Merintis Bisnis Online Shop Internasional

online shop internasional
online shop internasional

Perkembangan teknologi telah membuka peluang usaha yang sangat luas bagi mereka yang bisa memanfaatkannya. Dengan membuka online shop internasional, maka bisnis seseorang bisa melanglang buana. Memungkinkan berbisnis tanpa batasan ruang dan waktu.

Walaupun sedang tidur, bukan berarti tidak ada pelanggan yang membeli produk. Tentunya online shop juga memungkinkan mendapat pelanggan dari pelosok nusantara, bahkan luar negeri. Tentu saja memiliki online shop internasional bukan hal mustahil.

Namun demikian, tentunya ada berbagai hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan bergabung dalam marketplace international.

Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris

Marketplace internasional tentunya mengharuskan kamu menguasai Bahasa Inggris. Karena semua bentuk komunikasi dan petunjuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Tentunya, kamu harus bisa memahami setiap syarat dan aturan yang berlaku.

Kamu juga harus bisa berkomunikasi dengan pelanggan, dan memberikan penjelasan produk serta pelayanan juga dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu, penting sekali memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang memadai saat hendak merintis online shop internasional.

Tawarkan Produk Unik dan Menarik

Ingatlah bahwa marketplace internasional, berarti juga persaingan global dengan penjual online di seluruh dunia. Oleh karena itu, penting sekali untuk memastikan bahwa produk yang kamu tawarkan memiliki keunikan tersendiri. Oleh karena itu bisa menarik perhatian konsumen di seluruh dunia. Kamu mungkin bisa memilih produk kerajinan lokal untuk ditawarkan.

Memahami Cara Pembayaran

Dalam transaksi jual beli internasional, tentunya kamu harus memahami cara pembayaran yang bisa diterima. Biasanya, setidaknya kamu harus mengerti tentang rekening paypal, salah satu metode pembayaran paling umum digunakan dalam marketplace internasional. Selain itu, ada juga western union, kartu kredit dan lain sebagainya. Pastikan kamu sudah memahami benar-benar setiap sistem pembayaran, sebelum memutuskan membuat online shop internasional.

Memahami Cara Pengiriman Barang

Pengiriman produk merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Mungkin juga kamu harus mengisi beberapa dokumen untuk pengiriman keluar negeri. Kamu juga harus mengetahui apa saja jenis kurir yang memungkinkan pengiriman keluar negeri, durasi, tarif dan juga garansinya. Hal ini akan berkaitan dengan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dari toko online shop internasional milikmu.

Kenali Setiap Platform Marketplace Internasional dan Cara Kerjanya

Amazon, Ebay dan Alibaba adalah tiga marketplace internasional yang paling populer saat ini. Masing-masing marketplace tentunya memiliki aturan dan ketentuan yang berbeda-beda. Selain itu, menguasai hal-hal teknis dari masing-masing marketplace juga penting.

Pastikan juga kamu sudah membaca setiap aturan dan ketentuan yang berlaku sebelum kamu mulai menjalankan online shop. Lakukan beberapa simulasi sebagai penjual dan pembeli sebelum kemudian kamu mengoperasikan online shop pada pelanggan umum. Dengan demikian, kamu akan lebih paham dan mahir melayani pelanggan setelah paham dengan cara kerjanya.

Manfaatkan Setiap Peluang Promosi

Sebagimana halnya marketplace lokal, marketplace internasional juga sering mengadakan beragam promosi. Jangan lupa untuk memanfaatkan setiap peluang mempromosikan produk dan toko online internasional milikmu. Sehingga toko online-mu bisa memiliki lebih banyak kunjungan dan pembelian.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait