Bisnis & Kerja Sampingan, Milenial

Pengertian Peluang Usaha dan Contohnya, buat Calon Pengusaha

Ajaib.co.id – Peluang usaha merupakan kesempatan yang datang di saat waktu tertentu, ini pengertian utamanya pengusaha. Hal ini pun tidak boleh dilewatkan oleh seorang pengusaha untuk mendapatkan keuntungan. Peluang usaha terdiri dari dua suku kata, yakni peluang dan usaha. Jika melihat peluang usaha secara seksama, kamu bisa menentukan seberapa besar prospek usaha tersebut.

Saat ini, semua usaha sudah dilakukan oleh banyak orang. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Ciri-ciri Peluang Usaha yang Punya Potensi

Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa dicoba, namun tidak semua peluang usaha memiliki potensi yang menguntungkan. Ciri-ciri dari peluang usaha yang memiliki potensi adalah:

a. Memiliki nilai jual

b. Bertahan lama dan berkembang

c. Bukan bisnis jangka pendek atau musiman

d. Memulai usaha dengan modal yang kecil

e. Memiliki profit yang menguntungkan

f. Bukan sekedar ambisi, tapi sifatnya riil

g. Skala usaha bisa diperbesar dan dikembangkan

Faktor yang Mempengaruhi Inspirasi Peluang Usaha

Terdapat dua faktor yang menjadi pengaruh munculnya inspirasi peluang usaha, yaitu faktor internal dan faktor eksternal, apa saja daftarnya?

#1 Faktor Internal

Ini merupakan faktor yang bersumber dari dalam atau diri sendiri antara lain:

a. Wawasan atau pengetahuan yang ada pada diri pengusaha itu sendiri

b. Pengalaman pada dunia bisnis atau usaha dari pengusaha

c. Pengalaman dan kemampuan seseorang ketika menyelesaikan suatu masalah

d. Kemampuan atau pemahaman terhadap sesuatu atau situasi kondisi

#2 Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor yang bersumber dari luar seperti:

a. Masalah yang muncul dan dihadapi dan belum terselesaikan

b. Kesulitan dalam mencari solusi masalah

c. Pemikiran yang baik untuk membuat sesuatu hal yang baru dari suatu kondisi

d. Keperluan yang belum tercapai atau terpenuhi untuk diri sendiri ataupun orang lain.

Sumber Peluang Usaha

Suatu peluang usaha memiliki sumber-sumbernya yang bisa membangkitkan semangat berusaha seperti:

#1 Diri Sendiri

Peluang usaha ini memiliki potensi yang cukup tinggi dan bersumber dari diri sendiri. Kamu bisa memilih peluang berdasarkan hobi, keahlian pengetahuan, dan dari riset atau pengamatan lingkungan. Karena sumber daya yang digunakan adalah diri sendiri, maka kamu bisa menjalankan usaha secara konsisten dan memiliki komitmen. Selain itu, usaha yang datang dari diri sendiri juga membantu kamu sukses meskipin dibutuhkan usaha dan proses yang panjang. Di mana, untuk mencapai sukses ini, kamu tidak boleh untuk menyerah dan harus terus mencoba meski kegagalan datang. Dengan adanya kreativitas dan juga pengetahuan yang cukup, kamu bisa menciptakan suatu nilai yang tentunya membantu meraih keberhasilan

#2 Lingkungan

Terdapat banyak sumber peluang usaha yang diperoleh dari lingkungan sekitar, seperti usaha yang dimiliki orang tua yang terus dikembangkan dan kemudian menjadikan bisnis tersebut semakin besar dan luas, dari lingkungan sekitar rumah ataupun kebiasaan diri sendiri. Untuk menciptakan suatu nilai dari sumber ini, kamu juga harus melakukan pengecekan apa yang bisa kamu lakukan di sekitar. Misalnya, di dekat rumahmu banyak orang yang sibuk dan tidak punya cukup waktu untuk sarapan, kamu bisa membuka peluang usaha sarapan seperti menjual nasi uduk, nasi kuning, kue ringan, dan sebagainya.

#3 Konsumen

Permintaan, keluhan, saran atau harapan konsumen pada barang atau jasa di pasar dapat menjadi salah satu peluang usaha yang baik ide untuk menciptakan usaha. Hampir sama dengan sumber lingkungan, untuk mengetahui bisnis yang cocok, kamu harus bisa memperhatikan situasi di sekitar atau bertanya dengan orang terdekat.

#4 Perubahan yang Terjadi

Peluang usaha bisa muncul dari berbagai perubahan jika kamu bisa membaca situasi untuk dijadikan peluang usaha. Misalnya, di saat pandemi covid 19 seperti saat ini, banyak orang yang membutuhkan masker. Jika awalnya kamu menjual baju, kamu bisa mulai mengubah jenis usahamu menjadi penjual masker kain. Selain membantu kebutuhan masyarakat, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari sini. Namun, jangan pernah memanfaatkan situasi ini untuk meraih keuntungan lebih ya!

Contoh Peluang Usaha yang Potensial & Patut Dipertimbangkan

Bagi kamu yang ingin membangun usaha yang menghasilkan keuntungan besar, berikut ini adalah contoh peluang usaha yang bisa jadi pertimbangan kamu. 

#1 Peluang Usaha Bisnis Online

Seperti yang kita ketahui, bisnis online sudah menjamur di Indonesia. Masyarakat juga lebih gemar membeli barang secara online dibanding harus pergi ke toko.

Hanya dengan menggunakan aplikasi online, kamu bisa berbelanja dengan mudah. Kamu hanya perlu memilih produk atau barang melalui aplikasi, dan melakukan transaksi.

#2 Peluang Usaha Catering Makanan

Terdapat beberapa jenis peluang usaha yang bisa kamu jalani, yaitu catering rumahan, pegawai kantoran, pernikahan, anak kos, ulang tahun, dan acara lainnya.

Catering bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Banyak orang yang mengadakan acara atau kegiatan, serta membutuhkan penyajian makanan dan minuman.

#3 Peluang Usaha Waralaba

Bagi kamu yang ingin membuka usaha tetapi belum ada pengalaman, bisa memilih peluang usaha waralaba. Ketika menjalankan jenis usaha ini, kamu akan dibantu oleh pemilik waralaba atau pemegang merek, mulai dari training sampai tahap prosesnya.

Kamu tinggal menjalankan usaha ini sesuai kemampuan modal. Beberapa peluang usaha waralaba yang bisa kamu geluti adalah martabak, kebab turki, hingga laundry.

#4 Peluang Usaha Pangkas Rambut

Jika kamu memiliki keahlian dalam memotong rambut, bisa mengembangkan keahlian tersebut menjadi sebuah bisnis.

Kamu bisa menyiapkan berbagai peralatan yang memadai, dan membuka jasa pangkas rambut seperti yang dilakukan oleh tukang pangkas rambut profesional.

#5 Peluang Usaha Vermak Pakaian

Kalau kamu punya kemampuan dalam menjahit, bisa membuka usaha vermak pakaian. Peluang usaha ini bisa dikategorikan sebagai usaha rumahan.

Vermak jeans menjadi salah satu jasa yang paling banyak dicari. Kamu bisa menjadikan peluang usaha ini sebagai pertimbangan.

#6 Peluang Usaha Cuci Kendaraan

Sebagian besar orang pasti memiliki kendaraan. Dengan begitu, kamu bisa mencoba peluang usaha layanan pencucian kendaraan di rumah.

Jika kamu ingin membuka usaha ini dalam skala yang sederhana, bisa memulainya dengan membuka tempat cuci motor. Nah, setelah kamu mendapatkan keuntungan dari peluang bisnsi tersebut, jangan lupa untuk menyisihkan penghasilan kamu dengan memulai investasi reksa dana di Ajaib. Sehingga, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih dari penghasilan yang kamu dapatkan. Yuk mulai berinvestasi sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait