7 Langkah untuk Mencapai Kebebasan Finansial ala Dave Ramsey

Seorang wanita berbahagia ketika mencapai kebebasan finansial
Kebebasan finansial adalah salah satu tujuan keuangan yang kerap digaungkan oleh Dave Ramsey, salah satu konsultan keuangan dari Amerika Serikat yang sangat populer. Dave Ramsey terkenal karena nasihat-nasihat finansialnya yang sangat tegas. Sejauh ini, Ramsey telah mengeluarkan 7 buku-buku laris mengenai perencanaan keuangan.
 
Jika kamu sedang mencari tips untuk keluar dari jeratan hutang dan mencapai kebebasan finansial, nasihat Dave Ramsey bisa jadi solusi yang tepat buatmu. Salah satu prinsip yang dicanangkan Dave Ramsey untuk membantumu keluar dari lingkaran setan hutang-piutang adalah 7 Baby Steps.
 
Baby Steps yang diperkenalkan oleh Dave Ramsey menekankan untuk menyelesaikan permasalahan finansial dalam tujuh langkah penting. Strategi ini telah membantu banyak orang untuk meninggalkan kekhawatiran mereka terkait urusan finansial. Bukan hanya meninggalkan hutang, metode ini telah membantu banyak orang meningkatkan kekayaan mereka. Sekarang giliran kamu untuk melakukan perencanaan keuangan yang benar!
 

Baby Step 1: Sisihkan Rp10 Juta untuk Dana Darurat

Langkah pertama dari 7 Baby Steps adalah mengumpulkan paling sedikit Rp10.000.000,00 secepat mungkin. Uang ini nantinya akan berfungsi sebagai dana daruratmu
 
Dana darurat adalah persiapan finansial yang dapat kamu andalkan di saat-saat genting. Tanpa adanya dana darurat, besar kemungkinan kamu akan berhutang untuk dapat memenuhi kebutuhan keuangan yang tidak terduga.
 
Jika kamu mempertanyakan, ‘kebutuhan finansial macam apa yang berpotensi membuat aku berhutang?’, sangat banyak. Mulai dari kebutuhan medis mendesak dan mendadak yang tidak pernah kamu duga sebelumnya, kerusakan kendaraan, bahkan kamu mungkin saja kehilangan pekerjaan tanpa persiapan.
 
Dalam kondisi ini, dana darurat adalah kebutuhan utama bagimu. Adapun nominal dana darurat yang disarankan Dave Ramsey, minimal Rp10.000.000,00 adalah perhitungan kasar uang yang kamu butuhkan agar dapat menyelamatkan kondisi finansialmu setidak-tidaknya selama 3 bulan.
 
Jika kamu berhasil berhemat Rp10.000.000,00 simpan dana daruratmu di rekening yang terpisah dengan rekening utamamu. Pastikan dana darurat ini tidak tersentuh. Selain itu, dana darurat ini tidak boleh kamu investasikan. Harus berupa dana cair yang dapat kamu akses dengan cepat tepat ketika kamu membutuhkannya.
 
Perlu kamu pahami bahwa dana darurat ini tidak dimaksudkan untuk menghasilkan. Namun murni uang yang kamu simpan untuk berjaga-jaga.
 

Baby Step 2: Lunasi Semua Hutang

Langkah selanjutnya bisa jadi langkah yang terberat dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa kamu penuhi. Dalam tahap ini, pertama-tama kamu harus membuat daftar semua hutangmu, termasuk hutang kartu kredit dan juga hutang tanpa bunga kepada kerabat atau anggota keluarga terdekat.
 
Namun, di langkah ini hutang yang dimaksud tidak termasuk hutang cicilan rumah kamu. Khusus untuk hal ini akan dibahas di langkah-langkah akhir.
 
Urutkan semua hutangmu dari nominal terkecil hingga terbesar. Metode ini disebut dengan snowball hutang yang akan berguna untuk menghapus hutang-hutangmu satu per satu.
 
Selanjutnya, berjuanglah untuk melunasi hutang terkecil terlebih dahulu. Eliminasi setiap hutang semampumu setiap bulannya secara konsisten, tanpa alasan apapun. 
 
Jika kamu harus mencari pendapatan tambahan hingga menjual barang-barang berharga untuk membayar hutang-hutang tersebut, lakukan saja! Setelah hutang yang kecil lunas, segeralah lunasi hutang selanjutnya dengan nominal yang lebih besar.
 
Langkah ini memang tidak mudah. Namun, kamu tidak boleh berhenti memotivasi dirimu untuk terbebas dari segala hutang yang membelitmu. Jadikan setiap hutang yang lunas terbayar sebagai kemenangan kecil yang akan membuatmu haus untuk mencapai kemenangan-kemenangan yang lebih besar.
 
Bulatkan niat dalam dirimu untuk dapat melunasi daftar hutang yang telah kamu buat sendiri. Perlahan-lahan kamu pasti akan bisa menyapu bersih seluruh beban finansial yang satu ini.
 

Baby Step 3: Hemat 3 sampai 6 Bulan untuk Dana Darurat

Dalam prinsip kebebasan finansial ala Dave Ramsey, langkah ketiga kembali lagi memprioritaskan dana darurat. Langkah ini dilakukan ketika seluruh hutang kamu telah dilunasi.
 
Dalam langkah ini, kamu disarankan untuk memiliki dana darurat yang senilai dengan total pengeluaranmu selama 3 atau 6 bulan. Kembali lagi ke preferensi pribadi. Namun, memiliki dana darurat yang senilai dengan 6 bulan pengeluaranmu akan lebih menjamin keamanan finansial ketika kamu berada dalam kondisi genting.
 
Kamu sudah memiliki simpanan dana darurat Rp10.000.000,00 dari langkah pertama, jika pengeluaran bulananmu adalah Rp10.000.000,00 dan kamu memilih menyimpan dana darurat setara dengan 6 bulan pengeluaran maka kamu harus menambahkan Rp50.000.000,00 ke dalam simpanan dana darurat.
 
Prinsip dana darurat ini pun tidak berbeda dari yang dijelaskan di langkah pertama. Dana daruratmu tidak boleh diusik untuk alasan apapun kecuali untuk menopangmu dalam kondisi yang benar-benar mendesak.
 
Memang jumlah tersebut tidaklah sedikit, namun hal ini krusial untuk menghindarimu meminjam uang lagi ketika kamu terdesak. Inti utama dari kebebasan finansial adalah sebisa mungkin menghindari hutang. Maka, kamu harus punya perencanaan dan persiapan keuangan yang benar-benar matang dan dapat menopangmu bahkan dalam keadaan yang sangat sulit sekalipun.
 

Baby Step 4: Investasikan 15 persen Penghasilan untuk Dana Pensiun

Jika persiapan dana darurat telah terpenuhi, selanjutnya kamu perlu menyimpan 15 persen dari pendapatan bulananmu untuk diinvestasikan sebagai jaminan hari tua. Jaminan hari tua ini adalah dana yang akan menopangmu ketika memasuki usia pensiun.
 
Mungkin saat ini kamu masih berada di usia produktif di mana sebagian besar pendapatanmu masih kamu habiskan untuk foya-foya memenuhi kesenangan pribadi. Tapi akan ada saatnya kamu berhenti membuang uang dan berpikir tentang hari tua. Kamu tidak akan muda dan produktif menghasilkan uang selamanya. Siapa yang dapat menopangmu di hari tua selain dirimu sendiri?
 
Jangan sampai ketika nanti pemikiran itu menghampirimu, waktunya sudah terlambat dan kamu terpuruk tanpa simpanan yang cukup. Tua itu pasti, itulah mengapa kamu butuh mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin.
 
Memulai berinvestasi dengan tujuan menyiapkan dana pensiun adalah langkah yang sangat tepat dan bijaksana. Mungkin kamu termasuk ke dalam sebagian kecil generasi milenial yang sudah mempersiapkan kesejahteraan hari tua sedari umur 20an.
 
Aplikasi Ajaib menyediakan fitur khusus yang membantu kamu berinvestasi untuk mencapai tujuan dana pensiun ini. Dalam aplikasi Ajaib, jenis investasi untuk jaminan hari tua akan disesuaikan dengan umur kamu sekarang dan profil risiko yang kamu miliki.
 
Kamu akan mendapatkan rekomendasi produk-produk reksa dana jangka panjang terbaik yang sangat memudahkanmu dalam berinvestasi demi masa depan.
 

Baby Step 5: Persiapkan Dana Sekolah Anak

Setelah kamu melunasi seluruh hutangmu–kecuali cicilan rumah–dan mulai investasi reksa dana jangka panjang untuk dana pensiun. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anakmu.
 
Sekarang kamu jomblo dan belum tau kapan bisa membina rumah tangga? Lalu kamu berpikir bisa melewati langkah ini? Salah besar. Semakin dini kamu mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anakmu maka akan semakin lengkap jalanmu menuju kebebasan finansial.
 
Biaya pendidikan semakin mahal setiap tahunnya dan jumlahnya akan terus meningkat. Sementara pendidikan adalah hak dari buah hatimu nanti. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, semakin menua maka produktivitasmu akan semakin menurun. Jangan sampai kamu luput untuk merencanakan jenjang pendidikan anak-anakmu, setidak-tidaknya hingga bangku kuliah nanti.
 
Jika kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak yang sedang menempuh sekolah dasar atau sekolah menengah, langkah ini menjadi semakin penting lagi. Percepat persiapan biaya kuliah anak-anakmu dengan menabung lebih banyak!
 

Baby Step 6: Lunasi Cicilan Rumah Secepat Mungkin

Hal terakhir yang menghalangimu dari kebebasan finansial seutuhnya adalah cicilan rumah. Memiliki tempat tinggal adalah kebutuhan primer yang tidak bisa kamu hindari. Sayangnya, memiliki rumah sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
 
Bayangkan jika kamu harus melalui 20 tahun ke depan untuk membayar cicilan rumah setiap bulannya. Cukup membebani bukan? Oleh karena itu, ketika kamu paham bahwa kamu harus memiliki rumah sendiri, kencangkan ikat pinggangmu.
 
Kurangi kebiasaan-kebiasaan konsumtif dan mulai menabung lebih banyak untuk bisa membayar uang muka rumah yang besar dan mengambil cicilan yang lebih cepat.
 
Jika perlu, ambil pekerjaan sampingan yang dapat memberikan pemasukan tambahan. Sebesar apapun uang yang kamu sisihkan untuk membayar cicilan rumah akan meringankan bebanmu dari bunga yang berat. Hal ini sangat membantu kamu berhemat dalam jangka panjang.
 

Baby Step 7: Semakin Kaya dan Semakin Banyak Memberi

Ketika kamu tidak punya hutang dan terlepas dari beban finansial di masa depan, apa yang bisa kamu lakukan? Apapun! Dalam 7 Baby Steps yang diperkenalkan oleh Dave Ramsey, langkah terakhir adalah langkah yang paling menyenangkan.
 
Di tahap ini bisa dikatakan kamu telah mencapai kebebasan finansial. Jika berhasil masuk ke langkah terakhir, waktunya kamu memberi untuk orang-orang lain yang membutuhkan. Hal ini akan memperkaya dirimu, bukan hanya secara materiil, namun juga secara psikologis.
 
Siapkan warisan untuk anak-anakmu yang akan mengelola kekayaanmu selanjutnya. 
 
Namun, mencapai langkah terakhir ini sama sekali tidak mudah. Dibutuhkan kedisiplinan dan ketekunan selama bertahun-tahun untuk dapat menerapkan kebiasaan baik yang akan membawamu pada kebebasan finansial yang sesungguhnya.
 
Hal terpenting ketika kamu sudah dapat merealisasikan tujuan keuanganmu adalah untuk membantu orang lain memulai perjalanan mereka sendiri. Selamat berjuang!

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Artikel Terkait