Tips Memilih Usaha Franchise Minuman Beruntung Besar

Usaha Franchise Minuman
Usaha Franchise Minuman

Salah satu bentuk usaha yang bisa dibilang tidak akan pernah mati, adalah usaha kuliner. Terlebih lagi ada begitu banyak jenis makanan dan minuman yang bisa dijajakan. Salah satu yang bisa dipilih adalah peluang usaha franchise minuman.

Kelebihan Menjalankan Usaha Franchise Minuman

Kreatifitas dalam usaha kuliner juga terlihat dari begitu banyaknya variasi usaha waralaba produk minuman yang sempat sukses dan booming. Terlebih lagi, usaha franchise minuman memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya :

  1. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar.
  2. Franchise ini tidak memerlukan lokasi khusus. Usaha franchise produkminuman bisa dimulai dari booth kecil, hingga membuat kafe yang cukup besar.
  3. Kelebihan lainnya, kamu tidak perlu repot-repot mencari resep minuman. Cukup membuka cabang dari merek minuman kekinian yang sedang booming.
  4. Kamu juga tidak perlu membuat desain promosi atau supplier. Karena, semuanya akan kamu dapatkan dari pemilik franchise.

Beberapa Hal untuk Diperhatikan Saat Memilih Franchise

Dari sekian banyaknya jenis franchise minuman, mungkin kamu malah jadi bingung. Mana sebetulnya jenis franchise yang bisa kamu jalani. Berikut ini adalah tips untuk memilih franchise yang sesuai untukmu.

1. Kenali Jenis Minuman yang Sedang Populer

Tentunya, setiap saat selau ada tren minuman baru yang digemari. Masyarakat umumnya selalu merasa penasaran dengan hal yang sedang viral. Maka, sebagai pebisnis, kamu harus bisa mengenali jenis minuman yang sedang populer. Tapi, pastikan juga minuman tersebut bisa bertahan lama.

Saat ini, ada beberapa jenis franchise minuman yang masih memiliki banyak penggemar. Kamu bisa memilih salah satu yang paling sesuai untuk dijalankan.

  • Minuman variasi teh yang cukup terkenal adalah: Teh Poci, Teh 2 Tang, Tong Tji, Your Tea, dll.
  • Minuman Thai Tea yang populer antara lain : Dum Dum, Cha Wan, Ra Cha Cha, Chup Chup dll.
  • Minuman kreasi susu aneka rasa : Moo Nyusu, Moo Moo, Susu Mbok Darmi, Neneners, dll.
  • Minuman tradisional seperti cendol dan cingcau: Randol, Cendolsin, D’Cendo dll.
  • Minuman cokelat: Nyoklat, Coklat Serius, Mucho, Coklat Nuguy, dll.
  • Minuman kopi misal : Janji Jiwa, Kedai Kopi Kulo, Kopi Kenangan, Coffee Toffee.
  • Minuman varian rasa buah mangga: King Mango, Mangojack, Prof Mango, dll.

2. Sesuaikan Pilihan Franchise Dengan Modal yang Dimiliki

Berbeda jenis franchise minuman, beda juga modal yang harus dikeluarkan untuk mendaftar. Oleh karena itu, pilihlah jenis franchise yang sesuai dengan anggaran modal kamu.

Untuk bisa membuka cabang dari bisnis franchise produk minuman, paket franchise yang ditawarkan mulai dari harga paket Rp3,5 jutaan untuk mini booth. Sementara untuk kafe, tentu harga paket waralaba bisa mencapai ratusan juta rupiah.

3. Sesuaikan dengan Sasaran Konsumen

Tentunya, dimana kamu akan membuka bisnismu, harus disesuaikan dengan jenis usaha franchise yang akan dijalankan. Jika sasaran pelangganmu pelajar atau anak muda, tentunya membuka franchise minuman mangga seharga Rp50.000 per porsi bukan pilihan tepat.

4. Pastikan Legalitas Perusahaan dan Produk Serta Kejelasan Kontrak Kerja Sama

Setelah kamu memilih jenis usaha franchise yang akan dijalankan, jangan lupa memeriksa semua hal terkait legalitas perusahaan dan juga produk. Serta bacalah dengan seksama kontrak kerja sama yang akan disepakati.

Bacaan menarik lainnya:

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait