Berapa Banyak Uang yang Anda Hilangkan Dengan Tidak Berinvestasi?

test alt text
Investasi adalah bagian penting dari rencana keuangan apa pun. Sayangnya, banyak orang tidak menginvestasikan tabungan mereka, berdalih dengan berbagai macam alasan untuk menjaga uang mereka keluar dari pasar investasi.
Tidak berinvestasi bisa melumpuhkan kesehatan finansial jangka panjang Anda. Untuk lebih memahami alasannya, mari kita lihat beberapa angka sehingga Anda dapat melihat dengan tepat kerugian Anda dengan tidak berinvestasi.
# Anda Akan Membutuhkan Dana Pensiun
Sebelum kita masuk ke perincian tentang kerugian Anda dengan tidak berinvestasi, penting untuk memahami kebutuhan Anda di masa depan. Bagi kebanyakan orang, tonggak finansial terbesar adalah hari Anda berhenti dari pekerjaan dan tidak kembali bekerja untuk selamanya. Tetapi sejak hari itu, Anda masih bertanggung jawab untuk membayar pengeluaran Anda, bahkan ketika gaji Anda telah berhenti masuk.
Pensiun memudar ke dalam ingatan, dan sebagian besar Milenial tidak pernah memilikinya. Sulit memenuhi kebutuhan dasar bagi banyak pensiunan, terutama jika Anda ingin mempertahankan standar hidup yang sama dalam masa pensiun.
Ketika Anda pensiun, Anda masih harus membayar makanan, pakaian, dan biaya hidup lainnya, tetapi kemungkinan dengan anggaran yang lebih kecil. Untuk membuat perbedaan dalam pendapatan, Anda akan membutuhkan dana pensiun. Dan tanpa investasi, dana pensiun itu hampir pasti tidak akan tumbuh cukup untuk mendukung kebutuhan penghasilan pensiun Anda.
# Biaya Tidak Berinvestasi 200 Ribu Per Bulan
Banyak orang mengatakan mereka tidak punya cukup uang untuk diinvestasikan, tetapi Anda tidak perlu menabung ratusan atau ribuan dolar per bulan untuk membuatnya berharga. Menabung sedikit bertambah. Mari kita lihat bagaimana jadinya 200 ribu jika Anda ingin menginvestasikannya.
Dengan mengabaikan Bunga yang diperoleh, 200 ribu per bulan akan menjadi 2,4 juta per tahun. Dalam 25 tahun, uang tersebut akan bertambah menjadi 60 juta. Tentu saja jumlah tersebut tidaklah sedikit. Akan tetapi, berkat kekuatan pasar saham, nilai tersebut bisa bertambah. Jika Anda menginvestasikan 2,4 juta pada akhir setiap tahun selama 25 tahun dan mendapatkan 10 persen, kira-kira dengan pengembalian tahunan IHSG dari waktu ke waktu, Anda akan memiliki 236 juta pada akhirnya. Jika Anda menginvestasikan 200 ribu secara otomatis setiap bulan alih-alih pada akhir tahun, Anda akan memiliki 265 juta pada akhir 25 tahun.
Biaya tidak berinvestasi 200 ribu per bulan selama karier Anda adalah lebih dari 200 juta! Ini bukan perubahan besar. Bayangkan seberapa jauh 200 juta masuk dalam masa pensiun. Bagi banyak orang, itu adalah penghasilan setahun.
Bahkan jika Anda memasukkan uang Anda ke dalam rekening tabungan, hasil yang Anda dapatkan tetap lebih rendah dibandingkan dengan berinvestasi di pasar modal. Suku bunga rekening tabungan terbaik saat ini adalah sekitar 1 persen, pada akhir 25 tahun menabung 200 ribu per bulan di awal setiap bulan, Anda akan mendapatkan 68 juta. Angka tersebut tentu lebih besar sedikit daripada Anda meletakkan uang Anda di bawah kasur. Akan tetapi, nilai tersebut masih lima kali lipat lebih rendah dari yang Anda dapatkan dengan berinvestasi di pasar modal.
Namun, uang tersebut tidak akan jauh bertahan pada masa pensiun Anda. Jadi mari kita lihat apa yang terjadi ketika Anda berinvestasi lebih dari 200 ribu sebulan.
# Biaya Tidak Berinvestasi Bertumbuh Dengan Kemampuan Anda untuk Menabung
Kemungkinan Anda menghabiskan setidaknya 1 juta per bulan untuk sesuatu yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Sebagai contoh, saya pernah berlangganan TV kabel, misalnya, tetapi kemudian memutuskan bahwa itu tidak bernilai. Jika Anda membatalkan kabel dan menginvestasikan 1 juta tersebut per bulan, Anda akan mengakhiri 25 tahun berinvestasi dengan hasil 1,3 miliar rupiah. Perhitungan ini dengan asumsi pengembalian tahunan rata-rata 10 persen per tahun, diperparah setiap bulan.
Tentu saja, dengan adanya inflasi berarti bahwa 1,3 miliar tersebut tidak akan pergi sejauh 25 tahun seperti sekarang. Jadi mari kita lakukan lebih jauh. Investasikan 50 juta per tahun selama 25 tahun dengan pengembalian rata-rata IHSG, Anda akan mendapatkan 1,3 miliar rupiah.
Jumlah di atas memang masih di bawah apa yang diperlukan oleh sebagian besar pensiunan, tetapi itu tentu akan membuat Anda lebih baik.
# Jangan Kalah dengan Mengabaikan Kekuatan Investasi
Bahkan Warren Buffet memulai dengan investasi pertamanya. Anda dapat menemukan daftar alasan untuk tidak berinvestasi, tetapi saya dapat memberi Anda 20.000 alasan Anda harus mulai berinvestasi setidaknya 200 ribu per bulan dan bahkan lebih banyak alasan untuk berinvestasi lebih banyak lagi.
Setiap hari Anda menunggu untuk berinvestasi, semakin Anda akan rugi. Berhentilah kehilangan dan mulailah membuat. Uang Anda tidak akan menghasilkan apa-apa kecuali Anda membuatnya berfungsi.
Share to :
Artikel Terkait