Cara Membuat Application Letter untuk Menarik Perusahaan

Cara Membuat Application Letter untuk Menarik Perusahaan
Cara Membuat Application Letter untuk Menarik Perusahaan

Mungkin siapapun yang sedang membaca artikel ini pernah menulis application letter. Application letter atau surat lamaran kerja adalah surat yang ditulis/disusun oleh seorang pencari kerja untuk dikirimkan ke calon atasan atau kepala divisi HRD di sebuah perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan, yang isinya adalah pengenalan diri, ringkasan resume, keunggulan, dan ungkapan ketertarikan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dengan demikian, perwakilan perusahaan yang membaca surat itu akan tertarik, terkesan dan ingin mengenal lebih jauh si pelamar kerja.

Bahasa Indonesia vs Bahasa Inggris

Kedua bahasa ini sebenarnya sah saja untuk digunakan dalam penulisan application letter. Namun seiring era globalisasi dan meningkatnya standar ketrampilan minimum ketenagakerjaan, saat ini Bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa standar dalam komunikasi lisan maupun tulisan profesional, begitu juga application letter. Tingkat keterampilan grammar dan vocabulary Bahasa Inggris, serta ketelitian dan kecermatan dalam penulisan application letter akan menentukan tingkat ketertarikan calon pemberi kerja.

Tata Dan Gaya Bahasa Sebuah Application Letter

Gunakan gaya bahasa yang sopan, bersahabat dan lugas. Saat ini banyak sekali tips, panduan bahkan contoh penulisan surat lamaran yang bisa dipelajari dan ditiru di laman-laman internet. Dengan berbagai variasinya, prinsip dasar alur komunikasi surat lamaran bisa disimpulkan sebagai berikut.

a. Paragaraf 1

• Tuliskan informasi tentang perusahaan

• Tuliskan paragraf menarik dengan kalimat sapaan yang kuat dan penuh pernyataan.

• Ungkapkan antusiasisme untuk bekerja pada posisi yang ditawarkan di perusahaan tersebut.

b. Paragraf 2

•Paparkan ringkasan tentang keunggulan, pengalaman dan kualifikasi.

•Jelaskan bagaimana perusahaan akan memperoleh manfaat tertinggi dengan mempekerjakan si pelamar.

c. Paragraf 3

• Menegaskan kembali mengapa si pelamar merupakan pilihan paling tepat bagi lowongan posisi tersebut, dalam 1 kalimat singkat.

• Undanglah calon pemberi kerja untuk menghubungi si pelamar kerja dengan keleluasaan akses dan jadwal.

Prioritas Dalam Menulis Application Letter

1. Utamakan CLARITY (kejelasan), baik dari sisi bentuk, ukuran dan keterbacaan huruf, maupun alur penulisan konten.

2 Pastikan PANCTUALITY (ketepatan) jadwal pelamaran.

2 Penuhi COMPLETENESS (kelengkapan), ketelitian dan update seluru data informasi yang diperlukan.

3 Ungkapkan ENTHUSIASM (semangat) dan kesiapan berkomunikasi dalam mengikuti proses rekrutmen lanjutan seperti interview (wawancara), dan ujian seleksi.

Application Letter vs Resume, Mana yang Paling Berpengaruh?

Keduanya punya peran tersendiri, jadi keduanya harus efektif. Tim perekrut adalah mereka yang bekerja menerima, memeriksa dan menyeleksi application letters yang potensial di antara ribuan, ratusan ribu bahkan jutaan application letters yang masuk ke inbox mereka. Bayangkan betapa mudahnya mereka terganggu oleh ketidakjelasan tulisan, data ataupun isi pesan.

• Fokuskan fungsi menyampaikan perkenalan, niat dan semangat si pelamar pada applicarion letter.

• Fokuskan fungsi kelengkapan dan ketelitian data pada resume.

Support dan Intervensi

Saat ini marak bermunculan portal e-recruiter (pencari tenaga kerja online). Kehadiran mereka mempermudah rangkaian proses yang dilalui oleh kedua pihak, bahkan hingga proses penyeleksian kandidat. Keterampilan profiling mereka dalam membaca kesesuaian karakter dan kualifikasi pelamar dengan posisi yang ditawarkan, patut diancungi jempol.

Mereka dibayar mahal atas kepekaannya tersebut oleh perusahaan pencari tenaga kerja, untuk bisa meringankan tugas rekrutmen perusahaan dan meminimalkan kekeliruan pilihan. Team e-recruiter ini terdiri dari profesional berlatar belakang psikologi, manajemen bisnis dan HRD. Buatlah mereka terkesan dengan applicaton letter-mu, agar sukses masa depan ada dalam genggaman!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait