5 Pekerjaan Tanpa Pengalaman yang Menjanjikan

pekerjaan tanpa pengalaman
pekerjaan tanpa pengalaman

Salah satu syarat yang dianggap sulit dalam berbagai lowongan pekerjaan adalanya keharusan punya pengelaman. Banyak pekerjaan mengharuskan pencari kerja untuk memiliki pengalaman kerja sebelumnya sebagai pertimbangan utama. Rasanya jarang sekali kita temukan pekerjaan tanpa pengalaman yang memberikan kesempatan bagi anak muda yang baru lulus.

Banyak orang bilang bahwa mencari pekerjaan adalah hal yang sulit. Sebenarnya banyak lowongan pekerjaan yang tersedia hanya saja memang syaratnya tergolong sulit. Umumnya, perusahaan mengharuskan calon pelamar mengirimkan surat lamaran beserta dengan riwayat diri, ijazah pendidikan terakhir dan surat bukti pengalaman kerja sebelumnya.

Bagi orang-orang termasuk para fresh graduate, syarat akan adanya pengalaman ini yang membuat ragu untuk mengajukan lamaran. Kebanyakan berkeluh di media sosial jika mencari pekerjaan untuk mendapatkan pengalaman maupun penghasilan namun sejak awal malah disyaratkan untuk memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Sebenarnya, perusahaan menetapkan sejumlah syarat bagi calon pelamar bukan tanpa alasan. Syarat tersebut disusun untuk mendapatkan kandidat karyawan yang ideal dan dianggap memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan tersebut. Salah satu indikator yang digunakan berupa pengalaman kerja itu atau ijazah yang dimiliki.

Dengan memenuhi sejumlah syarat di atas, seleksi yang dilakukan diharapkan bisa lebih cepat. Perusahaan tinggal memahami seluk-beluk pribadi pelamar untuk memastikannya sesuai dengan kebutuhan dan cocok untuk pekerjaan itu. Karena itulah, sebenarnya pengalaman bukan syarat mutlak untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu incar.

Kamu tetap bisa lolos seleksi rekrutmen apabila memiliki poin lain yang meyakinkan. Misalnya saja latar belakang ilmu yang sesuai atau siap bekerja keras untuk perusahaan yang kamu lamar. Jangan segera patah semangat jika melihat adanya pengalaman sebagai salah satu syarat pekerjaan yang kamu inginkan.

Opsi lainnya juga ialah melakoni sejumlah pekerjaan tanpa pengalaman yang bisa kamu jajal. Apakah ada? Jelas ada hanya saja memang selama ini belum banyak yang tahu maupun menyadarinya. Kamu bisa mencoba peluang ini untuk pekerjaan pertamamu jika selama ini masih sulit mendapatkan kesempatan di pekerjaan lainnya. Siapa tahu ternyata kariermu malah akan berkembang dari sejumlah pekerjaan ini.

Pekerjaan Tanpa Pengalaman Mungkin Kok? Ini Daftarnya,.

Mencari pekerjaan memang susah karena memiliki banyak syarat, salah satunya pengalaman. Namun jangan khawatir, bila kamu cukup telaten dalam mencari, sebenarnya lowongan pekerjaan tanpa pengalaman juga cukup banyak.

Walaupun mungkin level pekerjaannya cenderung lebih rendah dibanding dengan yang berpengalaman, tetapi sebenarnya pekerjaan tanpa pengalaman juga memiliki masa depan yang menjanjikan. Namun, dengan catatan kamu mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.

Bisa dibilang pekerjaan seperti ini sangat potensial namun masih jarang dilirik orang. Kamu bisa memanfaatkannya dengan menjadi pribadi yang unggul di bidang tersebut meskipun tidak memiliki pengalaman sebelumnya.

Untuk kamu yang memang mencari pekerjaan tanpa pengalaman, bisa mulai mencari lima pekerjaan ini di setiap lowongan kerja antara lain:

1. Pengemudi Pengiriman

Baik nasional, regional, atau lokal, perusahaan memerlukan driver pengiriman. Selama kamu memiliki SIM dan kendaraan bermotor, kamu bisa memanfaatkan jenis pekerjaan ini. Kamu tidak memerlukan pengalaman apa pun untuk pekerjaan ini, dan seringkali menawarkan banyak fleksibilitas penjadwalan.

Memulai sebagai pengemudi juga dapat membantu kamu mendapatkan peluang pekerjaan yang lebih tinggi. Selama kamu bekerja dengan baik dan benar, bukan tidak mungkin dalam waktu singkat bisa naik jabatan. Bahkan, kamu bisa mengembangkan diri dengan mendirikan jasa pengiriman yang menawarkan inovasi baru.

Pengalaman sebagai pengemudi pengiriman pastinya bisa memberikan masukan kepadamu mengenai apa saja yang bisa dikembangkan. Dengan tren kehidupan modern ini, jasa pengiriman rasanya masih sangat potensial hingga bertahun mendatang.

2. Pengoreksi

Jika kamu sudah menjadi orang tua yang harus berada setiap saat di rumah, seorang introvert, atau hanya ingin mencari uang tambahan, proofreading berpotensi menjadi pekerjaan yang sangat menguntungkan. Ketika kamu mengoreksi, kamu mencari kesalahan ketik di dalam buku, brosur, salinan situs web, transkrip, dan konten-konten tekstual lainnya.

Jadi jangan khawatir sendiri dengan berpikir kamu harus mengatur ulang kalimat atau semacamnya. Semua pekerjaan itu harus dilakukan oleh seorang editor. Tugas seorang korektor adalah untuk datang sebagai set terakhir dari mata untuk melihat kesalahan menyimpang editor atau penulis. Pekerjaan kamu adalah untuk membuat kata-kata bersinar sekaligus sesuai dengan faedah sebelum mereka dirilis ke publik.

Syaratnya, kamu harus punya ketelitian dan pengetahuan akan tata cara penulisan yang baik. Kamu bisa mencari pekerjaan tersebut lewat berbagai situs pekerjaan lepas atau branding sebagai proofreader ke lingkungan sekitar.

3. Pengembang Web

Menjadi pengembang Web adalah pilihan karier yang bagus bagi siapa saja yang berharap dapat mengekspresikan kreativitas mereka. Ini juga bidang yang selalu diminati. Bahkan jika kamu tidak memiliki pendidikan formal.

Ada banyak kursus online yang dapat kamu ambil untuk mengembangkan keterampilan kamu di bidang ini. Apa pun pendidikan formal mengenai pengembangan web yang kamu pilih, kamu akan dapat mengasah keterampilan kamu untuk mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi ini. 

4. Pengemudi Jasa Ride-sharing

Seiring perkembangan zaman, lowongan pekerjaan juga makin banyak. Sekarang ada jasa ride-sharing yang biasa dikenal sebagai taksi online atau ojek online. Pastinya, pekerjaan ini tidak membutuhkan pengalaman kerja.

Perusahaan yang naik daun seperti Go-Jek dan Grab membiarkan pengemudi menggunakan kendaraan mereka sendiri. Itu berarti lebih banyak uang di saku kamu karena tidak perlu menyewa. Plus, karena industri ride-sharing bisa menjadi uang tunai, kamu tidak perlu khawatir tentang penanganan uang tunai dengan pengendara kamu.   

5. Asisten HRD

Asisten-asisten ini melacak semua informasi yang berkaitan dengan karyawan perusahaan dan membantu manajer sumber daya manusia (HRD) dalam kegiatan lain yang melibatkan hubungan perusahaan dan karyawan. Seringkali ijazah sekolah menengah adalah satu-satunya persyaratan untuk posisi ini.

Meskipun begitu, keberadaan pekerjaan ini cukup penting di perusahaan. Karena, kamu membantu memegang sekaligus mengolah database dari perusahaan. Kamu bisa mengumpulkan pengalaman sebanyak mungkin dan di kemudian hari mengembangkan diri di bidang entry data. Jasa ini saat ini semakin diminati lho meskipun di tengah perkembangan dunia digital.

Itu dia lima pekerjaan tanpa pengalaman yang bisa kamu lakoni, selain bermanfaat untuk uang sakumu, pekerjaan ini bisa kamu mulai kapan pun kamu siap.

Selamat mencoba!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait