Kenal Lebih Jauh dengan Gerakan Yuk Nabung Saham dari BEI

yuk-nabung-saham
yuk nabung saham

Yuk Nabung Saham adalah gerakan yang digagas oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) selaku pasar modal sejak September 2015 lalu. Program ini dirancang untuk mengembangkan industri pasar modal ke arah yang lebih baik dengan menambah jumlah investor baru. Hal ini juga sekaligus memberikan pendidikan soal investasi bagi masyarakat kebanyakan untuk menjadikan berinvestasi sebagai suatu kebutuhan.

Investasi sendiri merupakan cara mengolah uang milikmu dengan lebih efektif daripada sekedar ditabung. Alasannya adalah marjin keuntungan yang lebih meskipun resikonya juga lebih tinggi. Pemula seperti kamu bisa mengakalinya dengan memilih investasi yang aman sebagai permulaan seperti reksa dana bersama Ajaib, membeli emas, deposito berjangka atau aset. Selain itu, bentuk investasi lain dengan persentase keuntungan lebih besar adalah obligasi dan saham.

Apa Itu Yuk Nabung Saham?

Gerakan ini berusaha mengubah pola masyarakat yang lebih banyak menabung ke menanamkan investasi. Caranya adalah dengan mengajak masyarakat berinvestasi di pasar modal dengan sistem share saving alias dengan cara berbagi. Saham dikenal sebagai investasi yang membutuhkan modal besar sehingga BEI mengajak masyarakat menabung saham dengan program ini.

Tabungan saham bisa dilakukan dengan nominal mulai Rp100.000 per bulan dengan harapan bisa dilakukan secara rutin tanpa membebani. Harapannya kemudian terbangun pola pikir masyarakat untuk lebih sering menabung saham dibandingkan simpanan biasa. Apalagi, pasar modal lebih menjanjikan keuntungan lebih banyak dibandingkan suku bunga tabungan biasa di bank.

Cara Menabung Saham

Kamu yang tertarik berinvestasi dengan menabung saham bisa melakukannya dengan membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Kampanye YNS ini menyediakan daftar 34 perusahaan sekuritas yang aman dan bekerja sama langsung untuk membuka tabungan saham yang aman. Kamu juga bisa memilih perusahaan sekuritas sesuai dengan kota domisili jika merasa lebih aman.

Kemudian, tentukan dana yang akan disisihkan secara rutin dan pilih saham yang ingin ditabung. Rekening efek ini yang kemudian menjadi tujuan setoran tabungan saham secara berkala mulai dari Rp100.000. Setoran juga bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas auto transfer dari rekening pribadimu sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jika dananya sudah terkumpul kemudian bisa digunakan untuk membeli saham secara rutin.

Saham sering dipahami sebagai investasi yang sulit dilakukan oleh masyarakat awam. Namun dengan kampanye ini maka investasi saham terbuka semua kalangan. Mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga karyawan bisa mengikuti program ini. Pembukaan rekening efek tidak membutuhkan syarat apapun kecuali identitas diri berupa KTP.

Keuntungan Mengikuti Gerakan Yuk Nabung Saham

Program ini memberimu kesempatan untuk mengembangkan uang dengan lebih maksimal. BEI memberikan kesempatan untuk memiliki saham dengan modal yang sangat terbatas. Dengan pertimbangan yang tepat kamu bisa memilih saham yang dianggap potensial. Dalam jangka tertentu, saham tersebut bisa memberikan keuntungan dari kenaikan harga yang dialami jika ingin dijual kembali. Kamu juga bisa meraup rupiah dari deviden atau pembagian keuntungan perusahaan yang sahamnya kamu beli. Keuntungan setiap saham yang kamu beli dengan tabungan tersebut bisa digunakan sebagai dana membeli aset, menikah, hingga persiapan pensiun dini. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait