Panduan 5 Menit Cara Mengatur Dana Darurat

Perencanaan keuangan dapat diatur dari ponsel pintar
Ajaib: Ilustrasi Panduan 5 Menit Cara Mengatur Dana Darurat
 
 

Dana darurat adalah salah satu pos alokasi dana yang wajib kamu miliki untuk mengamankan keuangan. Kamu bisa mempersiapkan dana darurat dengan rutin menyisihkan besaran tertentu dari penghasilanmu. Selain itu, kamu juga harus bisa mengatur dana darurat agar tepat guna dan sesuai dengan peruntukannya.

Dana tersebut adalah bentuk perencanaan keuangan untuk membantumu menghadapi hal-hal yang tidak terduga di masa depan. Jumlah dana darurat biasanya sebesar tiga hingga enam kali lipat dari total biaya hidup bulanan kamu. Tujuannya agar kondisi keuanganmu tetap stabil apabila sewaktu-waktu mendapatkan masalah.

Uang itulah yang akan digunakan untuk kebutuhan hidup sembari kamu menyelesaikan problema yang dihadapi. Idealnya setiap orang sudah mengalokasikan besaran tertentu untuk dana darurat bahkan dari gaji pertamanya. Sayangnya masih banyak yang belum melakukannya tanpa menyadari risiko yang mengintai jika tidak memiliki dana ini.

Jika pun ada, banyak pula yang besaran dananya tidak sepadan dan belum ideal. Apakah kamu salah satu diantaranya? Jika iya, jangan teruskan sikap yang salah itu dan segera mengumpulkan dana darurat sebelum terlambat dan menyesal kemudian.

Untuk mempersiapkannya memang tidak bisa dilakukan secara instan. Namun paling tidak dengan kesadaran yang baru terbangun ini kamu akan punya motivasi untuk lebih disiplin menabung guna kebutuhan darurat ini.

Mengatur Dana Darurat Agar Terjamin Hingga di Masa Depan

Mengapa kamu membutuhkan dana darurat? Kehilangan pekerjaan dan menjadi pengangguran tiba-tiba, diagnosis penyakit yang tidak akan ditanggung asuransi medis, dan hal-hal lain yang tidak pernah kamu bayangkan akan terjadi di hidupmu seharusnya sudah lebih dari cukup untuk membuatmu sadar mengenai pentingnya persiapan keuangan darurat.

Apabila salah satu kejadian buruk itu menimpamu, bisa saja kamu akan kehilangan kemampuan untuk memiliki penghasilan. Misalnya saja dengan jatuh sakit, kamu terpaksa harus berhenti bekerja padahal biaya kebutuhan sehari-hari terus diperlukan. Belum lagi tambahan biaya pengobatan yang jelas tidak sedikit.

Hal-hal ini dapat dengan mudah menyebabkan tekanan finansial dan dana ini akan sangat berguna selama masa-masa genting. Karena itulah penting sekali untuk mengatur dana darurat agar kamu bisa bersiap menghadapi kemungkinan apapun di masa depan.

 #Karakteristik Dana Darurat

Dana darurat adalah salah satu pos penganggaran utama yang harus kamu penuhi selain biaya kebutuhan sehari-hari, tagihan, dan iuran bulanan asuransi. Setelah memiliki alokasi dana yang sesuai, barulah kamu bisa menyisihkan uang untuk memiliki instrumen investasi. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut adalah karakteristik dari dana darurat.

  • Likuid

Dana darurat harus dapat diakses dalam satu atau dua hari karena dalam kondisi genting, kamu pasti membutuhkan uang yang dapat cepat dicairkan.

  • Tetap

Jumlah uang yang kamu masukkan ke dalam dana ini harus cukup untuk memenuhi pengeluaran 3 sampai 6 bulan. Oleh karena itu, jangan sampai simpananmu terkena potongan berkala.

  • Tidak volatil

Dana ini harus bisa diakses kapan saja dan volatilitas atau perubahan harga karena fluktuasi pasar bukanlah hal yang akan memperkuat persiapan keuangan daruratmu.

#Mengapa Jumlahnya Harus Sebesar Pengeluaran Selama 3 sampai 6 Bulan?

Dalam kasus darurat, idealnya perencanaan keuangan kamu harus dapat menopang kamu selama peristiwa yang tak terduga tersebut berlangsung. Dana ini yang akan membantu kamu dari beban finansial yang berat.

Dana darurat diibaratkan seperti parasut untuk membuat kamu aman dari “kehancuran finansial”. Jika kamu memiliki penyelamat yang dapat menempatkanmu dalam kondisi aman setidaknya selama tiga bulan, kamu dapat memiliki waktu yang cukup untuk memikirkan jalan keluar utama dalam mengatasi masalah finansialmu. 

#Bagaimana Cara Menyiapkan Dana Darurat?

Hitung pengeluaran bulanan rata-rata kamu lalu kalikan enam. Angka yang keluar adalah target kamu! Berdasarkan penghasilanmu, putuskan berapa banyak yang mampu kamu sisihkan untuk perencanaan keuangan di masa darurat. Parkirkan angsuran dana darurat di rekening tabungan terpisah, setoran tetap bank dengan rekam jejak yang baik.

Terus setor sampai kamu mencapai target. Jangan sentuh dana ini sampai keadaan darurat menuntutnya!

#Haruskah Menginvestasikan Dana Darurat di Pasar Saham?

Pasar saham memang membantumu menumbuhkan kekayaan dalam jangka panjang. Namun, mengingat pasar saham tunduk pada volatilitas pasar, bukanlah ide yang baik untuk menempatkan cadangan dana untuk keadaan darurat ke dalam opsi investasi terkait saham.

#Apa Pilihan Investasi yang Lebih Baik?

Reksa dana pasar uang atau pendapatan tetap adalah pilihan yang lebih baik. Hal ini berkaitan dengan likuiditas yang mudah dan volatilitas instrumen yang jauh lebih sedikit. Kedua jenis reksa dana ini juga umumnya memberikan keuntungan yang lebih baik daripada bunga rekening tabungan bank. Reksa dana pendapatan tetap, contohnya, akan memberikanmu tujuh persen hingga 10 persen keuntungan dibandingkan dengan rekening tabungan bank yang hanya memberikan tiga persen keuntungan.

#Tips Untuk Mengatur Dana Darurat

  • Kartu kredit sebagai persiapan darurat

Kartu kredit kamu sebenarnya dapat menjadi persiapan keuangan darurat jangka pendek yang baik karena memungkinkan akses langsung ke uang tunai. Menggunakan kartu kredit sebagai alternatif persiapan keuangan darurat akan memberi kamu waktu kira-kira sebulan untuk mengatasi masalah finansial yang sedang kamu hadapi. Makanya, usahakan untuk selalu membayar kartu kreditmu tepat waktu dan usahakan untuk terbebas dari bunga kartu kredit.

  • Miliki asuransi kesehatan 

Memiliki asuransi kesehatan juga merupakan salah satu wujud persiapan keuangan darurat dalam hal kesehatan. Jika keadaan daruratmu terkait dengan kesehatan, asuransi kesehatan dapat menangani biaya medis yang besar dan dapat membuatmu menghemat banyak uang. Pilih asuransi kesehatan yang tidak menyediakan fasilitas rawat inap dan pembayaran tunai.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait