Bisnis & Kerja Sampingan

Tips Memilih Usaha Franchise Minuman Beruntung Besar

Usaha Franchise Minuman

Ajaib.co.id – Salah satu bentuk usaha yang bisa dibilang tidak akan pernah mati, adalah usaha kuliner. Terlebih lagi ada begitu banyak jenis makanan dan minuman yang bisa dijajakan. Salah satu yang bisa dipilih adalah peluang usaha franchise minuman.

Kelebihan Menjalankan Usaha Franchise Minuman

Kreativitas dalam usaha kuliner juga terlihat dari begitu banyaknya variasi usaha waralaba produk minuman yang sempat sukses dan booming. Terlebih lagi, usaha franchise minuman memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya :

  1. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar.
  2. Franchise ini tidak memerlukan lokasi khusus. Usaha franchise produkminuman bisa dimulai dari booth kecil, hingga membuat kafe yang cukup besar.
  3. Kelebihan lainnya, kamu tidak perlu repot-repot mencari resep minuman. Cukup membuka cabang dari merek minuman kekinian yang sedang booming.
  4. Kamu juga tidak perlu membuat desain promosi atau supplier. Karena, semuanya akan kamu dapatkan dari pemilik franchise.

Beberapa Hal untuk Diperhatikan Saat Memilih Franchise

Dari sekian banyaknya jenis franchise minuman, mungkin kamu malah jadi bingung. Mana sebetulnya jenis franchise yang bisa kamu jalani. Berikut ini adalah tips untuk memilih franchise yang sesuai untukmu.

1. Kenali Jenis Minuman yang Sedang Populer

Tentunya, setiap saat selau ada tren minuman baru yang digemari. Masyarakat umumnya selalu merasa penasaran dengan hal yang sedang viral. Maka, sebagai pebisnis, kamu harus bisa mengenali jenis minuman yang sedang populer. Tapi, pastikan juga minuman tersebut bisa bertahan lama.

Saat ini, ada beberapa jenis franchise minuman yang masih memiliki banyak penggemar. Kamu bisa memilih salah satu yang paling sesuai untuk dijalankan.

  • Minuman variasi teh yang cukup terkenal adalah: Teh Poci, Teh 2 Tang, Tong Tji, Your Tea, dll.
  • Minuman Thai Tea yang populer antara lain : Dum Dum, Cha Wan, Ra Cha Cha, Chup Chup dll.
  • Minuman kreasi susu aneka rasa : Moo Nyusu, Moo Moo, Susu Mbok Darmi, Neneners, dll.
  • Minuman tradisional seperti cendol dan cingcau: Randol, Cendolsin, D’Cendo dll.
  • Minuman cokelat: Nyoklat, Coklat Serius, Mucho, Coklat Nuguy, dll.
  • Minuman kopi misal : Janji Jiwa, Kedai Kopi Kulo, Kopi Kenangan, Coffee Toffee.
  • Minuman varian rasa buah mangga: King Mango, Mangojack, Prof Mango, dll.

2. Sesuaikan Pilihan Franchise Dengan Modal yang Dimiliki

Berbeda jenis franchise minuman, beda juga modal yang harus dikeluarkan untuk mendaftar. Oleh karena itu, pilihlah jenis franchise yang sesuai dengan anggaran modal kamu.

Untuk bisa membuka cabang dari bisnis franchise produk minuman, paket franchise yang ditawarkan mulai dari harga paket Rp3,5 jutaan untuk mini booth. Sementara untuk kafe, tentu harga paket waralaba bisa mencapai ratusan juta rupiah.

3. Sesuaikan dengan Sasaran Konsumen

Tentunya, dimana kamu akan membuka bisnismu, harus disesuaikan dengan jenis usaha franchise yang akan dijalankan. Jika sasaran pelangganmu pelajar atau anak muda, tentunya membuka franchise minuman mangga seharga Rp50.000 per porsi bukan pilihan tepat.

4. Pastikan Legalitas Perusahaan dan Produk Serta Kejelasan Kontrak Kerja Sama

Setelah kamu memilih jenis usaha franchise yang akan dijalankan, jangan lupa memeriksa semua hal terkait legalitas perusahaan dan juga produk. Serta bacalah dengan seksama kontrak kerja sama yang akan disepakati.

Daftar Bisnis Franchise Minuman Tren di 2020

1. Minuman Teh Poci

Teh poci merupakan minuman terlaris berbahan dasar teh dan disajikan dengan es batu sehingga banyak orang yang mengenalnus dengan sebutan es teh. Waralaba teh ini cukup laris, terbukti hampir di setiap kota di Indonesia terutama di pusat perbelanjaan terdapat teh poci tersebut.

Walau berbahan dasar teh, waralaba ini tetap membutuhkan gula, air, dan juga es sehingga menjadi minuman yang menyegarkan. Karena berbahan dasar teh inilah banyak pelanggan yang datang, di mana orang tua hingga anak-anak sangat menyukai minuman ini.

Untuk membuka waralaba ini tidak terlalu mahal, hanya membutuhkan modal kurang lebih Rp6,7 juta sudah mendapatkan peralatan yang lengkap seperti meja booth jualan, mesin sealer, cooler box, container teh, thermos, teko listrik, saringan teh, centong es, banner, bahan baku, dan sebagainya.

2. Cappucino Cincau Tempo Doeloe

Franchise atau waralaba ini sudah ada sejak dulu dan masih populer hingga hari ini. Selain itu, ada juga yang memodifikasi cincau ini dengan jenis yang lain. Kopi ini memiliki rasa yang manis ditambah dengan cincau yang kenyal bisa membuat perpaduan sempurna dan membuat banyak orang ketagihan untuk membelinya kembali.

Buat kamu yang mau memulai bisnis ini, kamu bisa memulainya hanya dengan modal 2 juta. Untuk bahan-bahannya pun tidak ribet, kamu hanya butuh bubuk kopi, cappucino, susu, cincau parut, dan air. Selain itu, bahan tersebut akan dikirimkan sesuai yang dibutuhkan dan diminta.

Untuk membuat saty gelas cappucino cincau hanyalah sekitar Rp1.500 hingga Rp2.500, dan kamu bisa menjualnya dengan harga Rp5.000 sampai Rp10.000.

3. Monster Ice Blend

Di zaman sekarang, banyak sekali minuman ice blend yang bisa kamu temukan. Di mana, banyaknya orang yang menyukai minuman ini membuat pelaku bisnis berpikir keras untuk menjadikan minuman tersebut sebagai waralaba terlaris, salah satunya adalah waralaba minuman Monster Ice Blend.

Untuk membuka usaha ini, kamu hanya butuh modal awal Rp7 juta dan kamu sudah bisa mendapatkan 300 porsi bahan baku yang bisa dijual Rp6.000 per cup nya. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan booth dengan kualitas yang bagus dan kekinian.

4. Rujak Es Krimku

Waralaba ini sangat unik, kenapa? karena ini merupakan bisnis minuman yang memadukan antara rujak buah dan minuman es krim. Di mana, ketika kamu mencicipinya, kamu akan merasakan berbagai macam rasa, mulai dari pedas, asam, manis, dingin, dan juga segar.

Mengingat keduanya adalah hal yang digemari, padupadan ini membuat orang penasaran dan juga tertarik untuk mencicipinya. Bukan hanya itu, rujak yang digunakan juga sehat, yaitu dengan menggunakan gula aren asli dan bahan-bahan pilihan lain yang semakin membuat enak rasanya. Buat kamu yang mau bermitra dengan franchise ini, kamu hanya perlu menyiapkan modal sebesar Rp7 juta rupiah.

5. Cetroo Coffee

Buat kamu penggemar kopi dan ingin menjualnya namun bingung mencari bahan baku serta boothnya, kamu bisa bermitra dengan Cetroo cofee. Bisnis ini adalah milik PT Cetroo Cofee Indonesia yang menawarkan tiga macam paket waralaba, yaitu paket hemat dengan modal awal Rp9,5 juta, paket dahsyat dengan modal awal Rp 12 juta, dan paket mini cafe dengan modal awal Rp65 juta.

Ini bisa kamu sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Jika dirasa tempat kamu cukup potensial dan belum memiliki pesaing, kamu bisa coba dengan memilih paket mini cafe. Sehingga, selain bisa menjual kopi, kamu juga bisa menambahkannya dengan makanan ringan.

6. Royal Tea Roci

Minuman kekinian ini memiliki bahan dasar bubble tea yang disukai anak-anak hingga orang dewasa. Selain enak, miniman ini juga memiliki kualitas yang baik, higienis, inovatif, dan juga harga yang terjangkau.

Bagi kamu yang ingin membuka bisnis ini, kamu hanya butuh modal sekitar Rp 15 juta, dan bisa kembali modal hanya dalam waktu 4 bulan saja. Selain itu, bisnis ini juga bisa dikelola dan dibuat dengan mudah, juga tidak memerlukan tempat yang besar sehingga bisa dibuka di mana pun yang kamu anggap strategis.

Bacaan menarik lainnya:

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait