Rumah Tangga Masa Kini

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Anti Ribet

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Anti Ribet

Saat ini cara klaim BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) tidaklah sulit bagi kamu yang mengalami Pemutusan Hak Kerja (PHK) karena masalah internal perusahaan atau pensiun. Adapun perusaha berkewajiban memberikan jaminan masa depan kepada para pekerjanya yang terkena PHK ataupun pensiun dengan program BPJS TK, Jaminan Hari Tua (JHT).

JHT akan diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya dengan menyetorkan sejumlah uang dengan nominal tertentu setiap bulanannya ke rekening JHT karyawan. Selanjutnya sebagai bukti jumlah saldo JHT, BPJS akan mengirimkan laporan jumlah saldo JHT secara berkala kepada perusahaan untuk diberikan kepada karyawan. 

BPJS Ketenagakerjaan yang sebelumnya bernama Jamsostek sampai saat ini terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Peningkatan layanan juga dilakukan BPJS TK dengan memberikan kemudahan layanan bagi para pesertanya termasuk cara klaim BPJS Ketenagakerjaan yang lebih mudah.

Nah, bagi kamu yang saat ini berencana untuk mencairkan saldo JHT, kini saldo JHT bisa kamu ambil dengan ketentuan pengambilan 10%, 30%, hingga 100% dari saldo yang kamu miliki tanpa perlu menunggu hingga usia kepesertaan mencapai 10 tahun atau dengan minimal usia 56 tahun. 

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Nah, jika kamu berencana untuk mencairkan saldo JHT, berikut cara klaim BPJS Ketenagakerjaan mudah:

  1. Jika kamu sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan ingin mencairkan dana JHT, maka status kepesertaan BPJS Tenaga Kerja kamu harus di non-aktifkan. Penonaktifan kepesertaan BPJS TK juga hanya bisa dilakukan oleh perusahaan tempat peserta bekerja. Kepesertaan BPJS TK akan di non-aktifkan jika kamu keluar dari perusahaan dan iuran BPJS tidak dibayarkan lagi oleh perusahaan.
  2. Keluarnya kamu dari perusahaan karena PHK, pengunduran diri, atau pensiun memiliki kedudukan yang sama dan berhak atas pencairan dana dalam saldo BPJS TK kamu. 
  3. Saldo JHT kamu akan dapat dicairkan setelah satu bulan masa tunggu sejak kamu mengajukan permohonan pencairan saldo JHT dan melengkapi persyaratan pencairan dana JHT. 

Syarat Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Lalu, cara klaim BPJS Ketenagakerjaan juga memerlukan kelengkapan syarat atau dokumen yang dibutuhkan seperti:

  1. Fotokopi kartu BPJS Ketenagakerjaan beserta kartu aslinya.
  2. Fotokopi dan KTP atau paspor peserta.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) beserta aslinya.
  4. Fotokopi dan buku tabungan bank asli.
  5. Fotokopi dan Paklaring (surat keterangan berhenti bekerja) asli.
  6. Fotokopi dan Surat keterangan berhenti bekerja (paklaring) asli.

Langkah Klaim BPJS Ketanagkerjaan

Selanjutnya untuk proses pencairan dana JHT, saat ini ada 2 cara klaim BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kamu tempuh yakni:

a. Datang langsung ke kantor BPJS TK

Alternatif pertama jika kamu ingin mencairkan dana JHT kamu adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Mengambil nomor antrian dan kemudian menyerahkan dokumen persyaratan pencairan JHT. Namun, jika kamu datang langsung ke kantor BPJS TK, datanglah sepagi mungkin, agar kamu tak perlu mengantre panjang.

Prosesnya juga cukup memakan waktu dan tenaga di mana jika kuota antrian sudah full, maka kamu harus datang kembali besoknya. Selain itu, kamu juga harus mengisi form data diri kamu secara manual dan kemudian melengkapi berbagai fotokopi dan legalisir yang harus kamu lakukan. 

b. Melalui situs resmi BPJS TK

Cara selanjutnya yang cukup mudah adalah mengambil nomor antrian melalui situs resmi BPJS TK secara online dengan mendaftarkan identitas kamu secara online. Selanjutnya kamu tinggal memilih lokasi kantor BPJS TK terdekat dari lokasi kamu dan kemudian kamu hanya perlu memilih tanggal dan jam-nya. 

Sistem ini, memang memudahkan untuk meminimalisir antrian, hanya saja metode yang kamu lakukan di kantor BPJS TK juga harus mengisi form klaim JHT dan mengikuti prosedur manual lainnya. Termasuk foto copy berkas dan persyaratan pencairan JHT lainnya.

c. Melalui aplikasi resmi BPJS TK 

Dengan aplikasi BPJS TK yang bisa kamu install ke smartphone kamu, maka prosedur atau cara klaim BPJS Ketenagakerjaan untuk dana JHT kamu akan sangat mudah dilakukan. Cukup menginstal aplikasi BPJS TK melalui Google Play Store dan kemudian mendaftar dengan mengisikan nomor plish BPJS TK kamu, menulis emai dan mengisi password.

Selanjutnya kamu tak perlu repot untuk mengisi formulir secara manual, karena melalui e-KTP data kamu akan otomatis masuk ke sistem BPJS TK. Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi ini jelas lebih praktis dan cepat karena peserta tak perlu mengantri dan bisa mengisi data dari rumah.

Bacaan menarik lainnya:

Smith, K.K. & Berg, D.N. (1987), Paradoxes of Group Life: Understanding Conflict, Paralysis, and Movement in Group Dynamics, San Francisco, CA: Jossey-Bass.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait