Contoh Proposal Bisnis yang Menarik Perhatian Investor

Contoh Proposal Bisnis yang Menarik Perhatian Investor
Contoh Proposal Bisnis yang Menarik Perhatian Investor

Ingin memulai bisnis tapi masih membutuhkan tambahan modal? Bukan hal baru jika entrepreneur mencari dukungan dana ke investor. Entah untuk membuka bisnis baru maupun pengembangan bisnis. Pencarian dana tidak serta merta mendatangi investor langsung. Tetapi dengan mengirimkan proposal bisnis ke investor. Kamu bisa melihat contoh proposal bisnis yang baik di Internet dan akan membantu kamu membuat proposal bisnis dengan mudah.

Bagi kamu yang tidak terbiasa menulis, membuat proposal bisnis mungkin akan terlihat sulit, mulai menulis dari mana dan apa saja yang harus ditulis. Padahal jika melihat contoh proposal bisnis, ada step-by-step membuat proposal bisnis yang menarik perhatian investor untuk mulai mendanai bisnis kamu.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuat proposal bisnis, ada baiknya kamu memahami apa itu proposal bisnis? Proposal bisnis merupakan penawaran tertulis dari penjual ke calon pembeli, dalam dunia bisnis, biasanya proyek besar dimulai dengan proposal yang sangat kuat,baik secara konsep hingga yang mampu meyakinkan investor. Di bawah ini adalah beberapa tips dan contoh membuat proposal bisnis yang bisa menarik hati calon investor.

Tulis dengan Bahasa yang Benar

Dalam pembuatan proposal bisnis, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah menulis proposal bisnis dengan benar. Artinya kamu harus menulis sesuai kaidah bahasa (Indonesia, Inggris), yaitu menggunakan bahasa formal, perhatikan struktur kalimat, tanda baca, dan cek setelah selesai menulis. Jangan sampai ditemukan kesalahan huruf atau angka.

Yakinkan Bahwa Bisnis Kamu Penting

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah meyakinkan investor bahwa bisnis kamu penting. Tuangkan manfaat apa saja akan didapat investor jika mendanai bisnis kamu melalui kalimat dalam proposal. Pastikan kamu menulis tentang filosofi bisnis, value yang akan diterima oleh pelanggan, bisnis yang akan memengaruhi banyak orang, nilai positif yang diperoleh investor, hingga pentingnya peran investor dalam bisnis kamu.

Jika punya data dan hasil riset, tunjukkan kepada mereka mengenai masa depan bisnis kamu. Kenalkan juga tim kamu dan keahlian masing-masing. Jangan lupa, tulis perincian dana yang kamu miliki dan permintaan dana dari investor. Hal tersebut menunjukkan seberapa besar keseriusan kamu terhadap bisnis.

Tulis degan Padat & Tidak Bertele-tele

Hindari untuk menulis proposal bisnis yang terlalu panjang. Mengingat pekerjaan investor tidak cuma membaca proposal, jadi bikin proposal bisnis sekitar 15-20 halaman. Jangan menulis terlalu panjang.

Cobalah menulis proposal seringkas mungkin, namun tidak mengabaikan kebutuhan investor. Cobalah asumsikan diri kamu sebagai investor dengan kesibukan dan urusan yang cukup banyak. Tentunya kamu tidak akan menghabiskan banyak waktu berjam-jam hanya untuk membaca proposal rencana bisnis setebal puluhan atau ratusan halaman bukan? Jadi, pastikan kamu membuat proposal seinformatif mungkin dan lebih ringkas.

Pastikan Semua Elemen Proposal Tertuang dalam Proposal

Contoh proposal bisnis yang baik biasanya memuat elemen apa saja yang harus ditulis. Elemen proposal adalah abstraksi (menjelaskan mengenai bisnis secara singkat namun menarik perhatian), pendahuluan (menulis tentang latar belakang, visi, misi bisnis), detail bisnis (tujuan dan filosofi bisnis, sumber daya manusia, hingga risiko yang akan dihadapi), pemasaran (tentang strategi dan cara memasarkan produk), dan keuangan (semua hal tentang modal, total biaya yang telah dikeluarkan, dan biaya yang dibutuhkan).

Perhatikan Penutup Proposal

Bagian akhir atau penutup tidak kalah penting. Jelaskan bahwa investor ini merupakan orang yang tepat dalam bisnis. Tetapi kalau sekiranya investor tidak memberikan balasan atau feedback dalam tiga bulan mendatang, kamu bisa mulai mencari pendanaan ke investor lain. Meski kamu butuh dana, kamu tetap harus menjaga sikap dan tetap profesional.

Contoh Proposal Usaha Makanan

Saat ini banyak pengusaha yang mulai beralih atau memulai bisnis kuliner. Ini semua terlihat dari perkembangan bisnis tersebut di Indonesia. Selain itu, pemerintah juga menargetkan bahwa bisnis ini bisa meningkat hingga 9% di tahun 2020. Karena itulah di bawah ini Ajaib akan memberikan contoh proposal yang baik dan benar, juga bisa kamu tiru.

CONTOH:

Nama Perusahaan: PT Singkong Jakarta Manis

Visi: Menjadikan singkong sebagai makanan populer uang dikemas secata menarik di kalangan masyarakat

Tujuan utama: Mensosialisasikan produk makanan berbahan dasar singkong kepada masyarakat dalam bentuk dan packaging yang menarik, serta mampu menjalankan bisnis sekaligus membantu para petani singkong untuk memasarkan singkong di Indonesia

Latar Belakang

a. Konsumen singkong “sepi peminat” (Menteri LH, 2014)

b. Banyak masyarakat yang kurang mengetahui bahwa singkong bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti beras.

c. Banyak petani singkong yang belum maksimal memasarkan singkong hasil panennya (Kompasiana,2013)

Survei Pasar

Analisis calon pembeli: Toko Jakarta Manis dibuat dengan segmentasi seluruh lapisan masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa. Tempat ini cocok digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, teman, dan rekan kerja.

Kebutuhan masyarakat yang terpenuhi: Kebutuhan makanan akan sumber karbohidrat. Selain hidangan nasi dan lauk, singkong juga bisa disajikan dengan lauk dan dapat menggantikan kebutuhan makanan berat. Selain itu, masyarakat Indonesia juga memiliki kebutuhan akan camilan yang dapat dipenuhi dengan komposisi singkong sebagai dessert.

Peluang Bisnis

Peluang Produk Jakarta Manis: Ketertarikan pada sarana pra sarana kedai dan produk yang bercita rasa pemenuhan dessert dan makanan berat berbasis singkong.

Lokasi Kedai Jakarta Manis: Pusat kota Jakarta, alasan: strategis, masyarakat Jakarta cinta kuliner yang unik.

Tren masyarakat hari ini:

a. Berfoto “Selfie”

b. Tren untuk mengupload foto di media sosial

c. Tren untuk menginformasikan aktivitas pribadi di media sosial

d. Tren untuk menginformasikan “lokasi saat ini” di media sosial

Perubahan Gaya hidup

a. Masyarakat Indonesia lebih cenderung makan di luar rumah

b. Masyarakat cenderung mencari hal praktis/cepat saji

c. Masyarakat semakin memerhatikan gizi setiap makanan:pola hidup sehat

Rumusan Masalah

a. Mencari sumber lahan

b. produksi singkong

c. Distribusi bahan bakuke tempat pembuatan singkong Jakarta Manis

d. Sistem produksi bahan baku singkong pada lahan mandiri

e. Lokasi kedai di tengah kota sehingga jarak distribusi bahan baku dari lahan produksi terbilang jauh

Solusi Permasalahan

a. Bekerja sama dengan petani singkong untuk membantu memproduksi bahan baku singkong

b. Pengembangan dilakukan dengan menambah lahan milik sendiri, juga mempekerjakan orang baru untuk bekerja (membuka lapangan pekerjaan)

c. Menyiapkan distributor yang optimal

Deskripsi Bisnis

Singkong Jakarta Manis merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan berbahan singkong yang disajikan dalam berbagai rasa yang unik dan pas di lidah orang Indonesia.

Cita rasa manis diwakilkan oleh singkong yang diberi saus bermacam rasa: vanilla, cokelat, green tea, keju, tiramisu, taro, susu, dan juga saus buah. Cita rasa asin diwakilkan oleh singkong itu sendiri, yaitu produk singkong rebus yang diberi bumbu cita rasa khas Indonesia seperti bumbu rendang, opor, dan gulai.

Dengan produk tersebut, diharapkan nilai jual singkong meningkat, seiring kebermanfaatannya menjadi bahan makanan pokok alternatif selain nasi.

Produk

Manis: Vanilla, Oreo, Green tea, Cokelat, Tiramisu, Cappuchino, Red velvet, Taro, Aneka rasa buah, Es krim, Yogurt, Keju

Asin: Saus padang Saus bolognese, Saus tiram, Saus asam manis, Cabe hijau, rendang, opor, kari ayam, baso, soto,

Keunikan Jakarta Manis Castle

Menunggu hidangan disajikan: Pelanggan diberikan fasilitas bermain di mejanya masing-masing. Terdapat papan ular tangga, monopoli, kartu uno di meja. Tujuannya: memberikan rasa nyaman ketika harus menunggu. Ini juga bisa meningkatkan interaksi pengunjung dengan orang yang mereka ajak datang, dibanding hanya dihabiskan dengan gadget.

Sistem penjualan: Kedai dibuat seperti prasmanan khusus untuk memilih topping atau pilihan bumbu, apakah pembeli akan memilih rasa asin atau manis.

Desain Kedai Kedai: dibuat dengan nuansa “localized” yang mengandung unsur Jakarta kuno, cat tembok dihiasi dengan gambar-gambar daun singkong, kursi-kursi terbuat dari kayu-kayu batang pohon, pintu masuk dihias dengan cokleat-hijau sesuai dengan singkong dan jakarta itu sendiri.

Jasa Event Organizer: Pembeli yang berulang tahun dan mengunjungi toko bisa mendapat hidangan gratis dan surprise dari karyawan. Namun, mereka harus menunjukkan foto copy KTP.

Kesimpulan

Bisnis makanan dari bahan baku singkong ini diprediksi dapat memperoleh keuntungan. Masyarakat semakin termotivasi untuk mencari makanan lain di luar nasi sebagai makanan pokok sumber karbohidrat.

Itulah beberapa hal penjelasan mengenai proposal dan contoh proposal bisnis beserta strukturnya atau tanyanya ke teman yang pernah melakukan hal ini. Semoga sukses memikat perhatian investor.

Bacaan menarik lainnya:

Sukirno, Sadono. (2010). Makroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait