Begini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

surat lamaran kerja
surat lamaran kerja

Sudah mengirim surat lamaran kerja dan CV, tetapi belum mendapat undangan interview di perusahaan? Mungkin ada yang salah dengan surat lamaran kerjamu.

Sedikit kekeliruan di dalam penulisan surat lamaran kerja bisa mempengaruhi penilaian dari para perekrut. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara membuat yang benar.

Dokumen ini memiliki peran penting ketika kamu ingin melamar pekerjaan.

Bagi kamu yang ingin membuat surat lamaran kerja, berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu ikuti :

Mengapa Surat Lamaran Kerja Sangat Penting?

Surat lamaran kerja memiliki peran yang penting, karena banyak perekrut yang menjadikan surat ini sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Bahkan, banyak perekrut yang menginginkan surat lamaran kerja dalam lamaran yang diinginkan. Menurut studi dari CareerBuilder, ada sekitar 49 persen manajer yang memandang surat lamaran kerja sebagai nilai tambah.

Poin Penting

Seorang profesional di bidang komunikasi, Lauren Nelson mengatakan, kehadiran surat ini menjadi first impression dari seorang pelamar.

Ia menyebutkan, ada lima poin penting dari LinkedIn yang mengulas mengapa dokumen calon pekerja sangat penting, yaitu :

  • Surat lamaran yang dibuat dengan benar, bisa meyakinkan perekrut jika isi CV yang dibuat adalah benar.
  • Dapat menjelaskan bahwa pelamar bisa mengikuti instruksi yang ada di prosedur melamar kerja.
  • Menulis dokumen ini yang disertakan dengan pengalaman atau keterampilan yang dimiliki, dan berhubungan dengan posisi yang ingin dilamar bisa jadi poin plus.
  • Penyertaan dokumen ini juga bisa menggambarkan kemampuan komunikasi yang dimiliki oleh pelamar.
  • Selain itu, juga bisa menjadi bukti keseriusan dari pelamar untuk mendapatkan pekerjaan yang tersedia.

Agar perekrut tertarik, ada juga beberapa poin yang perlu kamu masukkan. Sebab, masih ada pelamar yang menganggap menyertakan surat ini tidak begitu penting dan hanya melampirkan CV saja. Itulah mengapa masih ada pelamar yang tidak melampirkan surat ini atau malah cenderung membuatnya asal-asalan.

Kamu harus mengetahui poin-poin yang wajib ada di setiap surat lamaran kerja. Dilansir dari The Balance Careers, berikut ini adalah poin-poin yang harus kamu ketahui :

Informasi Pribadi

Salah satu poin ini wajib kamu masukkan ke dalam lamaran yang kamu buat. Dalam poin ini, terdapat beberapa hal yang harus kamu muat, yaitu :

  • Nama lengkap
  • Alamat
  • Nomor telepon atau handphone aktif
  • E-mail
  • Akun LinkedIn (jika ada)

Kamu harus menyertakan informasi pribadi ini di dokumen kamu. Pastikan juga e-mail yang kamu sertakan masih aktif digunakan.

Kemudian, masukkan juga informasi pihak yang akan dikirimi surat lamaran kerja, seperti nama, posisi atau jabatan, nama perusahaan, dan alamat perusahaan.

Masukkan informasi tersebut di bagian bawah informasi pribadi kamu di posisi rata kiri.

Kata Pengantar

Setelah memasukkan informasi pribadi, kamu bisa menuliskan kata pengantar di bagian bawahnya. Kamu harus mengetahui siapa yang ditujukan untuk menyampaikan kata pengantar tersebut.

Dalam apply pekerjaan di situs lowongan kerja, kamu akan dihubungi atau dikirimkan e-mail kepada siapa kamu akan bertemu.

Isi Surat Lamaran Kerja

Kamu juga harus memastikan, bahwa perekrut mengetahui posisi pekerjaan yang akan kamu lamar. Ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam penulisan pengantar surat ini :

  • Paragraf pertama ditulis dengan alasan mengapa kamu menulis surat lamaran. Kemudian, beri tahu informasi yang detil agar perekrut bisa mempertimbangkannya.
  • Paragraf kedua ditulis dengan penawaran kamu ke perekrut atau perusahaan yang berkaitan dengan posisi yang dilamar.

Ceritakan juga kompetensi yang kamu miliki dengan jelas. Sebab, isi dari paragraf ini bakal menarik perhatian perekrut.

  • Paragraf ketiga ditulis dengan ucapan terima kasih atas kesediaan perekrut untuk membaca surat lamaran kerja dan menyarankan mereka agar menghubungimu di kontak yang tercantum.

Itulah informasi mengenai surat lamaran kerja yang harus kamu ketahui. Meskipun cukup berperan, tetapi kamu harus tahu jika pengalaman kerja yang dimiliki juga sangat menentukan.

Untuk fresh graduate atau lulusan baru, nilai akademik dan pengalaman praktik kerja magang menjadi penentu apakah surat lamaran kerjamu diterima atau tidak.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait