Asuransi & BPJS, Rumah Tangga Masa Kini

Mau Berobat ke Rumah Sakit Siloam? Ini Dia Rincian Biayanya!

Sumber: Siloam Hospitals

Ajaib.co.idRumah Sakit Siloam adalah salah satu rumah sakit di Indonesia yang diketahui memiliki fasilitas medis yang lengkap. Oleh sebab itu, rumah sakit satu ini seringkali dikunjungi oleh pasien yang menderita berbagai penyakit dari yang ringan hingga berat sekalipun.

Mendengar kata rumah sakit saja, mungkin bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia sudah membuat mereka takut. Lantaran, biaya pengobatan di rumah sakit terbilang sangat mahal. Belum lagi, adanya inflasi yang membuat biaya kesehatan setiap tahun semakin mahal saja.

Menurut survei yang dilakukan Willis Tower Watson, biaya kesehatan tahun 2021 diperkirakan akan mengalami kenaikan hingga 12% di Indonesia. Prediksi kenaikan inflasi biaya kesehatan ini tentunya lebih tinggi dibanding kenaikan rata-rata gaji karyawan di Indonesia. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa biaya kesehatan di Indonesia terbilang mahal.

Namun, saat ini semua masyarakat bisa mengakses fasilitas kesehatan melalui program kesehatan yang diterbitkan oleh pemerintah yakni BPJS Kesehatan. Apa itu BPJS Kesehatan?

BPJS adalah asuransi kesehatan milik pemerintah, di mana program ini wajib diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dengan memiliki kartu BPJS Kesehatan, seluruh masyarakat bisa berobat di klinik, puskesmas, hingga rumah sakit. Tetapi, untuk bisa memanfaatkan asuransi kesehatan pemerintah ini secara maksimal. Masyarakat perlu memahami bagaimana mekanisme penggunaan kartu BPJS tersebut.

Fasilitas Layanan Rumah Sakit Siloam

Sebagai salah satu rumah sakit top di Indonesia, Rumah Sakit Siloam diketahui memiliki sejumlah fasilitas atau layanan yang meliputi:

  • UGD 24 jam.
  • Kendaraan ambulans.
  • Fasilitas rawat inap.
  • Layanan diagnostik.
  • Layanan laboratorium.
  • Layanan radiologi.

Keenam fasilitas di atas adalah layanan kesehatan yang dimiliki oleh Rumah Sakit Siloam.  Kamu bisa mengunjungi rumah sakit satu ini untuk memenuhi berbagai kebutuhan kesehatan mulai dari medical check up, kemoterapi, operasi caesar, MRI scan, dan lain sebagainya.

Daftar Biaya Rumah Sakit Siloam

Berdasarkan penelusuran redaksi Ajaib dari berbagai sumber, biaya pengobatan di rumah sakit satu ini ternyata tidak semahal seperti orang di luar sana bayangkan. Mengapa? Karena rumah sakit terkenal satu ini juga menerima pasien BPJS untuk memperoleh pelayanan kesehatan layaknya seperti para pasien rumah sakit pada umumnya.

Untuk biaya rawat inap untuk kelas 3, perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan sebesar Rp300 ribu per hari, kelas 2 sebesar Rp750 ribu per hari, dan kelas 1 sebesar Rp1 juta per hari. Sedangkan, untuk kelas VIP, VVIP, Executive Suite, Presidential Suite mulai dari Rp2 juta per hari. Bagaimana dengan biaya kesehatan lainnya?

Bagi milenial yang masih memiliki seorang anak kecil, milenial bisa membawa sang buah hati untuk melakukan vaksinasi anak di rumah sakit ini mulai dari Rp100 ribu. Sedangkan, bagi pasangan milenial yang ingin mengecek kondisi bayi dalam kandungan bisa melakukan USG kehamilan atau USG 4 dimensi mulai dari Rp200 ribu.

Selain itu, bagi milenial yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin di Rumah Sakit Siloam. Milenial bisa memilih paket medical check up mulai dari Rp1 juta. 

Rumah Sakit Siloam Menerima BPJS

Bagi masyarakat yang tidak memiliki fasilitas kesehatan seperti asuransi, masyarakat bisa memanfaatkan asuransi pemerintah yakni BPJS untuk mendapatkan perawatan kesehatan di rumah sakit ini. 

Untuk bisa berobat dengan BPJS di rumah sakit ini, masyarakat perlu memiliki surat rujukan terlebih dahulu dari klinik yang menjadi Faskes Tingkat I berdasarkan nama klinik yang tertera di kartu BPJS. Setelah berkonsultasi dengan dokter yang ada di klinik tersebut, jika milenial memang membutuhkan perawatan yang lebih intensif, pihak klinik akan membuat surat rujukan. 

Bila berdasarkan surat rujukan tersebut, kamu diarahkan ke Rumah Sakit Siloam. Kamu bisa mendaftarkan diri secara online lewat situs resmi rumah sakit tersebut https://bpjs.siloamhospitals.com/reference/reservation. Isi secara lengkap seluruh informasi yang diminta di situs tersebut, dan ikuti semua tahapan pendaftarannya, termasuk mengupload kartu BPJS, swafoto KTP, dan KTP. Pastikan bahwa format file yang diupload hanya dalam bentuk JPG dan PDF (maksimal 5MB per file).

Siapkan Dana Darurat Agar Biaya Rawat Inap Lebih Ringan

Biaya kesehatan termasuk ke dalam pos keuangan yang tidak terduga. Di mana, masalah kesehatan bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal waktu dan usia. Walaupun begitu, kamu bisa mempersiapkan dana untuk biaya kesehatan sedini mungkin dengan mempersiapkan dana darurat. Dana darurat adalah pilihan tepat bagi milenial di luar sana yang tidak tercover dengan fasilitas kesehatan seperti asuransi, dan hanya mengandalkan fasilitas BPJS saja.

Berapa jumlah dana darurat ideal bagi keluarga milenial? Jawabannya adalah milenial yang sudah berkeluarga setidaknya harus memiliki dana darurat sebesar 3 kali dari penghasilan bulanan. Misalnya, kamu memiliki penghasilan Rp6 juta per bulan, kamu setidaknya perlu memiliki Rp6 juta x 3 = Rp18 juta untuk dana darurat.

Pilihan tepat bagi milenial yang baru ingin mempersiapkan investasi dana darurat, milenial bisa memilih jenis instrumen investasi seperti reksa dana pasar uang. Mengapa? Karena milenial bisa memulai investasi mulai dari Rp10.000, pencairan dana cukup cepat, return lebih tinggi dibanding deposito, dan merupakan jenis investasi yang aman dan minim risiko.

Di aplikasi Ajaib, milenial bisa menemukan berbagai produk reksa dana terbaik dari sejumlah Manajer Investasi (MI) dengan mudah tanpa ribet, karena semua proses pendaftaran hingga transaksi aset bisa dilakukan 100% secara online. Berinvestasi reksa dana lewat Ajaib adalah sebuah langkah maju untuk masa depan yang lebih baik.

Artikel Terkait