Masakan Indonesia Mendunia Ini Bisa Jadi Ide Bisnis Kuliner

ide-bisnis-kuliner

Masakan Indonesia, memiliki ragam dan varian yang cukup banyak yang tersebar di tiap pelosok nusantara. Walau bercita rasa lokal, banyak masakan Indonesia yang terkenal seantero dunia. Bagi kamu yang sedang mencari ide bisnis kuliner, wajib mengetahui deretan masakan Indonesia mendunia ini.

Sebelum membahas lebih jauh, masakan Indonesia dipercaya memiliki bumbu rahasia yang berasal dari para leluhur. Resep masakan tradisonal tersebut dilestarikan dan diturunkan ke generasi selanjutnya.

Inilah yang menyebabkan sebuah masakan Indonesia terasa orisinil. Bahkan beberapa masakan hanya dapat ditemui saat berada di daerah tempat makanan tersebut berasal.

Misalkan saja masakan pedas dengan dominasi cabai yang biasa dikenal dengan sebutan sambal. Setiap daerah memiliki jenis-jenis sambalnya sendiri yang disesuaikan dengan lidah masyarakat lokal. Perbedaan inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai ide bisnis kuliner.

Bagi kamu yang ingin memperdalam ide bisnis kuliner ini, berikut deretas masakan Indonesia yang bisa dijadikan ide bisnis kuliner untuk memulai usaha.

Rendang

Rendang adalah makanan khas indonesia yang berasal dari Padang Sumatera Barat. Rendang dibuat dari daging yang bercita rasa pedas, bumbunya menggunakan dari campuran berbagai bumbu serta rempah rempah asli indonesia. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulah ulang dengan menggunakan santan kelapa. Rendang dikenal dengan proses memasaknya yang cukup lama. Butuh waktu berjam jam untuk menghasilkan warna hitam pekat dan daging yang empuk.

Namun yakinlah bahwa ini akan terbayar kala kamu menyantapnya. Kelezatan rending ini memang sangat sempurna dimana rending berhasil masuk dalam posisi puncak dari 50 makanan paling enak di dunia. Di sebuah hotel di Jerman, rending menjadi sebuah menu makanan paling favorit.

Gudeg

Ragam khas kuliner nusantara dapat kamu temui hampir di setiap sudut kota di Indonesia. Misalkan saja di Yogyakarta, terdapat makanan khas yang paling populer yang dikenal dengan nama gudeg. Gudeg adalah makanan tradisional berbahan dasar nangka dengan rasa manis layaknya masakan Jawa pada umumnya.

Dalam membuat gudeg, bahan dasar terpenting adalah nangka muda. Selanjutnya gudeg akan disajikan dengan opor telur, tahu, tempe dan ayam. Tak kalah penting adalah sambal krecek yang terbuat dari kulit sapi dan kacang kedelai.

Gudeg juga ada dua versi yakni gudeg kering dan basah, dimana penggunaan santan menjadi tolak ukurnya. Jika santannya sedikit maka disebut dengan gudeg kering. Namun jika santannya banyak disebut dengan gudeg basah.

Di kota asalnya, Yogyakarta, gudeg begitu digemari karena harganya murah dan menjadi salah satu panganan yang dipercaya bisa menambah energi karena rasanya yang manis.

Rawon

Rawon merupakan menu masakan tradisional asli Jawa Timur. Rawon memiliki banyak penggemar karena rasanya yang nikmat. Perpaduan daging sapi dan bumbu kluak menjadikan rawon berwarna coklat gelap terasa seperti sup daging.

Rawon memiliki cita rasa yang berbeda dari kebanyakn kuliner tradisional. Ini karena rawon diracik dari bumbu rempah dengan campuran kluak. Rawon meupakan ikon kuliner khas Jawa Timur yang umumnya disajikan dengan nasi hangat dan rebusan tauge.

Untuk manambah kenikmatan rasa, tak jarang banyak orang menambahkan daun bawang, seledri, cabai dan perasan jeruk nipis kedalamnya.

Betutu

Betutu adalah masakan khas Bali dengan menggunakan bahan baku bebek yang dimasak dengan api sekam. Namun jika tidak menyukai ayam, betutu juga bisa dimasak menggunakan ayam. Namun ayam ataupun bebek haruslah di panggang dalam keadaan utuh. Tapi sebelum mulai di panggang, ada baiknya jika bahan utama seperti ayam atau bebek dibumbui agar tidak amis. Selain itu, untuk menambah kenikmatan umumnya ayam atau bebek akan diisi dengan daun singkong.

Bahkan beberapa orang akan sebelum memanggangnya akan terlebih dahulu merebusnya, tujuannya agar tekstur daging bisa empuk saat nantinya dikonsumsi. Dengan daging yang dimasak empuk, dan bumbu yang meresap sempurna rasa masakan khas Bali ini membuat orang tidak sabar untuk mencicipinya. Betutu menjadi santapan paling popular di Gianyar Bali, karena lokasi pembuatannya berada di Gianyar

Woku

Woku sebenarnya adalah metode memasak oleh orang-orang Manado, dengan memasak memakai cara woku, maka nantinya masakan akan memiliki rasa khas. Woku sendiri memiliki dua jenis, yaitu woku balanga dengan cara pemasakan memakai panci (belanga) dan woku daun, yang harus dibungkus dulu dengan daun woka untuk nantinya dikukus atau dipanggang.

Sedang bumbu lengkap dari woku adalah daun bawang, daun kemangi, daun jeruk, daun pkamun, bawang putih, cabai rawit, jahe, kunyit, tomat, dan serai. Dengan perpaduan bumbu ini, dapat dipastikan aneka makanan akan memiliki aroma harum berkat dedaunannya, dan juga bisa menghasilkan rasa pedas dari cabai. Untuk membuatnya mudah, yakni cukup dengan menumis semua bumu hasil rajangan, lalu dimasak bersama daging dan bisa langsung dimasukkan ke dalam daun woka yang dipanaskan dengan bara arang di atasnya.

Bagaimana? Apa kamu sudah mendapat ide bisnis kuliner dari deretan masakan di atas?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , ,
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait