Perencanaan Bisnis untuk Menarik Perhatian Investor

Apa Itu Etika Bisnis dan Kenapa Perlu Memahaminya
perencanaan bisnis

Ajaib.co.id. Perencanaan bisnis adalah langkah pertama yang harus dilakukan dengan tepat saat akan merintis sebuah usaha. Sebuah rencana yang baik salah satunya akan membantu untuk mengetahui potensi usaha yang akan dikembangkan. Pengusaha yang cerdas akan tahu menggunakan rencana bisnisnya sebagai panduan untuk membuat strategi bisnis.

Membuat rencana bisnis atau business plan juga berguna untuk pengembangan usaha di masa mendatang. Sebuah rencana bisnis bisa digunakan untuk menarik calon investor dan memperkuat permodalan yang kamu miliki. Namun tentu saja perlu tambahan data yang kuat misalnya saja laporan keuangan atau orang-orang alias sumber daya manusia yang dimiliki.

Sebuah rencana bisnis yang ditujukan bagi investor harus memiliki ringkasan eksekutif yang kuat. Kesan pertama yang kuat akan mendorong calon investor yang kamu sasar untuk melakukan analisis keuangan lebih lanjut untuk pengembalian modalnya. Jika menarik dan potensial, bukan tidak mungkin jika modal yang kamu perlukan akan mudah diraih. Apalagi dengan latar belakang bisnis yang juga kuat.

Sayangnya, banyak yang kerap meremehkan fase perencanaan bisnis. Banyak yang memulai bisnis hanya dari ide belaka tanpa berusaha mengembangkan lebih lanjut dengan komplet dan mendetail. Akibatnya, banyak yang kemudian merasa gagap ketika harus menjabarkan rencana bisnis di hadapan investor untuk pengebangan bisnis yang lebih besar.

Pentingnya Perencanaan Bisnis Untuk Menarik Modal yang Lebih Besar

Penyertaan modal adalah hal yang sangat penting untuk mengembangkan sebuah usaha. Modal dari investor yang menjadi dasar untuk jaringan yang lebih luas, pengingkatan produk dan banyak lagi hal yang dilakukan untuk membuat bisnis lebih besar. Konsep modal ventura saat ini menjadi banyak opsi bagi perusahaan rintisan atau UMKM dengan usaha yang dianggap potensial.

Namun ketika modal ventura mungkin terasa masih sulit dijangkau, sebenarnya ada banyak lagi pilihan permodal yang bisa dicoba. Cara konvensional lewat kredit perbankan tetap bisa dicoba dengan penawaran suku bunga kredit saat ini yang cukup bersahabat. Hal ini tak lepas dari keinginan pemerintah untuk menggenjot lebih banyak lagi bisnis yang dikembangkan.

Selain itu, hadir pula produk kredit dari peer to peer lending (P2P Lending) dari perusahaan fintech sebagai solusi yang lebih mudah dan cepat. P2P Lending menawarkan pembiayaan yang bervariasi sehingga para wirausaha bisa mendapatkan permodalan dengan lebih mudah.

Hanya saja, diantara syarat yang mudah itu tetap saja perencanaan bisnis yang matang merupakan kunci. Bahkan investor kecil-kecilan pun butuh diyakinkan untuk bisa menanamkan uangnya pada suatu usaha. Tanpa rencana bisnis yang matang, kamu akan kehilangan arah dan sumber permodalan untuk bisnis yang lebih besar.

Apakah Perencanaan Bisnis Itu?

Arti dari perencanaan bisnis atau business plan adalah dokumen tertulis yang mengilustrasikan secara lengkap tentang bisnis, tujuan dan rencana detail operasional, skema finansial dan anggaran, produk atau jasa di masa depan. Manfaat business plan adalah memberikan informasi yang dibutuhkan kepada pemilik dan pimpinan bisnis, untuk mencapai tujuan.

Perencanaan bisnis membantu pemiliknya mengidentifikasi:

  • Jumlah pendanaan untuk memulai bisnis
  • Fasilitas dan perlengkapan untuk menjalankan bisnis
  • Lokasi tempat usaha yang tepat
  • Jumlah karyawan
  • Kompetisi pasar
  • Keunggulan perusahaan dari kompetitor
  • Aspek-aspek Dalam Perencanaan Bisnis
  • Untuk jenis bisnis apapun, aspek perencanaan standar melingkupi:
  • Ringkasan perencanaan bisnis
  • Deskripsi bisnis
  • Deskripsi produk atau layanan
  • Pemaparan misi
  • Kepemimpinan
  • Analisis Pasar
  • Analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman)
  • Rencana pemasaran
  • Proyeksi keuangan
  • Analisis arus kas
  •  Kepegawaian
  • Operasi

Tantangan Menyusun Perencanaan Bisnis Yang Baik

Banyak wirausaha tahu bahwa perencanaan bisnis perlu dilakukan untuk usaha yang lebih baik pula. Namun sayangnya banyak yang tidak bisa melakukannya karena berbagai alasan. Apa saja yang kerap menghalangi seorang pebisnis membuat bisnis plan yang matang?

* Terlalu optimis

Meskipun optimis, semua bisnis punya kemungkinan baik dan buruk di masa depan. Tanpa kegigihan, ide bisnis akan macet di tengah jalan. Pikirkan baik-baik potensi hambatan dan alternatif solusinya.

* Berpikir jangka pendek 

Mengabaikan perencanaan jangka panjang menyebabkan tersendatnya kesinambungan bisnis. Karenanya, visi dan misi sangat dibutuhkan. Tak perlu terlalu berfokus pada sejarah bisnis, tekankan pada manfaat bisnis bagi orang lain.

* Tak memiliki back-up plan

Saat membuat business plan, diperlukan banyak ide bisnis segar selain ide utama, sehingga ada back-up ketika satu ide tak cocok.

* Tidak mempertimbangkan riset

Jangan mengabaikann riset pasar jika tak mau mengalami kerugian bisnis. Riset pasar diperlukan bagi strategi pemasaran demi memperoleh informasi akurat tentang permintaan, segmentasi pasar dan kompetisi di lapangan.

* Target konsumen terlalu luas

Tidak menentukan target konsumen secara jelas bisa mengakibatkan kinerja pemasaran sia-sia.

* Rencana keuangan yang belum matang

Aspek yang tersulit adalah rencana anggaran yang realistis, karena ekspektasi keuntungan yang berlebihan akan mengakibatkan kecerobohan pembiayaan. Rencana anggaran meliputi biaya-biaya untuk mewujudkan ide bisnis menjadi nyata. Proyeksi laba rugi sangat penting untuk estimasi potensi profit. Selalu siapkan dana cadangan untuk kemungkinan tak terduga.

* Prioritas Lemah

Skala prioritas yang berantakan bisa menyebabkan ide bisnis tak akan pernah terwujud nyata.

Perencanaan Bisnis Yang Baik Di Mata Para Advisor P2P Lending

Manfaat perencanaan bisnis yang terpenting di era Milenial ini adalah untuk mendapatkan simpati, dukungan dan pendanaan dari investor melalui Peer to Peer Lending, yang merupakan metode fasilitator bagi aktivitas pengajuan pinjaman dan pemberian pinjaman dana kepada bisnis, yang menghubungkan investor dengan peminjam, dan sebaliknya, secara online.

Belakangan P2P Lending juga semakin populer untuk akses permodalan bagi pemilik usaha. Apalagi jika usaha tersebut masih sebatas rintisan atau belum bankable. Ada sejumlah aplikasi P2P Lending yang legal dan bisa dipercaya untuk sumber kredit yang sehat dan membantu. Berikut ada sejumlah aplikasi pinjaman usaha yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) antara lain:

Amartha (PT. Amartha Mikro Fintek), KoinWorks (PT. Lunaria Annua Teknologi), Investree (PT. Investree Radhika Jaya), Modalku (PT. Mitrausaha Indonesia Grup), Danamas (PT. Pasar Dana Pinjaman), Uang Teman (PT. Digital Alpha Indonesia), Dana Kita (PT. DanaKita Prima Data), Akseleran (PT. Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia), KlikACC (PT. Aman Cermat Cepat).

Tiap P2P Lending memiliki tim penasehat tersendiri yang profesionalitasnya tak diragukan lagi dalam membaca kelayakan bisnis lewat business plan yang disusun pemiliknya.

Rencanakan Sukses Bisnis Sejak Awal

Ide bisnis besar yang segar dan solutif adalah berkah tak ternilai bagi seorang wirausaha. Pasalnya akan begitu banyak kelangsungan hidup yang nanti akan tergantung kepadanya. Jangan sia-siakan ide bisnis brilian cuma gara-gara perencanaan bisnis kurang matang. Buat rencana bisnis yang detail dan bermanfaat untuk jalannnya usahamu.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait