Fungsi Pasar Modal yang Perlu Diketahui Investor Pemula

fungsi pasar modal
fungsi pasar modal

Ketika ingin mulai berinvestasi maka kamu harus memahami soal pasar keuangan yang merupakan tempat bertransaksi dan manfaatnya. Termasuk pula fungsi pasar modal dan bagaimana keberadaannya penting sebagai indikator perekonomian negara. Transaksi yang terjadi di pasar yang juga disebut sebagai kapital market ini memiliki pengaruh yang besar dalam perekonomian suatu wilayah.

Sejumlah instrumen keuangan yang diperjualbelikan di pasar modal biasanya merupakan aset jangka panjang. Maksudnya instrumen tersebut memiliki jangka waktu lebih dari 1 tahun atau 12 bulan. Bentuknya berupa surat utang atau obligasi, saham atau ekuitas, right, waran, dan reksa dana. Ada pula produk berupa instrumen derivatif seperti option dan futures.

Pasar modal di Indonesia dilangsungkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Produk keuangan yang diperjualbelikan di Indonesia sendiri masih terbatas pada saham, reksa dana, obligasi atau surat utang, derivatif dan Exchange Traded Fund (ETF). Pelaksanannya diatur dalam Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

Regulasi tersebut juga menyebutkan jika pasar modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan perdagangan Efek, Perusahaan Publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek.

Pihak yang terlibat di pasar modal menjadikan transaksi menjadi sumber dana dengan cara menjual instrumen tersebut. Misalnya dengan cara menjual saham atau surat berharga. Nantinya saham yang dibeli akan memberikan deviden kepada pemegang sahamnya. Ha inilah yang menjadi daya tarik instrumen tersebut di pasar modal.

Adapun, pelaku pasar modal sendiri sangat beragam. Mulai dari masyarakat umum, perusahaan dan pemerintah, semuanya bisa berlaku sebagai pedagang maupun pembeli. Fungsi pasar modal sebagai sarana berinvestasi tentunya berbeda dampaknya bagi setiap pihak.

Bagi perusahaan misalnya, keberadaannya menjadi sarana peningkatan kapasitas produksi dengan adanya tambahan modal. Bagi masyarakat pemodal, pembelian di pasar modal akan meningkatkan nilai uangnya dan memberikan imbal hasil di kemudian hari. Sedangkan pemerintah juga bisa melakukan penghimpunan dana untuk biaya pembangunan.

Peranannya juga sangat penting bagi perekonomian negara karena merupakan tempat pengumpulan dana untuk kegiatan usaha. Dana tersebut yang kemudian menjadi pemicu adanya ekspansi, modal kerja dan ekspansi yang tentunya memberikan efek besar dalam kegiatan ekonomi. Selain itu, masyarakat juga bisa menjadikannya tempat berinvestasi dengan isntrumen yang berbeda sesuai pertimbanganya masing-masing.

Kamu yang ingin mulai berinvestasi ada baiknya memahami benar fungsi pasar modal itu sendiri. Dengan pemahaman yang lebih mendalam, niscaya kamu akan bisa merasakan manfaatnya lebih maksimal lagi. Ajaib akan menguraikan lebih jauh manfaat adanya kapital market bagi banyak pihak.

6 Fungsi Pasar Modal bagi Berbagai Pihak yang Terlibat

 Sekilas pasar modal bukan menjadi sesuatu yang esensial. Bagi masyarakat non investor misalnya, keberadaannya mungkin kalah penting dibandingkan pasar sayuran. Namun sebenarnya fungsi dari kapital market juga lebih besar dari itu. Sebagain besar masyarakat awam kerap tidak menyadari pengaruh yang disebabkan transaksi instrumen keuangan ini.

Fungsi pasar modal pada umumnya adalah memastikan bahwa transaksi permodalan yang dilakukan di wilayah itu seluruhnya berjalan dengan baik. Transaksi yang sehat dan terus berkembang memberikan indikasi bahwa perkembangan ekonomi daerah tersebut berjalan dengan baik.

Pasar modal secara sederhana adalah tempat bertemunya mereka yang memiliki dana dengan mereka yang membutuhkan dana untuk keberlangsungan perusahaannya. Misalnya pengusaha dengan perusahaan lain, lembaga profil yang butuh pendanaan. Bisa pula masyarakat pemodal lewat reksa dana pada korporasi atau pemerintahan.

Selain itu pasar modal ini lebih dikenal sebagai bursa efek. Setiap harinya Bursa Efek Indonesia memantau pergerakan transaksi saham ratusan perusahaan, tapi tidak hanya itu, kehadirannya juga bisa menjadi tempat yang transparan dalam melakukan transaksi karena dilindungi oleh hukum yang berlaku. Jadi bisa dipastikan bertransaksi di pasar modal itu sangat aman dan terpercaya.

Maka dari itu, di bawah ini adalah fungsi dan manfaat pasar modal yang perlu diketahui oleh para investor pemula.

1.  Sarana Penambah Modal

Penambah modal di sini maksudnya adalah perusahaan mana saja, dan jika sudah memenuhi beberapa kriteria, bisa menjual saham ke pasar modal yang nantinya akan dibeli oleh publik. Saham ini yang kemudian menjadi komoditas yang dijual dan dibeli oleh investor yang kemudian menjadi pemegang saham.

Penjualan ini dilakukan secara terbuka dan bisa dibeli oleh siapa saja mulai dari individu, pemerintah, perusaahaan lain, dan lembaga keuangan. Saham merupakan produk pasar modal yang paling terkenal sampai saat ini karena paling berpeluang memberikan keuntungan.

2.  Sarana Pembagian Pendapatan

Pasar modal juga bisa menjadi sarana pemerataan pendapatan. Mereka yang membeli saham di perusahaan tertentu, berhak untuk mendapatkan keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan yang menjual sahamnya padamu. Misalnya saja saham atau reksa dana yang dibeli masyarakat umum tentunya juga memberikan imbal hasil pada mereka atas keuntungan perusahaan.

Pembagian keuntungan dilakukan melalui pasar modal agar kamu mendapatkan sesuai dengan jumlah saham yang kamu miliki. Karena itu, para pelaku pasar saling berebut mendapatkan produk pasar modal terbaik untuk mendapatkan keuntungan terbesar.

3.  Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Keuntungan bagi perusahaan yang menjual sahamnya melalui pasar modal adalah perusahaan itu sangat memungkinkan mendapatkan modal yang banyak untuk mengembangkan perusahaannya. Modal yang didapat perusahaan bisa digunakan untuk inovasi selanjutnya. Bisa berupa ekspansi, peningkatan jumlah produksi maupun penambahan jumlah tenaga kerja.

Aktivitas ini yang kemudian akan meningkatkan produktivitas perusahaan ketika hal tersebut diterima dengan baik oleh masyarakat. Tentunya semua itu tidak akan bisa terjadi tanpa adanya transaksi di pasar modal itu sendiri.

4.  Menambah lapangan kerja

Modal yang didapatkan perusahaan dari penjualan sahamnya bisa digunakan untuk membuka lowongan kerja baru untuk menunjang aktivitas perusahaan. SDM-SDM baru diperlukan untuk menunjang peningkatan kinerja perusahaan yang ingin menargetkan tujuan lebih besar lagi.

Bukan tidak mungkin perusahaan yang dulunya kecil, bisa menjadi besar ketika masuk ke pasar modal. Karena itu lah, aktivitas yang terjadi di pasar modal bisa memancing adanya penambahan lapangan kerja dengan kegiatan ekonominya.

5.  Sumber Pendapatan Negara

Transaksi yang dilakukan di pasar modal ini dipantau oleh negara karena itu ada pajak yang harus dibayarkan di setiap transaksi yang dilakukan. Misalnya saja pajak atas instrumen keuangan berupa saham.

Kepemilikan dalam jangka waktu tertentu saham akan membuat pemiliknya berhak mendapatkan pembagian keuntungan perusahaan. Meski demikian, saham merupakan instrumen yang dikenai pajak oleh pemerintah. Sehingga pemegang saham akan dikenai pajak untuk setiap pendapatan yang dimilikinya atas aset tersebut.

Dari sinilah negara menerima pendapatan. Untuk setiap transaksi dan produk keuangannya negara berhak melakukan pungutan berupa pajak. Transaksi di pasar modal memang bisa menguntungkan siapa saja, termasuk pengawasnya sekalipun yakni pemerintah.

6.  Meningkatkan Pertumbuhan Perekonomian Negara

Semakin banyak investor yang tertarik di pasar modal Indonesia, semakin meningkatkan harga saham yang berlaku di semua perusahaan, itu bisa memengaruhi indikator sehatnya perekonomian Indonesia. 

Semakin aktif sebuah pasar modal maka geliat perekonomiannya juga semakin positif. Itulah kenapa ketika bursa efek ambruk maka menjadi tanda bahaya bagi perekonomian suaru negara.

Enam poin di atas adalah alasan sederhana akan pentingnya keberadaan kapital market bagi berbagai pihak. Namun manfaat pasar modal terpenting bagimu adalah peluang untuk mendulang keuntungan dan meningkatkan kekayaan. Kamu bisa merasakan salah satu manfaatnya dengan segera menjadi investor dan memiliki berbagai instrumen keuangan tersebut.

Ayo, jangan tunda lagi investasimu. Segera bergabung dalam pasar modal dan rasakan manfaatnya.

Bacaan menarik lainnya:

Abdul, Wahab. (2012). Pengantar Ekonomi Makro, Samata:Alauddin University Pers.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait