiun.

Kalau beban kantor terasa terlalu menyita waktu maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi Ajaib untuk melakukan investasi terbaikmu. Ketika kamu bekerja mengumpulkan uang, danamu juga dikelola supaya bisa berkembang. Hasil yang didapat bisa berkali lipat sehingga pensiun dini sebagai tujuan investasi bukan sekedar wacana.

Namun, tak ada salahnya kamu mengetahui pilihan investasi apa saja yang cocok bagi pemula. Berikut tiga cara berinvestasi untuk kamu yang masih awam.

Membeli Aset

Mengumpulkan uang dan dibelikan aset adalah cara paling tradisional untuk berinvestasi. Dengan ini uangmu tidak akan terbuang sia-sia dan nilainya bisa meningkat. Aset yang bisa diwujudkan seperti rumah, apartemen, tanah, kebun, dan emas.

Sejumlah aset tersebut nilainya cenderung naik sepanjang tahun. Jika kamu jeli, kamu bisa membeli lahan di lokasi yang diprediksi akan dikembangkan oleh pemerintah dan menjualnya lagi ketika harga melejit. Hanya saja, kekurangan investasi ini adalah sulit mencairkannya lagi sewaktu-waktu kamu perlu dana tuna

Reksa Dana

Investasi melalui reksa dana menjadi salah satu cara lain yang disarankan oleh para ahli kepada pemula. Ada berbagai startup yang bergerak di bidang financial technology (fintech) yang menyediakan jasa pengelolaan investasi termasuk Ajaib.

Nominal yang ditawarkan juga cukup rendah mulai dari Rp10.000. Selain itu, saran pengelolaan investasi juga bisa disesuaikan dengan pertimbangan pribadimu. Investasi reksa dana sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa kamu pilih sesuai dengan tujuan investasimu, mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, hingga reksa dana saham.

Reksa dana pasar uang merupakan instrumen pasar uang dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun. Bentuk instrumen investasinya bisa berupa deposito berjangka, sertifikat deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang, dan berbagai jenis investasi pasar uang lainnya. Tujuannya untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal. Risiko instrumen pasar uang relatif paling rendah dibandingkan reksa dana lainnya.

Reksa dana Pendapatan Tetap merupakan reksa dana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari aktiva finansial dalam bentuk efek utang atau obligasi. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil.

Reksadana campuran adalah jenis reksa dana yang mengalokasikan dana investasinya dalam portofolio yang bervariasi. Instrumen jenis ini bisa berbentuk saham dan dikombinasikan dengan obligasi, serta bertujuan untuk pertumbuhan harga dan pendapatan. Risiko reksa dana campuran bersifat moderat dengan tingkat pengembalian yang relatif lebih tinggi, dan risiko yang lebih tinggi juga.

Reksa dana saham adalah reksa dana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari aktivanya dalam bentuk efek yang bersifat ekuitas. Jenis investasu ini bertujuan untuk pertumbuhan harga saham atau unit dalam jangka panjang. Dan perlu diketahui, investasi ini memiliki risiko yang relatif lebih tinggi dengan tingkat pengembalian yang paling tinggi.

Kekurangan reksa dana adalah keuntungan yang tidak terlalu maksimal jika kamu kurang jeli menyimak pergerakan pasar. Fluktuasi pasar terjadi tanpa bisa diduga sehingga penting sekali memahami hal ini.

Ajaib bisa membantumu memberikan saran investasi dengan analisis pasar yang berbasis data namun gampang dipahami. Hanya dengan menyimpan dana di dalam Ajaib, seluruh dana yang kamu simpan akan dikelola dengan baik oleh manajer investasi profesional dan terbaik.

Peer to Peer (P2P) Lending

Melakukan investasi lewat Peer to Peer (P2P) Lending kini semakin diminati dengan banyaknya startup di bidang financial technology (fintech).

Sejumlah startup ini berperan sebagai marketplace tempat pemodal dan pemilik usaha yang saling membutuhkan bertemu. Jenis investasi ini juga sudah resmi dengan adanya perlindungan dari pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hanya saja, risiko kegagalan investasi dengan cara ini cukup tinggi. Karena sebagian besar usahanya masih baru dan belum kuat maka kemungkinan merugi dan tidak bisa mengembalikan pinjaman juga cukup besar.

Selain itu, kamu juga tidak bisa serta merta mencairkan uang yang kamu investasikan ketika dibutuhkan.

Investasi Saham

Memulai investasi saham memiliki risiko yang cukup besar, namun juga memiliki return atau keuntungan yang cukup besar. Investasi ini cocok sekali buat kamu yang ingin mempersiapkan dana pensiun. Kenapa? Karena saham merupakan investasi jangka panjang yang bisa memberikan kamu manfaat investasi di masa mendatang.

Namun, ketika kamu ingin memulai investasi ini, kamu harus benar-benar memahami dunia saham dan melakukan analisis yang tepat. Karena jika tidak, bukan keuntungan yang kamu dapatkan, namun bisa saja kerugian bahkan kehilangan seluruh nilai investasi yang kamu miliki. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek harga saham sebelum kamu membelinya.

Membeli Emas

Berinvestasi emas menjadi salah satu pilihan yang bisa membantu kamu mencapai tujuan investasi dengan jangka waktu panjang. Emas menjadi salah satu jenis investasi yang paling diminati sejak zaman dahulu. Di mana, nilai emas tidak pernah merosot dari tahun ke tahun, angkanya akan terus meningkat. Jika di awal 2019 harga emas sekitar Rp500 ribuan, kini di tahun 2020 sudah menginjank angka Rp700ribuan.

Secara umum, investasi emas ini bisa menjadi salah satu investasi tepat bagi kamu yang ingin mulai menabung untuk tujuan pensiun. Namun, bagi kamu yang ingin membeli emas, kamu juga harus menyiapkan tempat penyimpanan emas. Biasanya emas bisa kamu simpan di dalam deposit box, sehingga mempersulit orang lain untuk menemukannya. Selain menyimpan, kamu juga harus merawatnya dengan benar, agar harga emas tidak merosot saat kamu ingin menjualnya.

Investasi Surat Berharga (Obligasi)

Obligasi atau surat berharga merupakan investasi yang memperjualbelikan surat utang jangka menengah maupun jangka panjang. Di mana, obligasi berisi janji dari pihak yang menerbitkan Efek untuk membayar imbalan berupa kupon pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada akhir waktu yang telah ditentukan, kepada pihak pembeli obligasi.

Dengan memilih investasi jenis ini, kamu bisa memperoleh pendapatan tetap yang bertujuan untuk memberikan tingkat pertumbuhan nilai investasi yang relatif stabil dengan risiko yang relatif lebih stabil, dibandingkan dengan saham.

Investasi ini memiliki beberapa jenis yaitu obligasi pemerintah, obligasi korporasi, dan obligasi ritel. Apa perbedaannya?

Obligasi pemerintah merupakan obligasi dalam bentuk Surat Utang Negara yang diterbitkan Pemerintah Republik Indonesia dengan kupon tetap (seri FR- Fixed Rate), obligasi dengan kupon variable (seri VR –Variable Rate), dan obligasi dengan prinsip syariah/ Sukuk Negara.

Obligasi Korporasi merupakan surat utang yang diterbitkan Korporasi Indonesia baik BUMN maupun korporasi lainnya. Obligasi ini sama dengan obligasi pemerintah, di mana obligasi korporasi terbagi atas kupon tetap, kupon variabel, dan obligasi dengan prinsip syariah.

Sedangkan, obligasi ritel merupakan jenis obligasi yang diterbitkan Pemerintah dan dijual kepada individu atau perseorangan melalui agen penjual yang ditunjuk Pemerintah. Ada beberapa jenis obligasi ritel, yaitu ORI atau Sukuk Ritel.

Itulah beberapa jenis investasi yang bisa kamu terapkan mulai sekarang demi bisa mencapai tujuan untuk pensiun dini. Dengan memulai investasi secara rutin dan konsisten, kamu bisa mencapai tujuan investasimu dengan mudah, apapun investasinya. Jadi, jangan tunggu nanti, mulai investasi sekarang untuk raih keuntungan maksimal sejak dini!

Bacaan menarik lainnya:

UU No. 8 Tahun 1995. LN No. 64 Tahun 1995. TLN No. 3608


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait