Investasi, Perencanaan Keuangan

Pengertian dan Dampak Inflasi yang Perlu Kamu Ketahui

dampak inflasi

Dampak inflasi bisa langsung berpengaruh pada suatu negara. Dampak ini tidak hanya dampak negatif, tapi juga ada dampak positif sehingga tidak selamanya inflasi itu merugikan. Yang ada inflasi itu tidak bisa dihindari, tapi tetap bisa dikendalikan. Inflasi sendiri adalah suatu keadaan ketika harga-harga barang dan jasa naik dalam keadaan terus-menerus tanpa henti dan tidak berpengaruh terhadap waktu tertentu.

Misalnya kenaikan barang dan jasa ketika hari raya akan datang, itu bukanlah termasuk inflasi karena sudah terjadi secara rutin. Inflasi terjadi karena hal tertentu. Berikut ini adalah hal-hal yang memengaruhi terjadinya inflasi sebelum kamu mengetahui dampak inflasi sesungguhnya.

Permintaan Lebih Tinggi daripada Penawaran

Inflasi bisa terjadi karena adanya peningkatan permintaan atas barang dan jasa. Peningkatan permintaan ini pun memengaruhi harga dan jasa menjadi lebih mahal dari yang biasanya. Namun tidak hanya masyarakat, ini adalah beberapa macam permintaan yang memengaruhi inflasi.

  • Meningkatnya belanja Pemerintah
  • Nainya permintaan ekspor
  • Peningkatan permintaan barang swasta.

Peningkatan Biaya Produksi

Hal ini yang paling sering memengaruhi terjadinya inflasi. Ketika harga BBM naik, maka barang dan jasa yang lain pun akan ikut naik. Memang pengaruh harga BBM ini cukup besar karena itu kenaikannya harus dikaji lebih dulu dan dilakukan hati-hati. Selain harga BBM, upah buruh yang naik pun akan memengaruhi harga barang dan jasa yang naik karena kemampuan membeli mereka jadi ikut naik. Dampak inflasi akan sangat terasa di sini.

Banyaknya Uang yang Beredar

Di sinilah tugas Bank Indonesia mengendalikan peredaran uang di masyarakat karena peredaran uang yang tinggi akan memungkinkan terjadinya dampak inflasi yang meluas.

Sekarang mari kita cari tahu dampak inflasi positif dan negatifnya.

Dampak Positif dari Inflasi

Sekilas inflasi tampak mengerikan karena harga-harga jadi naik dari yang biasanya dan membuat pengeluaran jadi lebih banyak. Namun, bagi mereka yang memiliki utang di bank, inflasi akan menguntungkan karena bunga utang yang harus dibayarkan menjadi turun dari yang biasanya.

Dampak inflasi menguntungkan lainnya adalah pada pengusaha, harga produksi yang tinggi bisa saja tertutupi harga barang dan jasa yang mereka produksi jadi lebih tinggi. Terutama apabila barang dan jasa yang mereka tawarkan tetap dibeli oleh masyarakat karena alasan kebutuhan. Di sinilah mereka bisa mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya.

Dampak Negatif dari Inflasi

Meskipun ada hal yang positif, tapi lebih banyak lagi dampak inflasi yang negatif. Inflasi sangat memengaruhi keberlangsungan ekonomi satu negara. Dari sisi pegawai yang gajinya tidak naik, inflasi akan memengaruhi daya beli mereka. Lalu dari sisi penawar kredit, mereka akan mengalami kerugian karena bunga turun. Bukan tidak mungkin perusahaan juga mengalami kerugian karena tidak mampu menutupi biaya produksi yang mahal.

Bacaan menarik lainnya:

Abdul, Wahab. (2012). Pengantar Ekonomi Makro, Samata:Alauddin University Pers


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Artikel Terkait