Investor Pemula, Saham

3 Buku yang Direkomendasikan untuk Investor Saham

3 Buku yang Direkomendasikan untuk Investor Saham

Investasi saham menjadi salah satu ladang uang yang paling direkomendasikan oleh banyak orang. Terbukti banyak jutawan yang sudah dihasilkan dari transaksi jual beli saham ini. Sayangnya menjadi seorang investor saham bukan lah sesuatu yang mudah.

Kamu bisa menjadi investor saham dengan trading saham. Ada yang kemudian menerapkan trading saham dengan patokan harga sehari-hari untuk menjual atau membeli saham untuk mendapatkan keuntungan berupa capital gain. Bisa pula menjadi pemegang saham perusahaan dengan sejumlah lembar saham dalam waktu lama untuk mendapatkan pembagian untung perusahaan berupa dividen.

Perbedaan keduanya adalah soal waktu. Berinvestasi saham dengan menjadi pemegang saham butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan untung. Sedangkan dengan jual beli saham untuk investasi menghasilkan keuntungan lebih cepat meskipun perlu teknik yang lebih tinggi.

Saham merupakan salah satu instrumen investasi paling menguntungkan karena risikonya tinggi. Hal ini karena fluktuasi harga suatu emiten sulit untuk diprediksi. Kamu bisa saja kaya dalam satu malam dan kehilangan uang yang kamu tanamkan seketika pula. Kuncinya tentu saja memilih perusahaan yang paling menguntungkan di waktu yang paling menguntungkan.

Mengetahui momen yang tepat dan emiten yang sesuai itulah yang mungkin tidak mudah dilakukan oleh investor saham pemula. Diperlukan skill yang tinggi termasuk dengan kemampuan analisis harga saham yang tentu tidak bisa dikuasi begitu saja. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mencari sebanyak mungkin pengetahuan soal pasar saham.

Dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang, rasanya lebih mudah mencari tips dan trik menjadi investor saham. Namun cara konvensional seperti membaca buku juga tak kalah baiknya. Apalagi jika kamu belajar dari sejumlah buku yang sudah diakui manfaatnya oleh banyak investor saham sebelum kamu.

Buku yang Wajib Kamu Baca Sebelum Menjadi Investor Saham

Pada era milenium ketiga, banyak generasi muda yang semakin sadar tentang pentingnya investasi. Banyak yang kemudian mencari referensi investasi apa saja yang aman, mudah, dan mempunyai potensi untuk kelangsungan hidup di masa depan.

Salah satu instrumen pilihan yang kini banyak diminati adalah saham. Meski demikian, masih banyak orang yang memiliki anggapan investasi tersebut sulit dan mahal. Padahal, sebenarnya menjadi investor tidaklah rumit dan mahal.

Ada 3 buku populer yang dapat menjadi referensi kamu sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Simak ulasan di bawah ini.

1. Yuk Nabung Saham I: Selamat Datang Investor Indonesia!

Buku karya Nicky Hogan ini mematahkan pandangan negatif yang selama ini ada di masyarakat tentang saham. Pandangan bahwa investasi di pasar modal mahal dan hanya dikhususkan untuk orang kaya ternyata tidak benar.

Pada buku ini dijelaskan bahwa, hanya dengan Rp100.000 kamu sudah dapat menjadi investor. Tanpa sadar, disekeliling kita banyak perusahaan yang sahamnya dapat kamu beli. Ada lebih dari 500 perusahaan di Indonesia yang sahamnya dapat kamu miliki setiap saat.

Nicky Hogan menyampaikan bahwa waktu yang paling tepat untuk berinvestasi adalah saat ini. Demi persiapan menghadapi masa mendatang. Untuk mengatasi inflasi yang tidak dapat kita hindari, diperlukan strategi jangka panjang yang memberikan dampak yang optimal.

2. Smart Trader Rich Investor, Panduan Sukses Berbisnis Saham bagi Pemula

Ellen May, penulis dari buku ini menjelaskan bahwa memulai bisnis saham sama seperti jenis bisnis lainnya. Harus ada tindakan yang tepat dalam setiap langkah yang diambil.

Pasar saham merupakan instrumen bisnis trading jangka pendek. Serta instrumen pilihan investor jangka panjang yang memiliki potensi keuntungan besar. Hanya saja, saat ini masih sedikit orang yang menikmati hasil dari bisnis tersebut. Hal itu disebabkan minimnya informasi mengenai investasi ini.

Ellen May adalah seorang pakar saham yang mempunyai reputasi baik dibidangnya. May memaparkan secara terperinci setiap langkah yang diperlukan bagi para pemula yang ingin berinvestasi.

Pada buku tersebut, kamu diberikan banyak informasi mengenai investasi. Apa itu saham dan jenis-jenisnya, bagaimana cara memulai investasinya. Istilah-istilah penting yang berkaitan, serta strategi mengenai trading dan investasi.

Kamu juga diberikan motivasi positif untuk memulai. Selain itu, yang membuat buku ini semakin mudah dipahami, dilengkapi dengan ilustrasi humor dan bahasa yang ringan. Banyak penjelasan serta contoh menarik yang membuat kamu mengerti tentang pentingnya investasi.

3. Menjadi Kaya & Terencana dengan Reksa Dana

Buku ini memaparkan bahwa reksa dana itu mudah dan memiliki hasil yang optimal. Hal itu karena terdapat tim ahli yang memilih saham dan mengerjakannya secara profesional. Sehingga, akan diperolah hasil yang maksimal dari produk investasi tersebut.

Ryan Filbert, penulis buku ini memberikan informasi detail tentang reksa dana. Kamu hanya perlu membeli reksa dana dan tinggal menikmati pertumbuhan dana positif. Hal ini berkat strategi Manajer Investasi dalam mengelola sebuah reksa dana.

Penjelasan lain yang menarik dari buku karya Ryan Filbert ini adalah bagaimana memilih reksa dana yang sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Juga bagaimana strategi untuk menghindari kerugian investasi dari reksa dana.

Itulah 3 buku yang direkomendasikan untuk kamu yang ingin menjadi investor saham. Karena mengandung informasi berguna bagi yang akan mulai masuk dalam dunia investasi saham. Mungkin saja investasi saham dianggap sulit bagi banyak orang. Namun dengan persiapan yang matang tentunya kamu bisa menjadi investor yang handal pula.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait