Rencanakan Masa Pensiun Lebih Aman dengan BPJS Pensiun

Rencanakan Masa Pensiun Lebih Aman dengan BPJS Pensiun
Rencanakan Masa Pensiun Lebih Aman dengan BPJS Pensiun

Pernahkah kamu mendengar BPJS Pensiun? Ini merupakan jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang lebih layak untuk peserta atau ahli warisnya dan merupakan bagian dari program BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Pensiun ini sudah beroperasi sejak 1 Juli 2015. Program jaminan pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan pembayaran jangka panjang sebagai substansi dari penurunan atau hilangnya penghasilan karena peserta mencapai usia tua atau usia pensiun, mengalami cacat total tetap atau meninggal dunia.

Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan

Lalu bagaimana sih cara pendaftarannya? Perlu diketahui, pekerja baru wajib didaftarkan paling lambat 30 hari sejak mulai bekerja. Sementara pemberi kerja, dalam hal ini perusahaan wajib memungut dan menyetor iuran kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah Pemberi Kerja melaksanakan kewajibannya, BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan beberapa hal seperti:

1. Menerbitkan nomor kepesertaan bagi Pekerja paling lama 1 (satu) hari kerja setelah Iuran pertama dibayar lunas. Jika BPJS Ketenagakerjaan tidak menerbitkan nomor kepesertaan, maka bukti pembayaran Iuran digunakan sebagai bukti kepesertaan.

2. Memberikan kartu kepesertaan paling lama 7 (tujuh) hari kerja terhitung sejak tanggal nomor kepesertaan diterbitkan.

3. Menerbitkan sertifikat kepesertaan bagi Pemberi Kerja yang telah mendaftarkan seluruh Pekerjanya dalam jangka waktu paling lama 7 (tujuh) hari kerja terhitung sejak tanggal formulir pendaftaran diterima secara lengkap dan benar serta Iuran pertama dibayar lunas kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Pekerja Berhak Mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan

Pekerja berhak mendaftarkan dirinya sendiri kepada BPJS Ketenagakerjan, dengan mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan:

1. Perjanjian kerja,

2. Surat keputusan pengangkatan,

3. Bukti lain yang menunjukkan sebagai Pekerja;

4. Kartu Tanda Penduduk,

5. Kartu Keluarga.

BPJS Ketenagakerjaan melakukan verifikasi kepada Pemberi Kerja paling lama 7 hari kerja terhitung sejak tanggal pendaftaran dilakukan. Verifikasi tersebut membuktikan Pemberi Kerja nyata-nyata lalai tidak mendaftarkan, Pemberi Kerja dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berapa Iuran Bulanannya?

Iuran jaminan pensiun ini sebesar 35 dari upah pekerja per bulannya. Tentunya wajib dibayarkan setiap bulan. Besar iuran tersebut ditanggung bersama antara pekerja dan Pemberi Kerja selain penyelenggara negara. Di mana, pekerja menanggung 1% dari upah, sedangkan Pemberi Kerja sebesar 2%.

Besaran Iuran tersebut dilakukan evaluasi paling singkat tiga tahun untuk penyesuaian kenaikan besaran Iuran secara bertahap menuju 8% dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi nasional dan perhitungan kecukupan kewajiban aktuaria.

Berdasarkan Sosialisasi Ketentuan Batasan Upah dan Manfaat Jaminan Pensiun Tahun 2016 , maka mulai mulai Bulan Maret 2016, batas tertinggi upah yang dijadikan dasar perhitungan iuran Jaminan Pensiun adalah sebesar Rp7.335.300 per bulan.

Mekanisme pembayaran iuran mengikuti program paket. Pemberi kerja wajib membayar iuran paling lambat tanggal 15 di bulan berikutnya. Pemberi kerja yang tidak memenuhi ketentuan pembayaran iuran dikenakan denda sebesar 2 persen setiap bulan keterlambatan.

Jadi, pastikan bahwa kamu telah terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan dan telah melakukan pembayaran iuran BPJS Pensiun. Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih aman menghadapi masa tua nanti. Selain BPJS, kamu juga abisa memanfaatkan investasi dana pensiun. Di mana, bunganya akan jauh lebih tinggi dibanding BPJS. Pilih investasi masa pensiunmu sekarang di Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait