7 Langkah untuk Mencapai Kebebasan Finansial ala Dave Ramsey

test alt text
Dave Ramsey adalah salah satu guru keuangan pribadi yang sangat populer. Buku-buku, kursus, dan program-programnya seperti The Total Money Makeover dan Financial Peace University telah membantu jutaan orang keluar dari hutang. Baby Steps karya Dave Ramsey ditujukan untuk membantu orang membunuh hutang dan menjadi stabil secara finansial.
Kemungkinan Anda mungkin pernah mendengar tentang 7 Langkah Dave Ramsey. Langkah-langkah ini adalah prinsip dan tindakan dasar yang dapat Anda ambil untuk kembali ke jalur finansial dan memperbaiki situasi keuangan Anda secara keseluruhan.
Bagaimana Anda bisa mengendalikan uang Anda? Satu langkah pada satu waktu! Jutaan orang telah meninggalkan kekhawatiran akan uang mereka dengan mengerjakan Dave’s Baby Steps. Sekarang giliran Anda untuk mulai mengelola uang dengan cara yang benar.
# Apa yang dimaksud dengan Baby Steps?
7 Baby Steps karya Dave Ramsey akan menunjukkan kepada Anda cara menabung untuk keadaan darurat, melunasi semua hutang Anda untuk kebaikan, dan membangun kekayaan. Itu bukan dongeng atau cerita yang bagus untuk orang lain. Ini adalah cara yang terbukti dan praktis bagi Anda untuk mengubah hidup Anda selangkah demi selangkah.
# Baby Step 1: Sisihkan 10 juta rupiah untuk Dana Darurat Pertama Anda
Pada langkah pertama ini, tujuan Anda adalah menghemat 10 juta secepat mungkin. Dana darurat Anda akan mencakup peristiwa-peristiwa kehidupan yang tidak terduga yang tidak dapat Anda rencanakan. Tanpa dana darurat, kebanyakan orang merasa harus berhutang untuk menutup biaya kejutan seperti pipa rusak atau tagihan medis.
Simpan dana darurat Anda di rekening bank yang terpisah sehingga Anda tidak akan membelanjakannya secara sengaja atau tidak sengaja pada hal-hal yang sebenarnya bukan keadaan darurat. Anda tidak ingin menggali lubang yang lebih dalam saat Anda berusaha keluar dari hutang. Jadi, bagaimana Anda memulai proses menabung untuk dana darurat Anda? Langkah pertama adalah membuat anggaran.
# Baby Step 2: Bayar Semua Hutang Anda
Sekarang saatnya untuk melunasi semua hutang buruk yang siap Anda singkirkan. Mulailah dengan mendaftar semua hutang Anda di luar pinjaman hipotek Anda. Hutang mobil, pinjaman mahasiswa atau kartu kredit. Atur urutannya dari terkecil hingga terbesar. Jangan khawatir tentang suku bunga kecuali dua hutang Anda memiliki saldo yang sama maka Anda akan mendaftar hutang dengan suku bunga yang lebih tinggi terlebih dahulu. Ini disebut metode snowball hutang, dan Anda akan menggunakannya untuk menghapus hutang Anda satu per satu.
Sekarang saatnya menyerang saldo pertama di daftar Anda. Bayar sebanyak yang Anda bisa setiap bulan sambil melakukan pembayaran minimum untuk hutang Anda yang lain. Jual semua yang Anda bisa, dapatkan pekerjaan kedua dan jual semua barang yang tidak terpakai! Anda ingin membuang pembayaran hutang itu dengan cepat. Saat Anda telah melunasinya, tambahkan pembayaran itu ke pembayaran bulanan pada hutang Anda berikutnya dan mulailah membayarnya.
Ini memang sebuah kerja keras, tapi seperti inilah kemenangannya. Kemenangan kecil yang Anda buat di awal akan membuat Anda termotivasi untuk mencairkan semua hutang Anda. Dan sebelum Anda menyadarinya, Anda sudah terbebas dari hutang.
# Baby Step 3: Hemat 3 sampai 6 Bulan dari Pengeluaran dalam Dana Darurat yang Didanai Sepenuhnya
Pada langkah ini, Anda telah berhasil melunasi semua hutang Anda. Sudah waktunya untuk mengambil uang yang Anda lemparkan ke hutang Anda dan membangun dana darurat Anda untuk menutupi 3 sampai 6 bulan dari pengeluaran Anda. Kedengarannya memang seperti banyak uang, tetapi memang seharusnya begitu.
Anda ingin ini melindungi diri Anda dari kejutan hidup yang lebih besar seperti kehilangan pekerjaan atau mobil mogok. Dengan uang yang dihemat sebanyak itu, Anda tidak perlu lagi berhutang untuk menutupi keadaan darurat ini. Masukkan tabungan ini ke dalam tabungan darurat atau akun pasar uang Anda sehingga Anda tidak akan tergoda untuk menyentuhnya.
# Baby Step 4: Investasikan 15% Penghasilan Anda untuk Pensiun
Pada langkah ini, sudah saatnya Anda serius tentang pensiun berapapun usia Anda. Ini adalah ketika Anda mengambil 15% dari pendapatan Anda dan mulai menginvestasikannya ke dalam pensiun Anda.
Jika Anda tidak terlalu yakin dengan apa yang Anda lakukan, seorang perencana keuangan profesional dapat membantu Anda menemukan dana yang tepat dan memastikan Anda berada di jalur yang benar.
# Baby Step 5: Simpan untuk Dana Sekolah Anak-Anak Anda
Pada langkah ini, Anda telah melunasi semua hutang kecuali rumah Anda dan mulai menabung untuk pensiun. Sekarang saatnya menabung untuk biaya kuliah anak-anak Anda. Menabung akan membuat Anda unggul dari permainan ketika anak remaja Anda lulus dari sekolah menengah. Jika anak-anak Anda sudah duduk di bangku SMA pun, Anda masih belum terlambat. Anda hanya perlu menyisihkan uang Anda sedikit lebih cepat.
# Baby Step 6: Bayar Rumah Anda Dini
Sekarang saatnya membawa semuanya pulang. Hanya ada satu hal lagi yang menghalangi kebebasan sepenuhnya dari hutang dan itu adalah pinjaman hipotek Anda. Bisakah Anda bayangkan hidup Anda tanpa pembayaran rumah?
Uang tambahan apapun yang Anda dapat gunakan untuk hipotek dapat menghemat puluhan (atau bahkan ratusan) bunga. Anda akan kagum dengan berapa banyak yang dapat Anda hemat dalam jangka panjang.
# Baby Step 7: Membangun Kekayaan dan Memberi
Anda tahu apa yang bisa dilakukan orang tanpa hutang? Apapun yang mereka inginkan! Baby Step 7 adalah langkah terakhir dan langkah yang bisa dibilang paling menyenangkan.
Sekarang Anda bisa hidup dan memberi seperti orang lain. Di sinilah Anda terus membangun kekayaan dan menjadi sangat murah hati. Bayangkan bagaimana rasanya meninggalkan warisan untuk anak-anak Anda dan anak-anak mereka. Itu semua mungkin sekarang karena Anda memiliki disiplin selama beberapa tahun.
Ketekunan dan kebiasaan baik Anda adalah apa yang akan membawa Anda ke sana. Terus tetapkan tujuan dan anggaran setiap bulan. Ketika Anda mencapai tujuan keuangan Anda, bantu orang lain memulai perjalanan mereka sendiri.
Share to :
Artikel Terkait