Langkah Menulis Proposal Bisnis Terbaik Untuk Restoran

proposal-bisnis-makanan

Pada dasarnya, kamu bisa bikin bisnis tanpa modal. Bahkan kamu bisa membangun bisnis restoran dengan modal dari investor. Tetapi kamu harus mengajukan proposal bisnis dulu.

Kalau kamu masih awam dengan menulis, kamu bisa mengajak teman buat bikin proposal bisnis. Boleh menulis sendiri? Boleh banget, justru hal itu bikin kamu lebih memahami bisnis yang dirintis. Siap menulis? Di bawah ini terdapat langkah menulis proposal bisnis untuk restoran.

Ringkasan

Pada bagian pertama (ringkasan atau summary), jelaskan secara singkat soal bisnismu. Tulis alasan kamu membuka usahamu, apa pentingnya buat calon pelanggan dan investor, dan tujuan bisnis. Bagaimanapun investor adalah orang yang punya dana. Sehingga ia berhak tahu di awal tentang biaya yang harus dikeluarkan. Lengkapi ringkasan dengan jumlah biaya yang dibutuhkan dan keuntungan yang akan dihasilkan.

Profil Perusahaan

Menulis profil perusahaan seperti menulis ringkasan. Hanya saja kamu harus menjelaskan secara detail. Tulis alasan membuat restoran, nama dan filosofinya, logo, alamat, dan tujuan jangka pendek serta jangka panjang. Jangan lupa menampilkan profil para pendiri (kamu dan teman-teman, misalnya). Jelaskan profil, latar belakang pendidikan, dan pengalaman para pendiri. Profil pendiri perusahaan bisa menarik perhatian investor. Apalagi jika pendiri pernah sukses dalam bisnis sebelumnya.

Analisis Pasar

Tak ada salahnya kamu menyisipkan data pertumbuhan restoran di kotamu. Bagaimana prospek dan analisis pasarnya. Hal ini bisa meyakinkan investor bahwa kamu sangat tertarik di bisnis kuliner. Setelah itu, tulis restoran yang mengusung konsep sama seperti kamu mendatang dan kompetitor yang berada di lokasi sama.

Analisis apa yang telah mereka lakukan, menu, harga, pelanggan, dan lainnya. Lalu bandingkan dengan rencana bisnismu, bagaimana prospek di lokasi tersebut.

Konsep

Inilah saatnya menunjukkan bahwa proposal kamu layak mendapatkan kucuran dana investor. Tulis nama restoran, konsep, desain, menu, karyawan, layanan, target market, akun media sosial. Tunjukkan bahwa konsep ini berbeda dari kompetitor. Pastikan kamu punya perbedaan dari kompetitor, baik dari segi konsep resto, menu, harga, hingga cita rasa. Ini menjadi penting agar usaha kamu memiliki hal unik yang tidak bisa didapatkan dari kompetitor.

Apa perbedaan restoran kamu dan kompetitor? Menu? Bahan-bahan? Desain restoran? Tonjolkan itu semua! Unggah desain daftar menu dan jelaskan bahan-bahan di dalamnya. Apa yang membuat menu itu spesial, apa manfaatnya bagi tubuh, dan dari mana asal bahan tersebut (misal kebun sendiri, petani hidroponik, atau tanaman organik), adakah nilai plus di dalamnya (misal membantu petani sampai empowerment ibu PKK), dan tunjukkan menu yang sudah tersaji.

Sisipkan interior dan lokasi restoran. Kalau restoran sudah beroperasi, perlihatkan foto dan video keseharian di restoran kepada mereka. Seperti persiapan di dapur, restoran beroperasi, pelanggan memesan makanan, suasana sibuk di dapur, sampai lingkungan sekitar. Dengan cara itu, kamu bisa lebih meyakinkan investor untuk memberikan dananya.

Di balik kesibukan restoran, ada sekumpulan pegawai yang peranannya sangat penting. Dalam proposal bisnis, kamu dapat menjelaskan bagaimana merekrut mereka, apa skill dan tugas mereka, dan apa saja pengalaman mereka.

Marketing

Dunia kuliner sangat kompetitif. Untuk mempertahankan bisnis, kamu harus punya strategi bisnis. Mulai dari promosi online dan offline, endorsement, sampai publisitas secara luas. Kalau tidak mau repot, kamu bisa pakai konsultan komunikasi untuk marketing.

Keuangan

Ini adalah bagian yang tak kalah penting dalam proposal bisnis. Tanpa uang dan perhitungan tepat, restoran bisa kacau. Tulis kebutuhan dana yang kamu butuhkan dan digunakan untuk apa saja. Untuk mengontrol keuangan restoran, kamu membutuhkan akuntan berpengalaman untuk membantu kamu memiliki keuangan sehat.

Bagaimana, siap menulis proposal bisnis?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait