Tips Mudah Membuat Perencanaan Keuangan untuk Bekal Masa Tua

rencana keuangan
rencana keuangan

Beberapa cara bisa dilakukan untuk membuat perencanaan keuangan sebagai bekal masa tua. Rencana finansial ini dapat dilakukan dengan menyisihkan sebagian pendapatan dan berhemat.

Bila kamu saat ini masih berada dalam usia 20 tahun atau 30 tahun, mungkin kamu sudah mulai berpikir untuk membuat perencanaan keuangan sebagai bekal masa tua kamu. Salah satu yang kamu lakukan pastilah tidak jauh dari berhemat dan menabung agar kondisi keuanganmu sehat hingga di masa tua.

Mempersiapkan masa tua dengan menabung pastilah tidak cukup jika tidak dilakukan secara konsisten. Selain itu, pada masa tua kamu, kamu juga harus memikirkan sekaligus mempersiapkan tempat tinggal kamu, usaha apa yang akan kamu lakukan saat kamu sudah tidak produktif lagi dan pendidikan anak-anak kamu.

Jika kamu pekerja, kamu akan memasuki usia pensiun antara usia 60 tahun hingga 65 tahun. Oleh sebab itu kamu memiliki waktu sekitar 20 sampai 30 tahun untuk mengatur keuanganmu agar masa tua bisa terjamin.

Adalah suatu hal yang membahagiakan jika kamu dapat memiliki ekonomi yang tidak kekurangan dan terorganisir saat kamu tua. Selain sudah memiliki tempat tinggal, kamu juga mendapatkan pensiun yang diberikan secara bulanan atau yang diberikan secara langsung dalam jumlah besar. Inilah kemudian yang bisa kamu putar untuk usaha kamu di masa tua.

Lalu bagaimana cara membuat perencanaan keuangan yang benar sebagai bekal masa tua? Simak uraian berikut :

Disiplin Menabung

Menyisihkan sebagain gaji kamu untuk menabung adalah hal yang umum dilakukan saat masih berusia produktif. Namun terkadang sulit untuk mendisiplinkan diri dalam menyisihkan gaji untuk disimpan. Nah, ada baiknya jika kamu memanfaatkan produk perbankan auto debit agar otomatis kamu dapat menabung dengan disiplin.

Berhemat

Salah satu bentuk perencanaan keuangan adalah dengan berhemat dan mengurangi pengeluaran harian kamu. Misalkan saja mengurangi kebiasaan untuk makan di restoran setiap hari atau tidak membelanjakan uang untuk sesuatu yang tidak diperlukan.

Fokus pada Tujuan Menabung

kamu harus fokus untuk menyisihkan sebagaian uang kamu untuk ditabung. Carilah motivasi ketika kamu mulai lelah menabung dan mulai menghamburkan uang, Pikirkan kembali masa depan yang ingin kamu raih dengan perencanaan keuangan. Misalkan saja dengan menetapkan tujuan di masa tua ingin pergi haji, mendirikan usaha ataupun untuk jaga-jaga jika kamu memiliki riwayat penyakit kronis.

Manfaatkan Asuransi

Perencanaan keuangan untuk bekal masa tua tidak jauh dari asuransi. Selain dapat memudahkan kamu ketika tiba-tiba mengalami kondisi terburuk, PHK ataupun sakit keras, maka pihak asuransi akan mengcover biaya perobatan kamu. Hal ini sekaligus akan mengamankan tabungan masa depan kamu agar tidak tersentuh.

Investasi

Investasi juga perlu kamu lakukan dimana asset yang kamu miliki beragam. Ini sangat penting jika sewaktu-waktu kondisi moneter memburuk, sehinggan kamu masih memiliki asset. Investasi yang bisa kamu lakukan seperti reksadana, saham, emas dan valas.

Nah, itulah beberapa tips mudah untuk membuat perencanaan keuangan sebgai bekal hari tua. Masa muda tidak akan terulang lagi, jadi manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk manjamin masa depan dan masa tua kamu bahagia!

Bacaan menarik lainnya:

Mace, Janice. (2007). Trip of a lifetime Money Management.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait