Keuntungan Usaha Bensin Premium Eceran dan Pertamini

usaha bensin premium eceran
usaha bensin premium eceran

Kalau kamu sedang memikirkan usaha yang mendatangkan keuntungan dengan cepat mungkin kamu bisa coba bisnis yang satu ini. Usaha bensin premium eceran dan pertamini.

Bisnis ini adalah salah satu usaha yang resikonya sangat kecil. Tentunya kamu tahu seberapa penting bahan bakar minyak (BBM) bagi kehidupan sehari-hari. Sebagai produk dengan permintaan tinggi, berbisnis bensin eceran bisa menjanjikan keuntungan yang menggiurkan.

Dua Jenis Usaha Bensin Premium Eceran

Saat ini, ada dua jenis usaha bensin premium eceran yang bisa dilakukan. Pertama adalah dengan berjualan bensin eceran secara konvensional menggunakan botol. Satunya lagi berjualan bensin eceran berupa pertamini.

Tentunya bukan tanpa alasan disebut pertamini, melainkan karena dalam melayani pembeli menggunakan mesim pompa otomatis, mirip seperti pom bensin yang disediadakan di pom bensin PT Pertamina. Namun, pada pertamini, hanya terdapat sebuah pompa bensin otomatis berukuran kecil.

Modal Usaha Premium Eceran Konvensional

Memulai usaha bensin eceran konvensional tidaklah membutuhkan modal besar. Anda hanya perlu menyiapkan tempat di pinggir jalan, serta botol-botol untuk menampung bensin. Banyak yang menggunakan botol bekas air mineral, ada juga yang menggunakan botol kaca.

Modal yang dibutuhkan untuk stok bensin tentunya tergantung penjualan harinya. Saat ini harga premium adalah Rp6.500. Jika setiap hari membeli 50 Liter, maka modal harian yang dibutuhkan adalah Rp325.000. Tentunya Kami bisa menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Keuntungan Usaha Premium Eceran Konvensional

Umumnya harga bensin eceran dijual lebih tinggi Rp1.000 dari harga resmi di pom bensin. Sehingga harga ecerannya adalah Rp7.500 Jika dalam satu hari berhasil menjual 50 Liter, maka keuntungan perhari adalah Rp50.000. keuntungan kotor dalam satu bulan mencapai Rp1.500.000.

Keuntungan tersebut belum dikurangi biaya transportasi untuk membeli bensin ke pom bensin. Tentunya itu bukan keuntungan yang sedikit jika dijadikan usaha sampingan. Belum lagi, kalau kamu memiliki beberapa usaha premium ecerans sekaligus.

Kelebihan Usaha Pertamini

Saat ini usaha pertamini sedang sangat menjamur. Bahkan ada kalanya satu pertamini bisa ditemukan dalam setiap jarak 100 meter. Kelebihan usaha pertamini dari konvensional adalah:

  • Menggunakan pompa otomatis sehingga takaran lebih akurat
  • Lebih diminati pelanggan karena lebih bisa dipercaya. Pembeli bisa melihat sendiri jumlah takaran premium yang dikeluarkan.
  • Bisa menstok bensin dalam ukuran lebih besar.
  • Mendatangkan keuntungan berlipat karena mendatangkan konsumen lebih banyak.

Kekurangan Usaha Pertamini

Ada kelebihan tentu ada juga kekurangannya. Maka kekurangannya adalah sebagai berikut :

  • Membutuhkan modal yang lebih besar. Setidaknya untuk mesin pertamini dibanderol dengan harga kurang lebih Rp.5.000.000
  • Agar bisa mendapatkan ijin pembelian premium dalam jumlah besar, harus mengurus perijinan pada pihak pertamina. Biaya yang dibutuhkan kurang lebih Rp. 300.000
  • Pemilihan lokasi yang kurang tepat bisa meningkatkan resiko kerugian yang lebih besar dari resiko bisnis bensin eceran
  • Biasanya harga lebih murah Rp200 dari penjual bensin eceran konvensional.

Keuntungan Usaha Pertamini

Walaupun modalnya lebih besar, namun potensi penghasilan pertamini juga lebih tinggi dari penjual premium eceran. Seorang pengusaha pertamini bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp300.000 per hari, atau Rp9.000.000 per bulan. Sehingga modal usaha pertamini bisa kembali dalam satu hingga dua bulan saja.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait