Mengenal Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan Lebih Dekat

jaminan pensiun
jaminan pensiun

Jaminan pensiun yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan ternyata merupakan produk yang terbilang baru dari BPJS Ketenagakerjaan. Produk BPJS ini baru dikeluarkan pada tahun 2015 dan yang wajib mengikutinya adalah perusahaan menengah ke atas.

Penjamin hari tua ini berbeda dengan produk-produk BPJS Ketenagakerjaan lainnya seperti Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Jaminan Hari Tua.

Ini adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentaang jaminan pensiun BPJS Ketenagakerjaan:

Berbeda dengan Jaminan Hari Tua

Persamaannya adalah sama-sama iuran dibayarkan oleh perusahaan untuk bekal tua karyawannya. Namun kedua jaminan ini sebenarnya punya perbedaan yang nyata. Jaminan Hari Tua bisa diambil kapan saja ketika sudah memasuki masa habis bakti pada perusahaan. Fungsinya seperti dana darurat yang bisa diambil sekaligus.

Namun, jaminan pensiun adalah simpanan yang nantinya akan dibayarkan kembali pada karyawan yang sudah pensiun per bulannya. Fungsinya sama seperti gaji. Jadi, kedua jaminan ini sama pentingnya.

Memiliki Manfaat yang Nyata

Manfaat dari jaminan pensiun adalah kamu tidak perlu repot-repot memikirkan hari tuamu yang akan mendapatkan uang setiap bulannya dari jaminan ini. Uang tersebut akan didapatkan sampai yang memiliki jaminan meninggal dunia.

Punya Batas Minimal Iuran 15 Tahun

Kamu yang mendaftar untuk ikut dalam program Jaminan Pensiun diberikan kewajiban minimum mengikuti program pembayaran iuran selama 15 tahun. Itu artinya selama bekerja, kamu wajib membayar iuran selama 15 tahun ke depan. Namun tenang saja karena iuran ini sebagian besar akan dibayari oleh perusahaan di mana kamu bekerja.

Jaminan Pensiun Bisa Diberikan kepada Ahli Waris

Jika karyawan yang mengikuti jaminan ini meninggal sebelum masa pembayaran minimum 15 tahun, maka uang jaminan pensiun akan tetap dibayarkan kepada istri atau anak yang menjadi ahli. Aturannya sama seperti Jaminan Pensiun pada umumnya, para ahli waris akan mendapatkan uang per bulannya hingga mereka meninggal dunia. Jadi, bisa dikatakan jaminan ini bermanfaat juga untuk mereka yang menjadi ahli waris peserta.

Jaminan Pensiun tidak Bisa Diberikan dalam Kondisi Tertentu

Ada orang-orang yang tidak bisa mendapatkan penjaminan ini dikarenakan alasan yang bermacam-macam. Namun, meski begitu uang dari iuran program akan tetap dibayarkan, tapi pembayarannya diakumulasikan dari iuran yang sudah dibayarkan.

Misalnya ketika peserta sudah memasuki masa pensiun, tapi tidak memasuki masa minimum pembayaran selama 15 tahun, maka pembayarakan akan dilakukan secara sekaligus. Lalu mengalami cacat total minimal setelah sebulan menjadi peserta, lalu peserta yang meninggal dunia kurang dari setahun setelah menjadi peserta.

Ketika Melakukan Klaim Pastikan Tahu Tentang Jenis Klaimnya.

Ketika karyawan berhak mendapatkan hasil dari Jaminan Pensiun, peserta harus tahu klaim yang akan dilakukannya. Klaim-klaim tersebut adalah Klaim Manfaat Pensiun Hari Tua, ini yang paling umum. Lalu ada Klaim Manfaat Pensiun Karena Cacat. Ada juga Klaim Manfaat Pensiun Bagi Janda/Duda, Klaim Manfaat Pensiun Bagi Orangtua, Klaim Manfaat Pensiun Bagi Anak. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait