Contoh Proposal Bisnis yang Menarik Perhatian Investor

Contoh Proposal Bisnis yang Menarik Perhatian Investor
Contoh Proposal Bisnis yang Menarik Perhatian Investor

Ingin memulai bisnis tapi masih membutuhkan tambahan modal? Bukan hal baru jika entrepreneur mencari dukungan dana ke investor. Entah untuk membuka bisnis baru maupun pengembangan bisnis. Pencarian dana tidak serta merta mendatangi investor langsung. Tetapi dengan mengirimkan proposal bisnis ke investor. Kamu bisa melihat contoh proposal bisnis yang baik di Internet dan akan membantu kamu membuat proposal bisnis dengan mudah.

Bagi kamu yang tidak terbiasa menulis, membuat proposal bisnis mungkin akan terlihat sulit, mulai menulis dari mana dan apa saja yang harus ditulis. Padahal jika melihat contoh proposal bisnis, ada step-by-step membuat proposal bisnis yang menarik perhatian investor untuk mulai mendanai bisnis kamu.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuat proposal bisnis, ada baiknya kamu memahami apa itu proposal bisnis? Proposal bisnis merupakan penawaran tertulis dari penjual ke calon pembeli, dalam dunia bisnis, biasanya proyek besar dimulai dengan proposal yang sangat kuat,baik secara konsep hingga yang mampu meyakinkan investor. Di bawah ini adalah beberapa tips dan contoh membuat proposal bisnis yang bisa menarik hati investor.


Tulis dengan Bahasa yang Benar

Dalam menulis proposal bisnis, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah menulis proposal bisnis dengan benar. Artinya kamu harus  menulis sesuai kaidah bahasa (Indonesia, Inggris), yaitu menggunakan bahasa formal, perhatikan struktur kalimat, tanda baca, dan cek setelah selesai menulis. Jangan sampai ditemukan kesalahan huruf atau angka.


Yakinkan Bahwa Bisnis Kamu Penting

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah meyakinkan investor bahwa bisnis kamu penting. Tuangkan manfaat apa saja akan didapat investor jika mendanai bisnis kamu melalui kalimat dalam proposal. Pastikan kamu menulis tentang filosofi bisnis, value yang akan diterima oleh pelanggan, bisnis yang akan memengaruhi banyak orang, nilai positif yang diperoleh investor, hingga pentingnya peran investor dalam bisnis kamu.

Jika punya data dan hasil riset, tunjukkan kepada mereka mengenai masa depan bisnis kamu. Kenalkan juga tim kamu dan keahlian masing-masing. Jangan lupa, tulis perincian dana yang kamu miliki dan permintaan dana dari investor. Hal tersebut menunjukkan seberapa besar keseriusan kamu terhadap bisnis.


Tulis degan Padat & Tidak Bertele-tele

Hindari untuk menulis proposal bisnis yang terlalu panjang. Mengingat pekerjaan investor tidak cuma membaca proposal, jadi bikin proposal bisnis sekitar 15-20 halaman. Jangan menulis terlalu panjang.


Pastikan Semua Elemen Proposal Tertuang dalam Proposal

Contoh proposal bisnis yang baik biasanya memuat elemen apa saja yang harus ditulis. Elemen proposal adalah abstraksi (menjelaskan mengenai bisnis secara singkat namun menarik perhatian), pendahuluan (menulis tentang latar belakang, visi, misi bisnis), detail bisnis (tujuan dan filosofi bisnis, sumber daya manusia, hingga risiko yang akan dihadapi), pemasaran (tentang strategi dan cara memasarkan produk), dan keuangan (semua hal tentang modal, biaya yang telah dikeluarkan, dan biaya yang dibutuhkan).


Perhatikan Penutup Proposal

Bagian akhir atau penutup tidak kalah penting. Jelaskan bahwa investor ini merupakan orang yang tepat dalam bisnis. Tetapi kalau sekiranya investor tidak memberikan balasan atau feedback dalam tiga bulan mendatang, kamu bisa mulai mencari pendanaan ke investor lain. Meski kamu butuh dana, kamu tetap harus menjaga sikap dan tetap profesional.

Masih bingung atau sudah jelas membuat proposal? Kalau belum jelas, kamu bisa mempelajari contoh proposal bisnis beserta strukturnya atau tanyanya ke teman yang pernah melakukan hal ini. Semoga sukses memikat perhatian investor.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait