Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Tanpa Ribet

cara cek pajak kendaraan bermotor

Perkembangan ragam teknologi yang sangat pesat saat ini membuat siapa saja mudah dalam mengembangkan terobosan baru dalam memudahkan hidup. Inipun dimanfaatkan oleh pemerintah terkait masalah perpajakan.

Bagi kamu yang mempunyai kendaraan pribadi dapat dengan mudah mendapatkan informasi cara cek pajak kendaraan bermotor secara online. Kamu bisa mencari data informasi pajak kendaraan melalui website, SMS dan aplikasi.

Penjelasan lebih lanjut tentang pajak online untuk kendaraan bermotor adalah bagaimana menggunakan fasilitas online ini untuk melakukan cek pajak kendaraan bermotor. Ada juga cara cek pajak kendaraan bermotor melalui SMS dan aplikasi.

Sebelum mengetahui cara cek pajak kendaraan bermotor, ada baiknya jika kamu mengetahui apa itu pajak kendaraan bermotor. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah pajak yang dikenakan pada pemilik kendaraan bermotor dengan besaran yang tidak sama. Ada dua faktor yang nilai dan bobot yang dibebankan kepada pemilik kendaraan bermotor yang bergantung pada pencemaran dan potensi kerusakan jalan.

Membayar PKB bukan hanya demi kelancaran pembangunan, namun lebih kepada pendapatan pemerintah. Selain itu, PKB juga memberikan keuntungan bagi wajib pajak dalam mengajukan pinjaman ke bank. Rekam perbankanmu akan menjadi faktor pertimbangan penting ketika bank akan memberikan pinjaman.

Kamu hanya perlu melihat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dimana surat tersebut akan mencantumkan besaran nominal pajak yang harus kamu bayarkan. Jika kamu mempunyai lebih dari satu kendaraan bermotor, maka besaran pajak dari masing-masing kendaraan berbeda.

Hal ini terjadi karena aturan pajak kendaraan bermotor progresif, dimana perhitungannya berdasar pada urutan kepemilikan kendaraan. Misalkan saja kendaraan pertama, kedua ketiga dan seterusnya.

Untuk urutan kepemilikan kendaraan dilakukan secara berurutan dengan tarif pajak yang berbeda pula, seperti :

1.    Kendaraan Pertama 2%

2.    Kendaraan Kedua 2,5%

3.    Kendaraan Ketiga +0,5%

Itu merupakan acuan dalam menghitung pajak progresif yang harus dibayar secara tahunan untuk kendaraan pribadi.

Lalu apa saja yang diperlukan ketika kamu mendaftarkan pajak kendaraan? Pajak yang harus dibayarkan untuk kepemilikan kendaraan bermotor terdiri dari dua jenis pajak yakni pajak tahunan dan pajak lima tahunan.

Pajak tahunan merupakan pajak pengesahan STNK tahunan yang bisa diurus langsung di Kantor Samsat wilayah kamu tinggal. Atau juga bisa menggunakan fasilitas online. Namun sayangnya fasilitas online PKB ini hanya bisa diakses di beberapa daerah saja dan belum tersedia secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

Adapun persyaratan dokumen yang harus dibawa saat membayar pajak kendaraan bermotor adalah :

1.    STNK asli

2.    KTP asli

3.    Uang untuk pembayaran pajak.

Selanjutnya nama yang tercantum pada KTP harus sama dengan nama yang tercantum pada STNK atau BPKB.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor via Online

Cara cek pajak kendaraan bermotor via online juga bisa dilakukan bagi yang memiliki waktu sempit. Kamu bisa langsung mengunjungi situs e-Samsat melalui perangkat komputer atau gadget. Namun tidak semua daerah sudah memiliki e-Samsat.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor dengan SMS

Pengecekan pajak menggunakan SMS bisa dilakukan dengan mengirimkan sms ke samsat yang ada di kota Anda dengan mengetik Info<spasi>kode plat kendaraan/nomor polisi/kode seri plat kendaraan<spasi>warna plat kendaraan.

Untuk wilayah Jawa Barat bisa SMS ke nomor 08112119211. Kamu akan menerima balasan berupa rincian kendaraan, besaran pajak yang harus dibayarkan, serta jatuh tempo pembayaran pajak.

Cek Pajak Kendaraan Bermotor dengan Aplikasi

Aplikasi untuk cek pajak dengan menggunakan aplikasi bisa kamu unduh melalui Play Store untuk pengguna Android. Selanjutnya kamu tinggal mengikuti instruksi dan petunjuk pada aplikasi.

Bacaan menarik lainnya:

Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait