Panduan 5 Menit Cara Mengatur Dana Darurat

Seberapa baik Anda menangani keadaan darurat dalam hidup Anda sering kali bergantung pada seberapa siap Anda secara finansial. Dana Darurat dirancang untuk membantu Anda menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Dana darurat biasanya sekitar 3 sampai 6 bulan dari total biaya hidup Anda per bulannya.
Mengapa Anda membutuhkan dana darurat? Kehilangan pendapatan karena menjadi pengangguran tiba-tiba, masalah terkait kesehatan yang tidak akan ditanggung asuransi medis Anda, dan masih banyak lagi. Hal-hal ini dapat dengan mudah menyebabkan tekanan finansial dan dana darurat dapat berguna selama masa-masa ini.
# Apa seharusnya karakteristik dari dana darurat?
Likuid – Dana darurat harus dapat diakses dalam satu atau dua hari paling banyak karena Anda mungkin membutuhkan uang segera, dan juga cepat dicairkan.
Tetap – Jumlah yang Anda masukkan ke dalam dana darurat harus cukup untuk memenuhi pengeluaran 3 sampai 6 bulan.
Tidak volatil – Dana darurat bisa datang kapan saja dan volatilitas bukanlah sesuatu yang Anda inginkan dalam kasus ini.
# Mengapa pengeluaran selama 3 sampai 6 bulan?
Dalam kasus dana darurat, idealnya dana tersebut akan mendukung Anda selama peristiwa yang tak terduga dan membebani Anda secara finansial.
Sebagai aturan umum, keadaan darurat yang berlangsung selama 6 bulan tanpa penghasilan dapat membantu Anda mengatasi tekanan finansial. Di luar waktu ini Anda harus dapat menemukan solusi alternatif. Dana darurat diibaratkan seperti parasut untuk membuat Anda aman dari “kehancuran finansial”.
# Bagaimana cara membuat dana darurat dari awal?
Hitung pengeluaran bulanan rata-rata Anda dan kalikan angka itu dengan 6. Ini adalah angka target Anda.
Berdasarkan penghasilan Anda, putuskan berapa banyak yang mampu Anda sisihkan untuk dana darurat Anda.
Parkirkan angsuran dana darurat Anda di rekening tabungan terpisah, setoran tetap bank, atau dana utang yang lebih baik dengan rekam jejak yang baik.
Terus mengisi dana Anda sampai Anda mencapai target Anda yang dapat menutupi 3 sampai 6 bulan dari pengeluaran Anda.
Jangan sentuh dana ini sampai keadaan darurat menuntutnya.
# Haruskah Anda menginvestasikan dana darurat di pasar saham atau reksa dana saham?
Pasar saham memang membantu Anda menumbuhkan kekayaan Anda dalam jangka panjang. Namun, mengingat pasar saham tunduk pada volatilitas pasar, itu bukan ide yang baik untuk menempatkan cadangan dana darurat Anda ke dalam opsi investasi terkait saham.
# Apa pilihan investasi yang lebih baik?
Reksa dana pasar uang atau pendapatan tetap adalah pilihan yang lebih baik berkat likuiditas yang mudah dan volatilitas instrumen yang jauh lebih sedikit. Mengingat fakta bahwa Anda dapat menarik dengan cepat dari dana hutang, ini dapat memberikan pilihan yang baik untuk memarkir dana darurat Anda. Ini juga umumnya memberikan pengembalian yang lebih baik daripada bunga rekening bank tabungan (7 sampai 10% reksa dana pendapatan tetap dibandingkan dengan rekening bank tabungan 3%).
# Tips Dana Darurat
Gunakan kartu kredit Anda sebagai dana darurat
Kartu kredit Anda sebenarnya dapat menjadi pilihan dana darurat jangka pendek yang baik karena memungkinkan Anda akses langsung ke uang tunai sambil memberi Anda sebulan atau lebih untuk membayar iuran Anda. Karena itu, masuk akal untuk membayar iuran kartu kredit Anda tepat waktu dan menjaga batasnya gratis.
Dapatkan asuransi kesehatan Anda
Memiliki asuransi kesehatan memberikan dana darurat Anda dorongan virtual. Jika keadaan darurat Anda terkait dengan kesehatan, asuransi kesehatan dapat menangani biaya medis yang besar dan dapat menghemat banyak uang. Pilih asuransi kesehatan yang tidak menyediakan fasilitas rawat inap dan pembayaran tunai.
Share to :
Artikel Terkait