Franchise Indonesia Tahun 2019, Pilihan Oke Memulai Bisnis

Franchise Indonesia

Bila memulai suatu bisnis tampak menakutkan dan berisiko buatmu, ada salah satu cara berbisnis yang relatif lebih mudah, yakni franchise. Franchiseatau waralaba berarti hak-hak untuk menjual produk dan jasa atau layanan. Kamu ibarat memiliki cabang dari suatu perusahaan tetapi tinggal mengikuti sistem bisnis yang siap berjalan. Nah, bagaimana memulai franchise di Indonesia, sekaligus mudah dan menghasilkan keuntungan?

Dalam artikel ini, kami akan sajikan contoh-contoh franchise, mulai dari makanan, hingga penginapan. Simak terus ya.

Mudahnya Bisnis Franchise

Bisnis ini sangat cocok untuk pebisnis pemula atau calon pebisnis yang tidak mau repot mendirikan bisnis dari nol. Pasalnya, kelebihan utamanya adalah bisnis bisa dimulai lebih cepat. Model bisnisnya sudah ada, kamu tinggal ikuti persyaratan dan panduan dari pemilik bisnis franchise yang ada di Indonesia.

Pemula pun tidak perlu kebingungan. Karena pada umumnya franchise juga memberikan pelatihan dan dukungan. Semua cabang franchise tentunya harus mematuhi standar yang sama untuk mempertahankan reputasi bisnis. Dalam hal ini, dukungan dari pemilik bisnis franchise sangat diperlukan. Begitu juga dalam hal pemilihan lokasi bisnis yang strategis, pemilik bisnis akan memberikan bantuan.

Mudah bukan? Sudah begitu, pada umumnya bisnis initelah memiliki merek yang dikenal luas. Tanpa perlu bersusah payah mencari perhatian konsumen dari awal, kamu tinggal lanjutkan bisnis dengan nama besar yang sudah banyak dipercaya. Tanpa biaya pemasaran yang besar, untung mudah didapat.

Kategori Franchise

Banyak kategori bisnis franchise dan banyak di antaranya pasti kamu kenal. Kategorinya meliputi:

·        Otomotif

·        Furnitur, konstruksi, dan properti

·        Pendidikan dan pelatihan

·        Hiburan dan hobi

·        Penginapan dan travel

·        Komputer, internet, dan teknologi

·        Makanan dan minuman

·        Laundry dan jasa kebersihan

·        Kesehatan dan kecantikan

·        Anak dan balita

·        Retail, dan masih banyak lagi.

Bisnisnya pun tersedia dalam skala kecil hingga besar. Skala kecil dapat kita temukan sehari-hari, seperti makanan yang dijual dalam gerobak unik, laundry kilat, dan tempat makan. Sedangkan skala lebih besar lagi misalnya bisnis retail seperti minimarket, dan pendidikan misalnya tempat les bahasa asing.

Sejumlah nama besar bisnis franchise Indonesia yang telah memiliki cabang di seluruh Indonesia bahkan luar negeri, di antaranya:

·        Kebab Turki Baba Rafi

·        J.CO Donuts

·        Es Teller 77

·        Bumbu Desa

·        Ayam Bakar Mas Mono

·        Pecel Lele Lela

·        Alfamart

·        California Fried Chicken (CFC)

·        Ayam Bakar Wong Solo

·        Es Batok 212

Butuh Modal Berapa?

Modal untuk mendirikan bisnis dari franchise yang sudah ada sangat beragam, mulai dari jutaan, puluhan juta, hingga miliaran rupiah. Tentu jumlah modal ini tergantung pada jenis usaha, kompleksitas bisnis, termasuk nama besar merek produk atau layanan.

Contoh bisnis franchise di Indonesia bermodal jutaan, misalnya Moo-moo Korean Milk dengan modal Rp4,5 juta, Toper Crepes bermodal Rp7 juta, dan Tahu Gila dengan modal Rp5,7 juta. Sedangkan untuk skala sedang dengan modal puluhan juta, antara lain es krim Hulala, Bakso Malang Kota Cak Eko, Piramizza Baba Rafi, Hi-Fries, JNE, dan perawatan kendaraan Valo.

Kalau punya modal besar, jangan ragu ambil bisnis salah satu franchise Indonesia dari merek ternama. Sebut saja Indomaret, siapkan modal Rp394 juta, Apotek K-24 dengan modal Rp110 juta, KFC bermodal Rp4,5 miliar, atau Pizza Hut dengan modal yang diperlukan Rp7 miliar.

Itulah beberapa penjelasan dan contoh tren franchise Indonesia di tahun 2019. Berminat mencoba?

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait