3 Alasan Kamu Tidak Dapat Mengabaikan Inovasi Tempat Kerja

Inovasi Tempat Kerja

Dalam masyarakat dewasa ini yang berubah dengan cepat, mungkin menantangmu untuk mengikuti tren terbaru. Kamu mungkin bertanya pada diri sendiri apakah mengejar beberapa tren akan bermanfaat? Dalam bisnis, jawabannya lebih sering ya daripada tidak.

Pengetahuan dan kemampuan industri kamu untuk beradaptasi dengan tren berpikiran maju memberi sinyal bahwa kamu bergerak seiring waktu dan dapat membuat kamu selangkah lebih maju dari pesaing. Jadi, apa tren penting saat ini? Inovasi di tempat kerja.

Jika kamu ingin tahun depan sukses secara mengejutkan, kamu perlu memasukkan inovasi tempat kerja ke dalam rencana bisnis kamu. Inilah sebabnya.

Apa Itu Inovasi Tempat Kerja?

Memasukkan inovasi tempat kerja ke dalam bisnis kamu berarti menciptakan perubahan dalam budaya perusahaan. Alih-alih meminta karyawan melakukan apa yang kamu katakan kepada mereka, kamu membiarkan dan mendorong tim kamu untuk berpikir kreatif. Sebagai hasilnya, kamu secara kolektif meningkatkan beragam aspek bisnis kamu.

Tindakan dan gagasan mereka dapat terkait dengan:

– Meningkatkan praktik kantor umum.

– Mengubah proses usang yang menginformasikan bagaimana kamu melakukan bisnis.        

– Berbagi ide untuk mengatasi tantangan baru yang dihadapi bisnis atau industri.        

– Menyarankan cara baru untuk meningkatkan keterampilan individu.        

– Ini melukiskan gambaran tenaga kerja yang jauh lebih terlibat. Dan inilah mengapa kamu harus mulai bekerja menuju ini segera.         

3 Cara Inovasi di Tempat Kerja Mempengaruhi Bisnis kamu

Apakah kamu puas dengan kerja yang patuh atau beralih ke yang lebih kolaboratif? Keputusan ini menentukan pertumbuhan bisnis kamu di tahun-tahun mendatang.

1. Menarik bakat terbaik 

Ketika kamu mewawancarai pelamar kerja baru, kamu mencari kesalahan sebanyak-banyaknya saat mewawancari, padahal mereka juga melakukan hal yang sama dengan kamu. Selain keamanan kerja, pelamar juga melihat aspek-aspek lain. Yakni:       

– Penghargaan dan partisipasi: Pendapat mereka penting bagi kepemimpinan. Mereka ingin merasa manajer mereka menjadi pendengar yang baik dan bahwa mereka memainkan peran aktif dalam mencapai tujuan perusahaan.         

– Pertumbuhan: Mereka ingin tahu bahwa bos mereka akan secara aktif membantu mereka mengembangkan karier mereka dengan meningkatkan pengetahuan mereka, mendorong mereka untuk menghadiri seminar yang relevan, atau memberikan pengalaman di bidang-bidang yang mereka minati.         

– Fleksibilitas: Karyawan saat ini mencari pemberi kerja yang terbuka terhadap inovasi, seperti opsi kerja jarak jauh dan fleksibel. Opsi kerja inovatif ini dapat menguntungkan kamu dan karyawan. Jadi ada baiknya mendengarkan ide dan permintaan.         

Aspek-aspek ini mengarah pada kepuasan kerja dan meningkatkan kualitas hidup.

Pelamar juga dapat mengajukan pertanyaan kepada kamu, riset perusahaan kamu secara online, atau berbicara dengan karyawan untuk mengukur, apakah kamu mempromosikan inovasi di tempat kerja. Jika kamu kelihatannya terlalu sibuk, pelamar dengan kredensial terbaik dapat memilih bekerja untuk pesaing.

2. Mengukur dan memaksimalkan kepuasan karyawan

Orang memiliki kebutuhan yang melekat untuk dicapai. Inovasi di tempat kerja memprioritaskan pertumbuhan dan kreativitas. Membantu tim kamu mengembangkan pengetahuan dan pengalaman mereka, merangsang kebutuhan mereka untuk pertumbuhan dan pengembangan profesional sambil memungkinkan bisnis kamu menghasilkan lebih dari sebelumnya.

Jika lingkungan kantor kamu tidak memungkinkan mereka untuk menumbuhkan atau membagikan ide-ide mereka, mereka akan mencari bos lain yang memberi mereka hak istimewa ini. Karyawan kamu yang paling berharga mungkin pergi, dan kamu akan kehilangan bakat mereka.

3. Menyediakan apa yang dibutuhkan pasar

Status quo nyaman dan mungkin saja tampak efektif. Jika semuanya berfungsi aman, mengapa berubah? Ya, kan? 

Perspektif ini mungkin terdengar masuk akal tetapi dapat membahayakan bisnis kamu. Ketika ada perubahan dalam kebutuhan konsumen atau teknologi industri, dapatkah kamu menyesuaikan dengan cukup cepat?

Seringkali, sumber daya manusia terbaik di saat perubahan dapat ditemukan dalam tim kamu. Sebagai konsumen sendiri, mereka mungkin tahu cara meraih dan mempertahankan perhatian audiens kamu. Tetapi jika kamu tidak mengizinkan mereka berbagi ide-ide inovatif, kamu kehilangan aset berharga, yakni sudut pandang mereka.

Selain itu, di pasar yang selalu berubah, keterampilan karyawan kamu harus meningkat, jika kamu ingin mereka membantu menemukan solusi baru dan memberikan produk atau layanan yang berkualitas. Ketika perubahan atau krisis muncul, kamu membutuhkan tim yang mampu melakukan tugas, yang dapat memikirkan solusi, membuat keputusan, dan mengambil tindakan.

Cara Memfasilitasi Inovasi Tempat Kerja

Sekarang setelah kamu melihat mengapa inovasi di tempat kerja itu penting, kamu mungkin bertanya-tanya harus mulai dari mana.

Pertama, kamu tidak bisa memaksanya. Ini semua tentang menciptakan suasana tempat kerja baru. Untuk membantu membangun lingkungan yang inovatif, pertimbangkan bagaimana kamu dapat menggabungkan aspek-aspek ini ke depan:

– Pastikan karyawan tidak terbebani dengan tugas. Karena ketika seseorang merasa lelah dia tidak akan memiliki energi untuk menjadi kreatif.         

– Sederhanakan proses pengambilan keputusan sehingga karyawan melihat hasil lebih cepat dan perubahan tidak dicegah oleh birokrasi atau politik kantor. Jika ide mereka menjadi terlalu lama, mereka akan berpikir kamu tidak peduli dengan masukan mereka.

– Mendorong kolaborasi antara karyawan sehingga mereka merasa nyaman berbagi pikiran dan pendapat satu sama lain. Manajer juga harus berinteraksi dengan tim mereka. Karena jika kamu tampaknya tidak dapat didekati maka mereka tidak akan berbagi ide-ide inovatif dengan kamu.         

– Bicara tentang inovasi secara teratur dan berikan penghargaan kepada mereka yang ikut memotivasi orang lain untuk bergabung.         

Inovasi di tempat kerja harus terjadi secara organik. Kamu tidak bisa menunggu sampai sangat membutuhkan kreativitas tim sebelum kamu mengizinkan mereka untuk menjadi inovatif. 

Inovasi di tempat kerja harus menjadi bagian dari budaya perusahaan kamu, sehingga karyawan menikmati kegiatan kreatif di siang hari dan merasa nyaman menyuarakan pendapat mereka. 

Jadi, pertimbangkan langkah pertama kamu untuk menunjukkan kepada tim kamu bahwa pendapat mereka juga penting.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait