Bisnis Waralaba dan Peluang Keberhasilannya yang Besar

bisnis waralaba
bisnis waralaba

Ingin mencoba memulai bisnis waralaba? Bisa jadi itu jawaban tepat bagi kamu yang mau berbisnis. Mengapa begitu? Simak alasannya dalam ulasan yang telah dihimpun oleh redaksi Ajaib berikut ini.

Bisnis memang menjadi hal yang sangat menarik bagi kamu yang memiliki kemauan keras dan juga senang menentukan keuntungan dan penghasilan sendiri. Keuntungan menjadi pebisnis adalah kamu dapat menjadi bos bagi dirimu sendiri, selain itu mental dan kepemimpinanmu juga diuji apabila kamu mengembangkan sebuah bisnis.

Berbisnis juga mengembangkan potensi yang kamu miliki karena banyak hal yang tidak terduga terjadi saat kamu menjalankan bisnismu, segalanya serba dipelajari sambil berjalan atau ‘learning by doing’

Membuka bisnis sendiri membutuhkan proses yang tidak sebentar. Dalam perjalanannya banyak rintangan yang harus dihadapi oleh para pebisnis yang sedang memulai mengembangkan bisnisnya. Tantangan dan rintangan ini seringkali membuat pebisnis menyerah di tengah jalan.

Banyak Pebisnis Gagal di Tahap Awal

Statistik dari survey enterpreuneurship yang sudah banyak dilakukan menunjukkan bahwa sebagian besar pebisnis yang memulai membuka usahanya sendiri selalu gagal pada tahap awal. Hal ini membuat mimpi-mimpi besar para pebisnis pemula tidak tercapai dan berakhir kerugian.

Meningat memulai bisnis selalu menjadi dua mata pisau bagi pebisnis pemula, kamu harus melihat peluang dari bisnis waralaba atau biasa dikenal dengan franchise. Bisnis waralaba merupakan sebuah metode dalam membuka bisnis dengan nama, merk dagang, hingga bahan baku dari bisnis yang sudah ada. Contoh dari merk bisnis waralaba yang terkenal misalnya Upnormal, McDonald’s, Starbuck, dan lain sebagainya.

Perbedaan Bisnis Waralaba dan Bisnis Lainnya

Yang membedakan bisnis waralaba adalah adanya berbagai aturan dan sistem yang memerlukan keterampilan yang berbeda dibandingkan bisnis perseorangan. Bisnis waralaba menggunakan cara bisnis dengan memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan lisensi dagang.

Sebagai pemegang waralaba, kamu mempunyai kewajiban untuk membayar biaya awal dan royalty kepada pemilik merk dagang waralaba tersebut untuk menggunakan segala aset yang berkaitan dengan penjualan seperti logo, sistem bisnis, dan hak menjual produk. Pemegang waralaba juga biasanya mendapatkan dukungan dari pemilik waralaba seperti tips dan trik serta strategi bisnis dari bisnis waralaba tersebut.

Memulai bisnis waralaba berarti tidak perlu banyak waktu untuk memikirkan ide bisnis, rencana bisnis dan strategi bisnis secara garis besar. Kamu gak perlu terlalu memikirkan sistem bisnis waralaba, karena setiap waralaba mempunyai sistem dan aturannya masing-masing sehingga yang kamu butuhkan adalah mencari tempat yang strategis dan memaksimalkan peluang bisnis waralabamu sendiri.

Banyak keuntungan yang kamu dapat apabila kamu jeli dalam melihat peluang dari bisnis waralaba ini, diataranya :

Memulai Bisnis Lebih Cepat Dengan Merk Terkenal

Dibandingkan dengan bisnis perseorangan, memulai bisnis franchise membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat, karena pemilik waralaba biasanya sudah memiliki model bisnis dan standarisasi operasional dari bisnis tersebut. Sehingga pemegang waralaba dapat mengikuti panduan yang sudah ada tersebut.

Pengembangan menu hingga bahan baku sudah dilakukan oleh pemilik merk usaha waralaba tersebut sehingga yang perlu kamu lakukan adalah menemukan formula yang tepat dalam menjalankan hal teknis untuk waralaba yang kamu pegang sehingga pembeli akan memilih waralaba-mu dibandingkan dengan merk dagang yang sama namun di lokasi yang berbeda.

Sebagian besar merk dagang yang menggunakan model franchise ini merupakan merk dagang yang besar, terkenal dan telah berdiri selama bertahun-tahun sehingga sudah diketahui banyak orang. Sehingga, kamu sebagai pemegang waralaba tidak perlu ambil pusing soal pengetahuan tentang produk. Berbeda dengan apabila kamu membangun bisnis perseorangan yang harus mengembangkan pengetahuan tentang produk/jasa selama bertahun-tahun.

Dalam sistem waralaba juga ada yang dinamakan ‘Dana Pemasaran Kooperatif’. Sistem ini merupakan sebuah program dimana pemegang waralaba dapat membayar strategi pemasaran melalui pemilik waralaba. Sehingga pemegang waralaba mendapatkan program pemasaran yang dibuat khusus oleh sang pemilik. Maka dari itu sering kita jumpai promo yang berbeda dengan lokasi yang berbeda walaupun memiliki merk dagang yang sama.

Pendampingan dan Dukungan

Waralaba merupakan bentuk dari berbisnis dalam kelompok, di mana pemilik waralaba akan selalu mempertahankan reputasi bisnis dengan memastikan bahwa semua toko waralaba beroperasi sesuai sistem yang telah dibuat. Adanya pendampingan ini bagus untuk menjaga kesamaan kualitan yang ada di setiap lokasi yang ada.

Selain itu, pemegang waralaba beserta karyawannya akan mendapat pelatihan dari pemilik franchise mengenai panduan hal-hal teknis dan administratif. Pastinya agar bisa diikuti langsung oleh pemegang waralaba. Pemegang waralaba pun dapat bertukar informasi terus menerus mengenai hambatan, kemajuan, kendala pada pemilik waralaba sehingga dapat menemukan jalan keluar bersama. Selain mendapat dukungan dari pemilik waralaba, pemegang waralaba juga akan mendapat dukungan dari rekan bisnis sesame pemegang waralaba. Seru kan! Berbisnis sambil memperluas jaringan pertemanan.

Pembelian dalam Jumlah Besar

Ada hal yang seringkali luput dari perhatian mengenai bisnis waralaba, ia adalah lebih murahnya jumlah uang yang dibelanjakan. Mengapa bisa seperti ini? Karena apabila pebisnis perseorangn membeli bahan, hasilnya akan lebih mahal dibandingkan dengan dana belanja pebisnis waralaba.

Hal di atas dapat terjadi karena bisnis waralaba mewajibkan semua toko menjual produk yang sama. Selain itu membelinya stok produk atau bahan dari satu tempat yang sama untuk menjaga kualitas produk.

Misalkan, bisnis perseorangan akan membeli stok bahan dalam jumlah 100 unit. Sementara bisnis franchise bisa membeli dalam jumlah 100.000 unit untuk semua toko franchise yang tentu saja dengan harga yang lebih murah.

Bisnis waralaba memberikan para pebisnis percepatan fase dalam berbisnis dengan tidak melewati fase pebisnis pemula yang menemukan banyak rintangan. Jenis bisnis ini juga membantu kamu mengembangkan bisnismu secara lebih cepat dan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mencapai kesuksesan.

Sekarang waktunya kamu cari tau lebih lanjut, merk dagang seperti apa yang sekiranya cocok dengan ketertarikanmu dalam berbisnis. Semoga berhasil!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait