Risiko Uang Tunai dan Tabungan Bank

Ajaib: Risiko Uang Tunai dan Tabungan Bank
Ajaib: Risiko Uang Tunai dan Tabungan Bank

Sudah bukan rahasia lagi bahwa berinvestasi adalah cara untuk membangun kekayaan. Persediaan uang yang menumpuk uang di rekening tabungan tidak akan membantumu menjadi jutawan, atau bahkan membantu kamu mencapai tujuan keuangan kamu.

Mengapa menabung di uang tunai atau di tabungan bank buruk? Mengapa berinvestasi adalah pilihan terbaik bila kamu ingin mengembangkan uangmu?

Pada salah satu esai yang ditulisnya, Warren Buffet berpendapat bahwa:

1. Setiap investasi dengan return yang lebih rendah dari inflasi adalah investasi yang buruk

Di Indonesia, inflasi secara konsisten lebih tinggi daripada bunga tabungan bank. Setiap tahunnya, Indonesia mengalami tingkat inflasi sekitar 3-4% per tahunnya. Bayangkan apabila kamu hanya menyimpan uang di bank. Biasanya, tabungan bank hanya menghasilkan bunga 0,5% setahun. Beberapa tabungan bahkan tidak memberikan bunga sama sekali! Wah, bayangkan kerugianmu bila tidak berinvestasi, dan fakta bahwa menabung di bank atau menyimpan uang tunai begitu saja justru malah mengurangi nilai uangmu.

Jika kamu ingin uangmu bertumbuh, kamu bisa mempertimbangkan untuk mempercayakan uangmu di berbagai instrumen investasi dengan pertumbuhan nilai lebih tinggi dari inflasi. Sebut saja reksa dana, saham, emas, maupun properti.

2. Memegang uang tunai atau menabung di tabungan bank adalah hal paling berisiko yang Anda dapat lakukan karena uang tunai dijamin akan kehilangan nilai seiring waktu

Memang, Rp100.000 di dompet Anda masih Rp100.000 setelah satu tahun – atau Rp100.500 di rekening tabungan bank. Namun, bayangkan saja, harga satu liter bensin sekarang sudah Rp10.400, bukan Rp8.400 lagi! Maka, kenaikan uangmu yang hanya Rp500 itu kurang berharga lagi,

3. Berinvestasi dalam reksa dana adalah investasi dalam aset produktif yang menciptakan kekayaan dari waktu ke waktu

Jika kamu tidak memiliki modal untuk berinvestasi emas, saham, maupun properti, kami menyarankan untuk berinvestasi di reksa dana. Ajaib membuka pintu akses terhadap investasi reksa dana, selebar-lebarnya untuk berbagai kalangan, terutama pemula. Investasi reksa dana online dari Ajaib menghadirkan kenyamanan yang sama dengan menyimpan uang di bank, yakni bebas setor dan tarik kapan saja.

Ada 3 faktor unik yang membuat investasi reksa dana menarik, yakni:

  • Mudah: Tidak perlu pengetahuan mendalam tentang ekonomi. Para tim profesional (Manajer Investasi) akan mengelola modal agar kamu mendapatkan hasil terbaik.
  • Transparan: Investor dapat melihat nilai investasi yang tercatat di portofolio. Naik-turunnya nilai investasi dapat diamati setiap hari, kapanpun, dan di manapun. Para investor juga mendapatkan dokumen hukum dari bank untuk menunjukkan kepemilikan unit reksa dana mereka.
  • Terjangkau: Tidak perlu memiliki modal besar untuk memulai. Mulai dari Rp 10.000, investor dapat memiliki portofolio yang terdiversifikasi seperti obligasi, saham, dll.

Investasi reksa dana memiliki potensi tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank. Mari bersama mengalahkan inflasi dengan download Ajaib sekarang.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait