Trik Mudah Membuat CV Bahasa Inggris

cv bahasa inggris
cv bahasa inggris

Semakin berkembangnya zaman, CV bahasa inggris semakin menjadi standar untuk melamar pekerjaan. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum mengetahui trik mudah untuk membuat CV bahasa Inggris.

Saat ini ekspansi perusahaan asing ke Indonesia sudah menjamur. Namun demikian, pemerintah tidak tinggal diam melihat perusahaan asing berkembang pesat, sementara para pencari kerja tamatan sarjana kebanyakan nganggur.

Aturan untuk perusahaan asing dibuat sedemikian rupa dengan memastikan komponen pekerja asal Indonesia lebih mendominasi daripada pekerja asing. Nah, hal ini sudah pastilah dimanfaatkan para pencari kerja sebagai peluang besar untuk meningkatkan kualitas dan daya saingnya.

Tak jarang perusahaan asing menerapkan standar penggunaan bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari dan sertifikat TOEFL atau IELTS sebagai bukti bahwa pelamar menguasai bahasa Inggris.

Selain itu, dalam menilai kemampuan para pelamar kerja, perusahaan asing juga terkadang meminta lamaran kerja dan (Curriculum Vitae) CV bahasa Inggris.

Bekerja di perusahaan asing memang susah-susah gampang. Namun jika kamu berhasil melewati tahapan psikotest dan interview, siap-siap saja gaji kamu akan dibayar dengan dollar.

Lalu, siapkah kamu mencoba peruntungan di perusahaan asing? Simak beberapa trik mudah untuk membuat CV bahasa Inggris.

Informasi Pribadi

Tidak berbeda dengan CV berbahasa Indonesia, CV bahasa Inggris juga memuat informasi pribadi. Seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta nomor kontak dan alamat email.

Sebagai saran, ada baiknya alamat email yang kamu gunakan mengandung unsur nama kamu. Selain itu, jangan menggunakan alamat email yang aneh, karena akan membuat kamu terlihat main-main dan tidak profesional.

Informasi Pendidikan

Hal yang tidak kalah penting adalah informasi pendidikan kamu. Ini mencakup riwayat pendidikan pertama kamu hingga pendidikan terakhir kamu. kamu bisa mengurutkannya dari mulai Sekolah Dasar (SD) hingga pendidikan terakhir kamu, apakah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Perguruan Tinggi.

Pastikan posisi yang kamu lamar berkaitan dengan pendidikan terakhir kamu. Ini akan menjadi nilai tambah kamu saat melakukan interview. kamu juga dapat mencantumkan judul penelitian atau skripsi atau tugas akhir kamu.

Jika kamu mendapatkan predikat cumlaud atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi, tidak ada salahnya jika kamu cantumkan. Apalagi jika kamu adalah fresh graduate.

Sertifikat Khusus

Jika kamu memiliki pendidikan lain diluar pendidikan formal dan mendapatkan sertifikat khusus. Ini dapat kamu cantumkan dalam lamaran kerja kamu sebagai bentuk nilai tambah di mata perekrut.

Terutama jika perusahaan yang kamu lamar merupakan perusahaan asing, ini akan membuat peluang kamu semakin besar untuk diterima bekerja. Misalkan saja serifikat TOEFL atau IELTS.

Pengalaman Bekerja Sebelumnya

Jika kamu memiliki pengalaman sebelumnya, kamu haruslah mencantumkan pengalaman tersebut dalam CV kamu. Semakin banyak pengalaman kamu, maka perekrut akan semakin menganggap bahwa kamu memiliki keterampilan yang lengkap.

Ada baiknya jika tidak hanya mencantumkan posisi dan kantor tempat kamu bekerja sebelumnya, namun tugas dan tanggung jawab yang kamu lakukan di perusahaan sebelumnya perlu untuk kamu cantumkan. Ini agar perekrut mengetahui apa tanggung jawab kamu selama bekerja di perusahaan sebelumnya.

Ungkapkan Sisi Kepribadian yang Positif

Untuk menarik perhatian perekrut, kamu dapat mencantumkan sisi positif dari kepribadian kamu. Misalkan hobi ataupun kegiatan yang kamu lakukan di waktu senggang. Hal ini akan menunjukkan sisi ‘work life balance’ yang nantinya akan menjadi pertimbangan oleh perusahaan. Perusahaan mengangap bahwa orang dengan ‘Work Life Balance’ memiliki kemampuan menghadapi tekanan kerja lebih baik.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , ,
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait