Saham

Keuntungan Trading Saham Harian yang Bisa Trader Dapatkan

keuntungan trading saham harian

Ajaib.co.id – Apa sih keuntungan trading saham harian? Bagi kamu yang bertanya-tanya mengenai hal ini, redaksi Ajaib memiliki jawabannya dalam ulasan ini.

Trading saham harian biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin cepat mendapatkan hasil. Cara kerja trading saham harian ini yang bisa kamu mengerti dengan mudah adalah saham yang kamu beli hari ini, kamu juga jual di hari yang sama.

Trading saham harian biasanya dilakukan karena biaya administrasinya yang cukup murah, dan kamu bisa mendapatkan keuntungan trading saham harian di hari itu juga. Namun yang harus diingat keuntungannya memang tidak sebanyak ketika kamu melakukan investasi saham dengan jangka yang lebih panjang.

Jika kamu memperhatikan harga saham yang bisa berubah setiap jam, bahkan setiap menitnya itu dikarenakan cukup banyak para trader yang mempraktikkan trading saham. Ada beberapa alasan yang membuat trading saham harian itu banyak peminatnya.

Mengumpulkan Profit Harian

Istilah sedikit-sedikit lama-kelamaan menjadi bukit bisa kamu alami ketika mempraktekkan trading saham harian. Misalnya kamu membeli satu saham di harga Rp4.000, lalu setelah menunggu pergerakannya hingga di siang hari, kamu menjual di harga Rp.5000, dan ada yang membelinya. Dari sanalah kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Walau keuntungan trading saham harian tidak sebanyak ketika kamu melakukan investasi saham jangka panjang, trading saham jenis ini bisa membuatmu punya keuntungan setiap harinya. Asalkan kamu punya strategi yang tepat dalam melaksanakannya.

Menghindari Risiko Kerugian

Trading saham harian bisa membuatmu bergerak cepat ketika adanya indikasi harga saham yang kamu beli mengalami penurunan. Jika kamu menunggu menjualnya sampai esok harinya, bisa saja harga sahamnya semakin turun, dan kamu malah harus menjual sahamnya dengan harga lebih murah.

Saham yang harganya sedang anjlok biasanya akan banyak dijual oleh trader lain juga, jadi biar ada yang membeli mau tidak mau kamu menjualnya dengan harga lebih murah. Tentu saja hal inilah yang perlu kamu hindari.

Kabar baiknya dengan menjadi trader saham harian, kamu bisa mengatasi hal di atas dengan cukup baik. Caranya adalah pemantauan dilakukan di setiap waktu.

Mendapatkan Modal dengan Cepat

Jika kamu bisa meraih keuntungan trading saham harian secara konsisten, kamu bisa mendapatkan modal lebih untuk menambah jumlah saham yang dibeli setiap harinya. Dari sini kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih lagi.

Jadi, trading saham harian ini tidak salah untuk dilakukan jika kamu mempraktekannya sesuai dengan kondisi. Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan kegiatan ini karena segala sesuatu yang menguntungkan juga memiliki risikonya masing-masing.

Pilihlah Saham yang Punya Reputasi Bagus

Saham yang punya reputasi bagus di sini maksudnya adalah saham yang likuid. Yang pergerakan naik-turunnya wajar karena itu berarti para trader sering melakukan transaksi pada saham tersebut. Kamu bisa memperhatikan berapa persen kenaikan harga saham dan penurunannya tidak lebih dari 20% dalam sehari.

Itu berarti saham tersebut bisa kamu andalkan dengan baik. Karena kamu ingin punya profit yang konsisten, sebaiknya hindari membeli saham yang harganya sering naik-turun secara drastis melebihi presentase itu.

Harus Menentukan Target Profit yang Wajar

Hal yang kamu perlu ingat juga ketika melakukan trading saham harian ini adalah kamu perlu mendapatkan keuntungan yang konsisten, bukan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Di atas telah disebutkan bahwa keuntungan trading saham harian itu berbanding jauh dengan investasi saham jangka panjang, tapi kamu bisa mendapatkan keuntungan jika mampu bermain cantik.

Keuntungan trading saham per hari sudah cukup baik jika kamu mendapatkannya sebanyak 1%-3%. Namun, jika kamu mematok target keuntungan per hari yang cukup tinggi risikonya malah tambah besar pula. Bukannya mendapatkan keuntungan, yang ada kamu mengalami kerugian karena tidak memanfaatkan momentum yang pas.

Kelola Modal dengan Baik

Walaupun modalmu bertambah seiring keuntungan yang didapatkan dari trading saham harian, kamu perlu bijak dalam mengalokasikan modal. Cara yang salah jika kamu malah mengeluarkan semua modalmu untuk bertransaksi saham karena hal itu terlalu risiko.

Ellen May, seorang pakar saham ternama asal Indonesia menyarankan kamu menggunakan maksimal 20% dari modal yang dimiliki untuk bertransaksi. Hal ini untuk menjaga kestabilan keuanganmu, sehingga ketika bertransaksi emosimu akan tetap terjaga dengan baik.

Akan tidak baik jika kamu bertransaksi dalam keadaan emosi yang buruk akibat kerugian yang dialami. Yang ada kamu tidak bisa berpikir dengan jernih. Padahal kamu memerlukan pikiran jernih dan optimal ketika memutuskan sebuah langkah yang diambil dalam transaksi saham.

Dibarengi dengan Investasi Saham Jangka Panjang

Jika kamu adalah trader saham pemula, tidak ada salahnya melakukan trading saham jangka pendek dan juga investasi saham untuk jangka panjang. Trading saham biasanya istilah yang digunakan untuk transaksi saham jangka pendek, sedangkan investasi saham adalah istilah yang digunakan untuk transaksi saham jangka panjang.

Dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi jika dua-duanya bisa dilakukan dengan baik, akan mendatangkan keuntungan yang berlipat-lipat juga. Diversifikasi investasi seperti ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko juga.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa trading saham seharian sebenarnya bisa mendatangkan profit yang bagus asalkan kamu punya strategi yang tepat dalam menjalankannya. Kamu harus rajin memantau grafik setiap saat agar tidak ketinggalan pembaruan dari harga saham yang bergerak di pasar modal.

Untuk kamu yang tertarik dengan saham, tapi di ruang lingkup reksa dana saham, kamu bisa menghubungi Ajaib. Ajaib menyediakan berbagai produk reksa dana menarik yang bisa kamu miliki. Jangan ragu untuk menghubungi kami.

Bacaan menarik lainnya:

Darmadji, Tjiptono, dan Fakhruddin. (2012). Pasar Modal Di Indonesia. Edisi Ketiga.Jakarta: Salemba Empat


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait