Pahami Perbedaan Antara Pendapatan Investasi dan Capital Gain

Ketika Anda melakukan investasi, Anda mengharapkan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi itu. Penghasilan ini datang kepada Anda dalam salah satu dari 2 cara berbeda yaitu pendapatan investasi dan apresiasi nilai.
# Pendapatan Investasi
Kebanyakan orang mendapatkan pendapatan mereka melalui gaji, tetapi berinvestasi di pasar uang juga dapat menghasilkan pendapatan tambahan, yang disebut pendapatan investasi. Beberapa pendapatan investasi disebabkan oleh capital gain. Namun, pendapatan yang bukan merupakan hasil dari capital gain mengacu pada bunga yang diperoleh atau dividen.
Tidak seperti capital gain, jumlah pengembalian untuk investasi ini tidak bergantung pada pengeluaran modal awal. Dalam contoh capital gain, asumsikan perusahaan ABC membayar dividen 2 ribu per saham untuk masing-masing 100 saham yang dibeli investor. Jika dividen dibayarkan sebelum penjualan saham, pendapatan investasi yang dihasilkan adalah 2 ribu x 100, atau 200 ribu.
Bunga adalah jenis yang paling banyak dipahami. Ketika Anda memasukkan uang Anda ke rekening bank tabungan atau deposito, Anda mendapat penghasilan bunga. Tingkat bunga tetap dan jumlah dibayarkan kepada Anda juga tetap.
Rekening tabungan yang berjumlah 5 juta dengan tingkat bunga 6% per tahun akan menghasilkan pendapatan investasi sebesar 300 ribu (5 juta x 0,06 = 300 ribu) pada tahun pertama.
# Capital Gain
Ketika Anda berinvestasi dalam aset seperti properti atau emas, nilainya akan meningkat seiring waktu. Apresiasi nilai aset Anda ini adalah keuntungan, disebut capital gain, yang sering kali tidak teratur dan tidak dapat diprediksi.
Misalnya, mari kita asumsikan seorang investor telah membeli 100 saham di perusahaan ABC seharga 10 ribu per saham. Modal belanja atau Capital Expenditure, oleh karena itu, adalah 10 ribu x 100 lot, atau 1 juta rupiah.
Sekarang asumsikan nilai setiap saham naik menjadi 20 ribu, sehingga total investasi bernilai 2 juta (20 ribu x 100 = 2 juta). Jika investor menjual saham dengan nilai pasar, total pendapatan adalah 2 juta. Keuntungan modal dari investasi ini kemudian sama dengan total pendapatan dikurangi modal awal (2 juta – 1 juta = 1 juta).
Hal yang sama terjadi ketika Anda berinvestasi dalam saham atau reksa dana. Pengembalian Anda datang dalam bentuk keuntungan yang Anda dapatkan ketika nilainya meningkat.
Ketika Anda berinvestasi melalui Ajaib, uang Anda diinvestasikan dalam reksa dana. Itu tidak menghasilkan bunga tetapi diperkirakan akan meningkat nilainya.
Perbedaan utama lainnya antara capital gain dan jenis lain dari pendapatan investasi adalah tingkat di mana mereka dikenakan pajak. Tarif pajak bervariasi tergantung pada jenis investasi, jumlah laba yang dihasilkan dan lamanya waktu investasi diadakan.
Share to :
Artikel Terkait