Bisnis & Kerja Sampingan

Lima Cara Mengembangkan Bisnis UMKM Agar Menjadi Lebih Baik

bisnis umkm

Dalam menjalani sebuah bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), berbagai hal seperti kualitas dan brand selalu menjadi hal terpenting untuk memulai usaha. Apalagi Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir, sehingga peluang untuk produk UMKM dilirik asing sangatlah besar.

Dengan perputaran roda ekonomi yang cukup cepat saat ini, secara tidak langsung akan memacu pertumbuhan bisnis dan membuat pelaku UMKM berlomba-lomba dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan kualitas produk menjadi lebih baik.

Dalam membuat sebuah produk menjadi lebih baik, beragam hal perlu dilakukan oleh pebisnis. Misalkan perbaikan kemasan, desain yang terdaftar, makanan yang terjamin mutunya dan harga yang bersaing.

Jika kamu penasaran dan butuh ide bisnis untuk mengembangkan bisnis UMKM menjadi lebih baik, simak penjelasan berikut:

Merek produk yang Unik

Dalam membuat merek produk, haruslah orisinil, kreatif dan tidak mudah ditiru. Selain itu, jika memang kamu benar-benar serius maka merek dagang kamu haruslah didaftarkan ke Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual agar tidak ditiru.

Selanjutnya model desain haruslah menarik minat pembeli untuk mencoba atau menggunakan produk kamu. Sisipkan tagline dalam merek produk kamu untuk semakin meyakinkan pembeli akan mutu dan kualitas produk kamu.

Konsistensi dalam Menjalankan Bisnis

Konsisten dalam menjalani usaha adalah suatu hal yang wajib kamu lakukan. Dengan menjadi konsisten dalam mengelola bisnis maka pembeli kamu akan tidak sulit untuk menemukan barang yang kamu jual dan akan menjadi pelanggan setia kamu.

Jika kamu terus konsisten, maka perlahan tapi pasti bisnis kamu akan dilirik oleh konsumen, karena memiliki repotasi yang baik. Reputasi tersebut temasuk konsistensi untuk dalam menjalankan bisnis untuk rentan waktu yang lama.

Kualitas Produk

Memastikan kualitas produk yang kamu jual adalah kualitas yang bagus haruslah dapat dibuktikan. Untuk usaha makanan, ada sertifikasi BPOM, atau ISO. Serifikasi ini sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan konsumen bahwa produk kamu sudah teruji dan mendapatkan reputasi baik dengan ISO.

Selanjutnya, jujurlah pada ingredients atau komponen bahan baku yang kamu masukkan dalam produk kamu. Jika kamu menuliskan Free Alcohol haruslah benar-benar tanpa alcohol. Atau jika kamu menuliskan tanpa bahan pengawet haruslah benar-benar tanpa pengawet.

Memasarkan Produk Sesuai Target Market

Untuk meningkatkan penjualan produk agar menjadi lebih baik, maka hal selanjutnya adalah dengan memasarkan merek dagang kamu tepat ke target konsumennya. Jika produk kamu adalah jajanan maka dipasarkan ke sekolah-sekolahan.

Memasarkan produk yang sudah memiliki nama memang tidaklah sulit. Namun lain halnya jika produk dagang kamu masih baru, maka perlu penjajakan, promo dan teknik-teknik marketing yang menarik minat konsumen.

SDM yang Kompeten

Memiliki SDM (Sumber Daya Manusia) yang kompeten adalah sebuah keharusan. Dengan SDM yang baik maka peluang bisnis kamu akan maju dan berkembang pesat sangat memungkinkan. Oleh sebab itu, pengadaan pelatihan untuk mengembangkan potensi SDM sangat diperlukan dalam bisnis UMKM.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait