Hak Dan Kewajiban Karyawan yang Perlu kamu Ketahui

hak dan kewajiban karyawan
hak dan kewajiban karyawan

Menjadi seorang karyawan merupakan suatu hal yang banyak ditekuni masyarakat saat ini. Namun terkadang masih banyak yang belum menyadari hak dan kewajiban karyawan. Kamu mesti menyadari bila perusahaan wajib memberikan hak kamu. Namun perusahaan juga berhak atas tenaga kamu sesuai kesepakatan kontrak.

Pemerintah juga sudah turun tangan untuk mengatur terkait dengan regulasi tenaga kerja lewat uu ketenagakerjaan. Peraturan ini pastinya bertujuan untuk mendorong agar masing-masing mendapatkan proporsi yang adil.

Dengan adanya Undang-undang Ketenagakerjaan, maka baik segi karyawan maupun perusahaan akan terlindungi dari perselisihan yang menyebabkan munculnya masalah.

Seperti diketahui bersama, kewajiban karyawan adalah bekerja sesuai dengan standar yang diterapkan perusahaan. Karyawan juga diwajibkan menyelesaikan pekerjaan sesuai batas waktu yang diberikan perusahaan.

Namun jika seluruh kewajiban sudah dilakukan karyawan, otomatis karyawan memiliki beberapa hak yang wajib diberikan oleh perusahaan.

Hak dan Kewajiban Karyawan yang Perlu Diketahui

Hak Karyawan Menjadi Anggota Serikat Tenaga Kerja

Salah satu hal penting yang dilindungi Undang-undang tenaga kerja adalah memberi kebebasan karyawan untuk bergabung dalam serikat tenaga kerja. Melalui serikat tenaga kerja, para pekerja dan perusahaan dapat saling bergandengan tangan, bertukar pikiran dan mendengarkan aspirasi tenaga kerja demi kemajuan perusahaan.

Hak Karyawan atas Jaminan Sosial dan K3 (Keselamatan serta Kesehatan Kerja)

Sebagai seorang pekerja kamu berhak memperoleh jaminan yang berisi tentang jaminan kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pemeliharaan kesehatan. Hal ini diatur dalam Undang-undang tenaga kerja sebagai bentuk perlindungan terhadap pekerja dalam melakukan tugas-tugasnya.

Hak Karyawan Menerima Upah yang Layak

Upah Minimum merupakan sebuah standar terkecil yang diperoleh seorang pekerja. Setiap daerah sudah memiliki aturan upah pekerja. Upah ini disesuaikan dengan kebutuhan hidup pekerja di setiap daerah atau disebut UMR (Upah Minimum Regional).

Hak Karyawan atas Pembatasan Waktu Kerja, Istirahat, Cuti dan Libur

Perusahaan juga berkewajiban dalam memberikan batasan waktu kerja, istirahat dan libur bagi karyawannya. Hal ini dilakukan berdasarkan riset untuk prodiktifitas dan kesehatan pekerja, sehingga penerapannya tidak boleh diabaikan perusahaan karena berkaitan dengan nyawa dan kondisi psikis pekerja.

Hak Karyawan Mendapatkan Surat Perjanjian Kerja

Dalam surat perjanjian kerja akan tertuang hak dan kewajiban karyawan dalam perusahaan. Hal ini cukup penting agar kedua belah pihak mengetahui aturan yang telah disepakati untuk kemudian dijalankan selama proses bekerja.

Hak Libur PMS

Bagi wanita yang merupakan seorang pekerja, perusahaan berhak memberikan hak libur karena sedang menstruasi. Meskipun tidak secara penuh, namun alasan karyawan tidak masuk kerja karena menstruasi diperbolehkan.

Cuti Hamil dan Melahirkan

Wanita pekerja berhak mendapatkan cuti hamil dimana perusahaan memperbolehkan seorang wanita hamil mengambil cuti karena alasan dan faktor resiko yang dibuktikan dari surat doketer.

Selanjutnya untuk mengurangi masalah kematian ibu dan bayi pemerintah juga menjamin masa cuti karyawan melahirkan selama tiga bulan dengan tetap membayarkan upah.

Bagi kamu yang sedang mencari lowongan kerja, ada baiknya perhatikan hak-hak kamu dalam sesi interview sebelum menerima pekerjaan tersebut. Pasalnya, bisa saja ada oknum perusahaan nakal yang tidak menjamin hak-hak yang sudah dijelaskan tadi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait