Jenis Saham yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berinvestasi

Jenis Saham yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berinvestasi
Jenis Saham yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berinvestasi

Saham atau ekuitas merupakan surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan seseorang atas suatu perusahaan yang memiliki beberapa jenis saham. Dengan melakukan pembelian saham, kamu memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. Dengan demikian, kamu juga memiliki hak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen di akhir tahun periode pembukuan perusahaan. Dividen adalah pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki.

Dahulu bentuk saham berupa selembar kertas yang di dalamnya menjelaskan pemiliknya. Tapi, saat ini bentuk kepemilikan saham berupa account atas nama pemiliknya tanpa warkat (instrument perbankan, antara lain cek dan inkaso).

Jika kamu tertarik untuk investasi saham, maka ada baiknya kamu mengetahui jenis saham. Apa sajakah jenis saham yang perlu kamu ketahui? Jenis saham sendiri dibedakan menjadi dua yaitu jenis saham berdasarkan klaim dan hak tagih dan jenis saham berdasarkan cara peralihannya. Di bawah ini, Ajaib akan memberikan penjelasannya. 

Jenis Saham Berdasarkan Kemampuan Klaim Dan Hak Tagih

a. Common Stock (Saham Biasa) 

Common Stock atau saham biasa merupakan jenis saham yang paling populer di pasar modal, serta paling sering dimanfaatkan. Pada saat perusahaan mendapatkan keuntungan, maka pemilik saham ini akan menerima dividen. Namun, pemilik saham ini tidak akan menerima dividen pada saat perusahaan dalam kondisi yang tidak menguntungkan.

Pemilik saham ini memiliki hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Jika perusahaan mengalami kolaps atau dilikuidasi, maka pemegang saham akan diberikan hak atas sisa aset perusahaan. Hak itu diberikan setelah utang pada pihak lain terlunasi.

Ciri-ciri saham biasa di antaranya: apabila perusahaan dilikudidasi maka akan menerima sisa aset atau kekayaan. Memiliki hak suara dan haknya lebih didahulukan, serta dapat memilih dewan komisaris.

b. Preferred Stock (Saham Preferen)

Preferred Stock atau saham preferen merupakan jenis saham yang pemegang sahamnya mendapatkan sebuah hak istimewa dan pasti pada pembayaran dividen. Apabila sebuah bank dilikuidasi, maka pemegang saham preferen memperoleh hak dari sisa aset perusahaan. Hak itu mereka dapatkan sebelum pemegang saham biasa.

Selain itu, pemegang saham preferen akan memperoleh hak yang lebih tinggi dari pemegang saham biasa. Maksudnya adalah jumlah dividen yang diterima oleh pemegang saham ini telah ditetapkan terlebih dahulu.

Ciri-ciri saham preferen di antaranya: dividen kumulatif, dapat ditukar menjadi saham biasa (populer disebut konvertibilitas), dan memiliki beberapa tingkatan level.

Ciri-ciri selanjutnya: pemegang sahamnya memiliki hak yang lebih tinggi daripada pemilik saham biasa. Dalam RUPS tidak memiliki hak suara seperti saham biasa. Saat adanya pembagian dividen akan didahulukan. Terakhir, apabila perusahaan kolaps maka sisa asetnya akan dibagikan terlebih dahulu sebelum diterima oleh pemegang saham biasa.

Jenis Saham Berdasarkan Cara Peralihannya

a. Bearer Stocks (Saham Atas Unjuk)

Nama pemilik tidak akan ditulis dalam saham jenis ini. Hal itu agar memberi kemudahan jika dipindahtangankan oleh satu investor kepada investor lainnya. Pemegang saham memiliki hak untuk datang ke RUPS karena diakui sebagai pemilik jika memegang saham tersebut secara hukum.

b. Registered Stocks (Saham Atas Nama)

Nama pemilik saham ditulis dengan jelas. Peralihan kepemilikan saham wajib dilakukan dengan prosedur yang ditentukan.

Itulah jenis saham yang perlu kamu ketahui sebelum bermain saham. Dengan mengetahui informasi di atas, Ajaib berharap kamu bisa memilih dan menentukan jenis saham sesuai kebutuhan dan tujuan investasimu. Jadi tunggu apalagi? Pilih saham sekarang dan dapatkan keuntungan investasi saham!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait