Rekomendasi Franchise Indonesia, Rasa Lokal yang Menjanjikan

Franchise Indonesia

Bisnis franchise alias waralaba merupakan salah satu opsi aman dalam memulai usaha bagi pemula. Dengan brand yang sudah dikenal dan target market yang jelas kamu tak perlu susah payah lagi merintis bisnis dari dasar. Saat ini ada banyak franchise Indonesia yang potensial menjadi peluang bisnis tempat menghasilkan cuan lho.

Usaha franchise mengutamakan konsep kemitraan untuk menjaring pasar lebih luas. Keunggulan bisnis waralaba salah satunya adalah pelaku bisnis tidak perlu repot mengeluarkan dana riset produk dan merintis usahanya sejak awal. Nama besar franchise tersebut biasanya cukup menjadi dorongan masyarakat untuk membeli produk tersebut.

Pasalnya, publik akan berasumsi jika rasa makanan tersebut akan sama saja di cabang mana pun. Apalagi jika produk tersebut sedang dalam puncak popularitas seperti tren kopi atau thai tea yang sempat melanda beberapa waktu lalu. Hal ini yang kemudian menjadi tantangan sekaligus peluang usaha dengan konsep franchise.

Cukup dengan modal sekian yang disyaratkan dengan usaha franchise atau waralaba yang diajak kerja sama, kamu sudah bisa mendapatkan hak pakai atas brand tersebut beserta dengan bahan baku produknya. Umumnya, semakin besar namanya maka semakin besar pula modal yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan hak tersebut.

Dalam prosesnya, biasanya juga pemilik franchise akan membimbing sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan pakem yang sudah dijalankan merk tersebut selama ini. Kemudian hasil keuntungannya akan dibagi antara pihak yang terkait dengan persentase yang sudah disepakati.

Cara ini sekilas gampang namun sebenarnya kita harus jeli dalam memilih produk franchise yang akan dikembangkan. Misalnya saja minat masyarakat Indonesia akan produk tersebut sampai dengan target pasar yang akan disasar.

Umumnya, usaha waralaba yang diminati terbukti sudah sukses di satu lokasi tertentu dan kemudian dikembangkan di banyak wilayah lainnya. Kita mengenal merk luar seperti kopi dari Starbuck atau ayam goreng KFC sebagai salah satu franchise dengan jaringan terbesar di dunia. Kamu bisa menemukan dua merk ini di hampir semua negara yang kamu kunjungi.

Namun kalau kamu masih terkendala dana yang terbatas sebenarnya kamu bisa kok menyasar franchise Indonesia. Dengan tren bisnis saat ini, merk lokal mulai tampil unjuk gigi dan tak kalang dalam persaingan. Publik juga semakin menunjukkan minat dan kepercayaannya dengan merk waralaba lokal.

Selain promosinya yang juga semakin gencar, bahkan merk waralaba dalam negeri juga telah menarik investor luar. Contohnya saja franchise Kopi Kenangan yang beberapa waktu lalu mendapatkan pendanaan dari perusahaan milk musisi Jay Z dengan nilai ribuan dollar. Kepercayaan dari pihak luar ini sebenarnya cukup menjadi bukti bahwa produk franchise Indonesia juga sangat potensial sebagai peluang bisnis.

Produk Franchise Indonesia Kini Tak Kalah Saing Dari Merk Luar

Bila memulai suatu bisnis tampak menakutkan dan berisiko buatmu, ada salah satu cara berbisnis yang relatif lebih mudah, yakni franchise. Franchise atau waralaba berarti hak-hak untuk menjual produk dan jasa atau layanan. Kamu ibarat memiliki cabang dari suatu perusahaan tetapi tinggal mengikuti sistem bisnis yang siap berjalan.

Sebelumnya, franchise asing lebih diminati dengan alasan brand yang lebih dikenal sehingga potensial. Selain itu, sistemnya lebih jelas dengan pola pembangunan bisnis jangka panjang sehingga nilainya ekonominya juga tinggi. Sementara franchise Indonesia selama ini kerap dianggap hanya mengutamakan keuntungan sesaat tanpa konsep bisnis maupun strategi operasional yang matang.

Meski demikian, beberapa tahun belakangan sudah terjadi perubahan pada industri bisnis waralaba di Indonesia. Merk lokal mulai digandrungi dan mendapatkan kepercayaan publik. Pertumbuhan usahanya pada tahun 2018 sudah mencapai 8% per tahun, cukup menjanjikan meskipun belum sempurna.

Dikutip dari Kontan.co.id, Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Andrew Nugroho mengatakan jika kenaikan ini ditopang oleh bidang kuliner baik makanan maupun minuman. Alasannya adalah jangkauan pasarnya lebih luas dan sektor tersebut merupakan kebutuhan terbesar masyarakat, produk yang ditawarkan juga sederhana.

Contohnya saja merk ayam geprek yang berkembang di mana-mana dan terus menarik minat masyarakat. Mendatang diperkirakan dua lini ini juga masih sangat potensial untuk bisnis franchise Indonesia. Apalagi kini semakin banyak merk lokal yang menunjukkan potensinya untuk bersaing dalam bisnis ini.

Kamu yang ingin mencoba berbisnis dengan modal terbatas mungkin bisa mempertimbangkan untuk terjun dalam bisnis waralaba. Keunggulannya tentu saja modal yang terjangkau, kamu juga akan dibimbing penuh sampai akhirnya bisa mandiri. Ada banyak kesulitan dalam merintis bisnis yang bisa dipecahkan dengan siste franchise ini.

Mudahnya Memulai Bisnis Franchise

Bisnis ini sangat cocok untuk pebisnis pemula atau calon pebisnis yang tidak mau repot mendirikan bisnis dari nol. Pasalnya, kelebihan utamanya adalah bisnis bisa dimulai lebih cepat. Model bisnisnya sudah ada, kamu tinggal ikuti persyaratan dan panduan dari pemilik bisnis franchise yang ada di Indonesia.

Pemula pun tidak perlu kebingungan. Karena pada umumnya franchise juga memberikan pelatihan dan dukungan. Semua cabang franchise tentunya harus mematuhi standar yang sama untuk mempertahankan reputasi bisnis.

Dalam hal ini, dukungan dari pemilik bisnis franchise sangat diperlukan. Begitu juga dalam hal pemilihan lokasi bisnis yang strategis, pemilik bisnis akan memberikan bantuan.

Mudah bukan? Sudah begitu, pada umumnya bisnis initelah memiliki merek yang dikenal luas. Tanpa perlu bersusah payah mencari perhatian konsumen dari awal, kamu tinggal lanjutkan bisnis dengan nama besar yang sudah banyak dipercaya. Tanpa biaya pemasaran yang besar, untung mudah didapat.

Kategori Franchise

Meskipun sebelumnya disebutkan jika kuliner paling dominan sebenarnya ada banyak kategori bisnis franchise dan banyak di antaranya pasti kamu kenal. Kategorinya meliputi:

·        Otomotif

·        Furnitur, konstruksi, dan properti

·        Pendidikan dan pelatihan

·        Hiburan dan hobi

·        Penginapan dan travel

·        Komputer, internet, dan teknologi

·        Makanan dan minuman

·        Laundry dan jasa kebersihan

·        Kesehatan dan kecantikan

·        Anak dan balita

·        Retail, dan masih banyak lagi.

Bisnisnya pun tersedia dalam skala kecil hingga besar. Skala kecil dapat kita temukan sehari-hari, seperti makanan yang dijual dalam gerobak unik, laundry kilat, dan tempat makan. Sedangkan skala lebih besar lagi misalnya bisnis retail seperti minimarket, dan pendidikan misalnya tempat les bahasa asing.

Sejumlah nama besar bisnis franchise Indonesia yang telah memiliki cabang di seluruh Indonesia bahkan luar negeri, di antaranya:

·        Kebab Turki Baba Rafi

·        J.CO Donuts

·        Es Teller 77

·        Bumbu Desa

·        Ayam Bakar Mas Mono

·        Pecel Lele Lela

·        Alfamart

·        California Fried Chicken (CFC)

·        Ayam Bakar Wong Solo

·        Es Batok 212

Butuh Modal Berapa?

Modal untuk mendirikan bisnis dari franchise yang sudah ada sangat beragam, mulai dari jutaan, puluhan juta, hingga miliaran rupiah. Tentu jumlah modal ini tergantung pada jenis usaha, kompleksitas bisnis, termasuk nama besar merek produk atau layanan.

Contoh bisnis franchise di Indonesia bermodal jutaan, misalnya Moo-moo Korean Milk dengan modal Rp4,5 juta, Toper Crepes bermodal Rp7 juta, dan Tahu Gila dengan modal Rp5,7 juta. Sedangkan untuk skala sedang dengan modal puluhan juta, antara lain es krim Hulala, Bakso Malang Kota Cak Eko, Piramizza Baba Rafi, Hi-Fries, JNE, dan perawatan kendaraan Valo.

Kalau punya modal besar, jangan ragu ambil bisnis salah satu franchise Indonesia dari merek ternama. Sebut saja Indomaret siapkan modal Rp394 juta dan Apotek K-24 dengan modal Rp110 juta. Bisa pula berbagai merk kopi kekinian seperti Kopi Kenangan yang perlu dana awal sebesar berkisar Rp75 juta. Mana pun yang kamu pilih, merk franchise Indonesia ini memiliki peluang yang besar sejalan dengan pertumbuhan minat masyarakat yang semakin positif.

Franchise Indonesia ini Masih Sangat Potensial Lho

Apakah kamu masih bingung memilih produk franchise Indonesia yang akan kamu ajak kerja sama? Tak perlu bingung, Ajaib telah menyusun 5 rekomendasi terbaik yang peluang bisnisnya masih sangat tinggi antara lain:

1. The Quick Clean

The Quick Clean ini merupakan jenis usaha franchise jasa cuci tas dan sepatu yang asalnya dari kota Solo. Sekarang ini bisnis ini sudah banyak hadir di kota-kota besar seperti Semarang, Surabaya, Yogyakarta, hingga Bekasi. Dengan jargon “membersihkan tas dan sepatu pelanggan 25-30 menit saja” mereka terbukti berhasil diterima masyarakat.

Buat kamu yang ingin mengambil paket kemitraan bisa membayar sebesar Rp15 juta. Paket tersebut sudah termasuk booth dan peralatan, tapi sayangnya tidak disebutkan peralatan apa saja yang dimaksud. Apabila tertarik, kamu bisa mengunjungi situsnya di theclean-bar.com.

2. Kumon

Punya model bisnis yang sudah teruji lebih dari 50 tahun membuat Kumon layak kamu pilih sebagai bisnis franchise. Materi-materi yang disediakan pun terus ditingkatkan secara berkelanjutan guna memaksimalkan perkembangan siswa dalam hal belajar. Saat ini Kumon sudah tersebar secara luas di Indonesia maupun luar negeri dengan lebih dari 4,2 juta siswa yang ada di 50 negara.

3. JNE

Salah satu bisnis ekspedisi ini berkembang dengan pesat dan bisa jadi pilihan kamu untuk berbisnis franchise. Saat ini agen resmi milik JNE sendiri sudah ada ratusan di seluruh Indonesia. Bila tertarik untuk bergabung, kamu harus menyiapkan modal Rp5,5 juta untuk dana promosi dan mengurus perjanjiannya.

Setelah itu kamu juga harus menyediakan tambahan Rp10 juta kepada pihak JNE sebagai bentuk jaminan. Akan tetapi, dana ini nantinya bisa kembali ke kamu setelah masa kontrak yang sudah disepakati sebelumnya berakhir.

4. Bimba Rainbow Kids

Mungkin dari kamu ada yang memiliki ketertarikan di bidang pendidikan, khususnya belajar mengajar dan suka dengan anak kecil. Jika memang demikian, kenapa tidak menjadi mitra Bimba Rainbow Kids? Bimbingan belajar ini ada di bawah naungan Yayasan Bintang Solusi Mandiri. Untuk program belajarnya disediakan empat kategori, yaitu bimbingan membaca, menulis, dan berhitung, lalu bimbingan pembentukan kreativitas, pembinaan karakter, dan bimbingan bahasa Inggris.

Untuk bisa bermitra dengan Bimba Rainbow Kids, kamu hanya perlu modal awal mulai dari Rp8 juta. Dibandingkan dengan bimbel lainnya, harga tersebut tergolong murah bahkan ada yang sampai ratusan juta.

5. Auto Clean Waterless Indonesia

Bisnis franchise dari Bogor ini bergerak di bidang jasa cuci mobil, namun tidak menggunakan air, melainkan cairan pembersih khusus. Untuk modal awalnya memang agak memberatkan yaitu Rp30 juta, tetapi hasilnya sebanding dengan yang kamu keluarkan. Potensinya pun cukup tinggi. Apalagi saat ini banyak orang yang menginginkan segalanya serba instan dan cepat. Ini bisa jadi salah satu peluang usaha buat kamu.

Tren franchise Indonesia masih sangat potensial hingga tahun-tahun mendatang. Bahkan terbukti ada sejumlah bisnis waralaba lokal yang sudah mendulang sukses dan terus berkembang pesat. Kamu bisa ikut ambil bagian dalam kesuksesannya dengan menjadi mitra dari brand-brand di atas.

Kalau saat ini dana yang kamu miliki belum cukup, kamu bisa mencoba berinvestasi untuk mengumpulkan modal usaha. Ajaib menyediakan produk reksa dana terbaik untuk mencapai tujuan keuanganmu termasuk mengumpulkan modal usaha. Dengan bantuan tim ahli, kamu akan dipandu untuk menyusun portofolio investasimu dan mengambil langkah investasi terbaik guna mencapa hasil yang ingin dituju.

Tunggu apa lagi, segera realisasikan keinginanmu untuk kondisi finansial yang lebih baik.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait