Ajaib.co.id – Di tengah badai gelombang perumahan karyawan dan PHK di dunia, khususnya Indonesia, krisis ekonomi yang sudah mulai meradang sejak tengah tahun lalu akibat perang dagang global, kini semakin terasa menghantui masyarakat luas. Apalagi semenjak pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia. Pandemi ini sangat berdampak bagi ekonomi di Indonesia dan membuat banyak karyawan terkena PHK atau dirumahkan.
Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika kamu adalah salah satu dari mereka, kesampingkan dulu rasa stress, segera luangkan waktu untuk menyiapkan paklaring, karena akan menjadi salah satu solusi jitu bagi problem finansial yang mendadak kamu hadapi gara-gara pandemi yang disebut Pak Jokowi sebagai bencana Non-Alam ini.
Apakah Itu Paklaring?
Paklaring adalah sebuah surat keterangan yang kontennya berupa pernyataan resmi bahwa seorang tenaga kerja pernah bekerja di suatu lembaga atau badan usaha, dengan posisi atau jabatan tertentu selama masa kerja yang tertentu pula.
Informasi mengenai kapan tenaga kerja itu mulai bekerja hingga akhir masa kerjanya juga bisa dibaca pada surat paklaring. Rincian keterangan lainnya mengenai tenaga kerja itu pun bisa dilihat di isi surat yang resmi dirilis oleh perusahaan pada saat masa kerja seorang tenaga kerja telah berakhir.
Manfaat Surat Paklaring
Banyak sekali manfaat nyata yang dapat diperoleh seorang tenaga kerja yang baru di-PHK dengan memiliki surat keterangan ini untuk berbagai keperluan. Di antaranya adalah:
- Sebagai surat bukti pengalaman kerja dan memberikan kinerja yang baik sesuai ekspektasi perusahaan selama masa kerja.
- Menjadi surat pengalaman kerja dan dokumen lamaran kerja, agar mendapat peluang lebih besar untuk diterima di tempat kerja baru. Walaupun tidak semua perusahaan meminta surat paklaring sebagai syarat melamar kerja, sebagian besar pelamar yang sudah punya jam terbang tinggi untuk posisi supervisor ke atas akan dimintai surat ini, sebagai bukti pendukung bahwa kamu pernah bekerja di perusahaan yang tertera di CV, dan umumnya surat tersebut wajib dilampirkan bersama CV, atau setelah tes wawancara selesai.
- Bukti yang menegaskan bahwa tidak pernah menerima pemecatan karena keterlibatan dalam hal yang sifatnya merugikan perusahaan.
- Bukti bahwa tenaga kerja tersebut memang melakukan proses pengunduran diri karena inisiatif pribadi dan bukan karena pelanggaran.
- Persyaratan kelengkapan untuk pencairan dana JHT Jamsostek BPJS Ketenagakerjaan.
- Sebagai syarat pengajuan beasiswa jalur profesional, guna melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi seperti S2 dan S3, yang wajib dilampirkan bersama surat rekomendasi dari mantan atasan kamu.
- Persyaratan kelengkapan dokumen pendukung bagi pengajuan pinjaman kredit ke bank, selain bukti salinan slip gaji. Baik itu Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kendaraan Bermotor (KRB), hingga Kredit Pemilikan Rumah (KPR), semuanya membutuhkan surat paklaring.
- Kamu juga bisa menggunakan surat ini sebagai persyaratan kelengkapan dokumen pendukung bagi pembuatan kartu kredit, yang bisa menambah tingkat kredibilitas kamu.
Fungsi Paklaring
Bukan hanya untuk mencairkan program JHT dalam BPJS Ketenagakerjaan. Namun, dokumen ini penting dan memiliki berbagai macam fungsi. Apa saja fungsi surat paklaring? Simak selengkapnya di bawah ini.
1. Pencairan Dana JHT
Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa surat paklaring ini bisa kamu gunakan untuk mencairkan Jaminan Hari Tua atau JHT dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Di mana, bagi kamu yang ingin mencairkan JHT, maka kamu wajib melampirkan surat paklaring dan menunjukkan dokumen aslinya ketika proses verifikasi. Jadi, pastikan ketika kamu resign atau di PHK, kamu telah meminta perusahaan untuk menerbitkan surat paklaring kamu.
2. Melamar pekerjaan
Surat paklaring biasanya juga akan diminta perusahaan baru ketika kamu mengirimkan CV atau setelah wawancara sebagai bukti bahwa kamu benar pernah bekerja di perusahaan tersebut. Meski tidak semua perusahaan akan meminta dokumen ini, namun sebagian besar pelamar yang memiliki posisi supervisor ke atas akan diminta dokumen ini sebagai bukti. Jadi, mulai sekarang simpan dokumen penting ini. Jangan sampai kehilangan kesempatan kerja di jabatan tinggi hanya karena tidak memiliki surat ini.
3. Pengajuan beasiswa jalur profesional
Bagi kamu yang ingin meneruskan pendidikan dengan mengajukan beasiswa melalui jalur profesional, kamu juga perlu memiliki surat paklaring. Biasanya pemberi beasiswa dari pemerintah atau pihak swasta, atau pemerintah asing akaan meminta surat paklaring yang akan digunakan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi S2, doktoral, atau master. Selain itu, kamu juga akan dimintai referensi dari atasan kamu.
4. Pengajuan pinjaman bank
Syarat untuk mengajukan pinjaman bank, seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah berstatus karyawan. Hal ini dilakukan untuk meyakini lembaga perbankan bahwa kamu bisa membayar cicilan dan telah memiliki penghasilan tetap. Oleh karena itu, sebagai bukti calon debitur memiliki pekerjaan, maka dibutuhkan paklaring sebagai dokumen pendukung selain slip gaji.
5. Pengajuan kartu kredit
Sama halnya dengan pengajuan pinjaman, pengajuan kartu kredit juga membutuhakn surat keterangan kerja atau paklaring. Di mana, surat inilah yang berfungsi sebagai penanda bahwa calon pemegang kartu kredit tersebut sanggup membayar tagihan per bulan.
Syarat Pencairan BPJS Ketenagakerjaan
Manfaat ke-5 itulah yang akan bisa menjadi solusi bagi problem finansial yang sedang kamu hadapi saat ini. Walaupun mungkin saat ini kamu belum berhasil mendapatkan pekerjaan baru, setidaknya kamu bisa mengurus pencairan dana JHT Jamsostek BPJS Ketenagakerjaan milikmu, agar bisa digunakan sebagai dana tahanan selama periode krisis pandemi.
Jika surat itu sedemikian pentingnya, apa sih konsekuensinya jika kamu tidak mengantongi surat paklaring saat masa kerjamu telah habis? Kamu akan kehilangan uang iuran yang selama masa kerjanya dipotongkan dari gaji tiap bulannya untuk membayar BPJS Ketenagakerjaan.
Supaya datanya tetap valid dan sah, surat penting ini harus dilegalisir oleh perusahaan yang bersangkutan. Kemudian digandakan atau difotokopi supaya dana JHT bisa dicairkan 100%. Maka, saat membuat surat ini lebih baik sekaligus digandakan dan langsung dilegalisir pada saat kamu sedang mengurus surat ini.
Bagi karyawan yang melakukan resign sebelum tahun 2015, proses legalisir dari perusahaan saja sudah cukup. Namun, proses legalisir harus dilanjutkan ke dinas tenaga kerja yang menaungi perusahaan tersebut, apabila proses resign dilakukan setelah tahun 2015. Guna mendapatkan legalitas, maka data tanggal akhir masa kerja yang tertera di surat paklaring haruslah sama dengan yang tertera di dokumen kantor BPJS Ketenagakerjaan.
Persyaratan Mendapatkan Surat Paklaring
Persyaratan minimum yang harus kamu penuhi sebagai tenaga kerja agar perusahaan tempatmu bekerja bisa mengeluarkan surat paklaring adalah: masa kerja minimal satu tahun. Di samping itu, jika kamu yang memutuskan resign, maka kamu wajib menyelesaikan semua bentuk tanggung jawabmu terlebih dahulu, sebelum berhenti bekerja. Terakhir, penyebab berakhirnya masa kerja kamu bukanlah karena dipecat, melainkan keluar secara baik-baik.
Contoh Surat Paklaring
Di bawah ini adalah contoh paklaring, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
1. Format paklaring bahasa Indonesia
PT Indonesia Merdeka Jl. Fatmawati IV No. 157, Jakarta Selatan, DKI Jakarta (021)1234 5678 email: cs@indonesiamerdeka.com SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA No. 228/XI/HR/2022 Yang bertanda tangan di bawah ini: Nama : Santo Budiman Jabatan : Direktur PT Indonesia Merdeka Alamat : Jl. Fatmawati IV No. 157, Jakarta Selatan, DKI Jakarta Menerangkan bahwa yang bersangkutan di bawah ini: Nama : Mawar Maharani Jabatan. : Asisten Manajer Alamat : Jl. Biru IV, Bogor, Jawa Barat Telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 20 April 2018 sampai 31 Desember 2021, dengan jabatan terakhir sebagai Asisten Manajer. Selama menjadi bagian dari perusahaan kami, saudari Mawar Maharani menunjukkan dedikasi serta loyalitas terhadap perusahaan. Tidak hanya itu, yang bersangkutan juga tidak pernah melakukan tindakan yang merugikan perusahaan. Adapun proses pengunduran diri ini dilakukan secara baik atas keinginan sendiri dari yang bersangkutan.Kami ucapkan terima kasih dan mengharapkan yang bersangkutan lebih sukses di dalam perjalanan kariernya. Terima Kasih Santo Budiman Direktur PT Indonesia Merdeka |
Format paklaring kerja dalam bahasa Inggris
PT Indonesia Merdeka Jl. Fatmawati IV No. 157, Jakarta Selatan, DKI Jakarta (021)1234 5678 email: cs@indonesiamerdeka.com WORK EXPERIENCE CERTIFICATE No. 228/XI/HR/2022 The undersigned below: Name : Santo Budiman Position : Director of PT Indonesia Merdeka Address : Jl. Fatmawati IV No. 157, Jakarta Selatan, DKI Jakarta explained that: Name : Mawar Maharani Position : Assistant Manager Address : Jl. Biru IV, Bogor, Jawa Barat This is to confirm that Ms. Mawar Maharani has been employed by PT Indonesia Merdeka as Assistant Manager during the period of April 20, 2018, to December 31, 2021. Ms. Mawar Maharani fulfilled her task to our satisfaction. She is reliable, honest, and loyal. Her work as Assistant Manager was excellent and she has always been a good team player. We thank Ms. Mawar for her service and wish for success in her future endeavors. Best Regards, Santo Budiman Director of PT Indonesia Merdeka |
Solusi Jika Perusahaan Tidak Memberikan Surat Keterangan Kerja
Strategi yang harus kamu lakukan apabila perusahaan tempat kamu bekerja tidak bersedia merilis surat paklaring, adalah memintanya kepada perusahaan secara baik-baik, menjelaskan bahwa kamu memahami hal-hal yang menjadi pertimbangan perusahaan, namun di saat yang bersamaan juga memberikan pengertian pada perwakilan perusahaan bahwa proses kamu keluar dari pekerjaan adalah dengan cara yang baik.
Jangan buang-buang waktu untuk stress, karena mengurus perilisan paklaring akan membutuhkan energi, fokus dan ketelitian kamu. Jika pengurusannya sudah selesai, maka kamu akan semakin dekat dengan dana Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan yang menjadi hak kamu.
Dengan begitu, masalah finansialmu akan menemukan solusi, bahkan juga bisa terus mengembangkan portfolio investasimu dengan platform investasi yang multifungsi seperti Ajaib, yang memungkinkan investasi saham dan reksa dana sekaligus dalam 1 aplikasi, biaya beli saham s/d 50% lebih murah, dan daftar 100% online tanpa biaya minimum.
Ajaib adalah pilihan super smart bagi investor Milenial karena telah mendapat penghargaan dari Asia Forbes, Fintechnew Singapore, Dunia Fintech dan Top 10 Startups from Y Combinators TechCrunch.